Tahun Ini, Semen Baturaja Jaga Volume Pertumbuhan Penjualan Diatas 20 Persen

Oleh : Hariyanto | Jumat, 25 Januari 2019 - 15:03 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Jakarta — Tahun ini, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) akan berusaha menjaga pertumbuhan volume penjualan di atas 20% dengan target mencapai 2,75 juta ton atau tumbuh 26% pada tahun ini dibanding tahun sebelumnya tercatat 2,18 juta ton.

Direktur Utama Jobi Triananda Hasjim mengatakan, SMBR optimistis dapat menjaga pertumbuhan volume penjualan seiring dengan besarnya pangsa pasar di wilayah distribusi emiten ini.

“Seiring dengan berjalannya Pemilu ditahun 2019, kami optimistis dapat menjaga pertumbuhan volume penjualan seiring dengan besarnya kue market share di wilayah perseroan,” ungkap Jobi melalui siaran pers, Jumat (25/1/2019).

Menurut Jobi, permintaan untuk wilayah pemasaran di Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, dan Bangka Belitung pada tahun lalu mencapai 6,9 juta ton atau tumbuh 9% dibanding tahun sebelumnya. Dengan demikian, perseroan optimistis dapat mencapai target penjualan sepanjang tahun ini. 

Selain itu, perseroan berkeyakinan prospek permintaan semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan akan terus meningkat seiring dengan beroperasinya jalan tol trans Sumatera dari Bakauheni sampai Palembang yang dijadwalkan akan beroperasi April 2019.

"Kita mengharapkan multiplier effect dari pembangunan infrastruktur pemerintah yang diharapkan akan memunculkan sentra ekonomi baru di sepanjang jalan tol tersebut yang nantinya akan mendongkrak konsumsi semen. Kita juga masih menantikan proyek jalan tol berikutnya seperti Palembang-Bengkulu dan Palembang-Jambi” paparnya.

Dari sisi operasional, saat in SMBR memiliki dua pabrik di Baturaja dengan kapasitas produksi 3,85 juta ton per tahun. Pemenuhan kebutuhan armada angkutan semen juga sudah terpenuhi pada November tahun lalu yang menambah optimisme manajemen untuk mencapai target tahun ini. 

Dari sisi kinerja keuangan, SMBR menargetkan pertumbuhan laba bersih setelah sebelumnya laba bersih mengalami konsolidasi pada tiga tahun terakhir. 

“Untuk bottom line, tahun ini merupakan momentum bagi SMBR untuk rebound setelah tahun-tahun sebelumnya laba bersih tertekan sehubungan dengan beroperasinya Pabrik Baturaja II,” terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cap Go Meh di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada

Rabu, 22 Januari 2020 - 11:30 WIB

Cap Go Meh di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada

Kemeriahan Imlek belum berakhir, Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada melanjutkan kemeriahan pasca Imlek dengan perayaan Cap Go Meh. Cap Go Meh sendiri sesuai dengan namanya merupakan hari…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Januari 2020 - 10:20 WIB

Bupati Bekasi Komitmen tak Terjadi Disfungsi Lahan Pertanian

Bupati Bekasi, Jawa Barat, Eka Supria Atmaja mendukung sikap Mentan Syahrul Yasin Limpo yang meminta agar pelaku alih fungsi lahan pertanian dipidanakan.

Meikarta Siapkan Fasilitas Hidup Generasi Milennial

Rabu, 22 Januari 2020 - 10:00 WIB

Meikarta Siapkan Fasilitas Hidup Generasi Milennial

Meikarta hidupkan tahun 2020 dengan semangat baru melalui hadirnya jajaran manajemen dan logo baru. Keduanya melambangkan optimisme Meikarta untuk terus bergerak maju dan berkembang membangun…

World Bank (Foto Ist)

Rabu, 22 Januari 2020 - 09:29 WIB

Bank Dunia Apresiasi Perkembangan Standar Akuntansi dan Audit Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan sebagai koordinator Tim Kerja Nasional penerapan standar internasional akuntansi dan audit Indonesia menyampaikan bahwa Bank Dunia telah menerbitkan hasil penilaiannya…

AP I dan Pelita Air Service Tingkatkan Kerja Sama

Rabu, 22 Januari 2020 - 09:00 WIB

AP I dan Pelita Air Service Tingkatkan Kerja Sama

PT Angkasa Pura Logistik, anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero), menandatangani kerja sama sewa pesawat dengan PT Pelita Air Service untuk mendukung peningkatan konektivitas dan distribusi…