Kembangkan Teknologi IP Weather, Kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather Digelar

Oleh : Hariyanto | Jumat, 25 Januari 2019 - 14:26 WIB

Kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather
Kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather

INDUSTRY.co.id - Bandung – PT Cyberindo Aditama (CBN) bersama dengan PT Mega Akses Persada (FiberStar), didukung oleh Dinas Komunikasi & Informatika Kota Bandung dan Dinas Komunikasi & Informatika Jawa Barat menyelenggarakan kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather.

Total 38 tim developer muda dari seluruh Indonesia telah mendaftarkan diri untuk mengikuti kompetisi ini, dan telah diseleksi menjadi 15 tim yang lolos ke babak final pada tanggal 23-24 Januari 2019 di Block71 Bandung. Pemenang kompetisi akan memperoleh penghargaan yang diserahkan langsung oleh Dirjen Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi & Informatika RI, Bpk. Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc.

Marcelus Ardiwinata, Chief Operating Officer, CBN mengatakan kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather diselenggarakan sebagai upaya untuk mengembangkan teknologi IP Weather melalui kreativitas para developer muda Indonesia.

"Melalui kompetisi ini, para peserta akan ditantang untuk berinovasi menciptakan ide-ide berbasis teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang membutuhkan data cuaca, yang tentunya dapat dikembangkan untuk kebutuhan masyarakat," kata Marcelus melalui keterangan tertulis yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (25/1/2019).

Kompetisi ini merupakan bentuk lanjutan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari CBN dan FiberStar yang telah memberikan sejumlah perangkat IP Weather kepada Pemerintah Daerah Kota Bandung dalam upaya peningkatan kualitas Bandung Smart City. Sebagai pilot project, perangkat IP Weather sudah terpasang di beberapa titik kelurahan maupun kecamatan di Kota Bandung, Jawa Barat. 

“Kota Pintar maupun Desa Pintar memerlukan partisipasi dan keterlibatan masyarakat. Dengan adanya kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather, kami bisa memberikan percontohan ke kota atau desa tentang menghimpun keterlibatan masyarakat dan mendidik serta memupuk munculnya penemu-penemu muda untuk peduli akan kota/desa dan masyarakatnya,” tambah Marcelus.

Perangkat IP Weather akan mencatat data terkait cuaca berupa data temperatur suhu, kelembaban udara, curah hujan, kecepatan angin, radiasi matahari dan sinar UV. Perangkat yang sudah terpasang di beberapa titik kelurahan dan kecamatan di Kota Bandung akan mentransfer data cuaca ke Weather Station API (API), sehingga dapat tersaji data-data cuaca di Kota Bandung secara realtime. Setiap data dapat disaring berdasarkan sensor dan waktu yang diinginkan.

Para finalis kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather diberikan waktu 10 jam untuk coding aplikasi sesuai dengan proposal yang sudah diajukan, lalu melakukan presentasi & live demo di hadapan dewan juri. 

Budi Rahardjo, Chief information Officer INDO CISC sekaligus ketua dewan juri Hackathon 2019: Hackbdgweather mengatakan, parameter penilaian kompetisi ini antara lain adalah originalitas aplikasi, kesesuaian aplikasi dengan bidang yang dipilih, asas manfaat, tampilan (UI dan UX), teknik presentasi, dan penggunaan API.

“Kami berharap melalui kompetisi ini, tidak hanya melahirkan inovasi teknologi IP Weather, tetapi memberikan ilmu dan pengalaman yang bernilai bagi para peserta. Terlebih lagi, hasil karya pemenang kelak akan kami kembangkan untuk kepentingan masyarakat oleh Pemerintah Kota Bandung dan tidak menutup kemungkinan untuk di aplikasikan ke seluruh Indonesia,” kata Budi.

Kompetisi Hackathon 2019: Hackbdgweather tidak terlepas dari dukungan pihak-pihak terkait, seperti Pemerintah Daerah Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, DISKOMINFO Jawa Barat, DISKOMINFO Kota Bandung, INDO CISC, CBNCloud, Mitra Media Perkasa (MMP), 8Villages, 99ers Radio Bandung, dan Block71 Bandung.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A.

Senin, 19 April 2021 - 04:00 WIB

Pangdam Cenderawasih Pastikan Penentuan Calon Tamtama PK TNI AD Gel I TA Berjalan Lancar

Putra-putra terbaik Papua Calon Tamtama PK TNI AD Gelombang I TA 2021 mengikuti Sidang Pantukhir Tingkat Pusat yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo…

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Senin, 19 April 2021 - 01:42 WIB

Gelis Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik

Jakarta-PT Solar Panel Indonesia (SPI), produsenkendaraan listrik merk Gelis, memperluas jaringa dengan membuka diler baru di Pondok Pinang Jakarta Selatan. Produsen kendaraan listrik nasional…

Dalam pertemuan lanjutan itu AWG sampaikan terima kasih dan memberikan cinderamata kepada Prof Sudarnoto

Minggu, 18 April 2021 - 23:16 WIB

MUI: RS Indonesia di Hebron Butuh Bantuan Ummat

Aqsa Working Group (AWG) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Kerjasama Luar Negeri dan Hubungan Internasional, Prof. DR. Sudarnoto Abdul Hakim menegaskan, pembangunan Rumah Sakit Indonesia…

EZVIZ C3N telah dilengkapi mode deteksi gerakan dengan tenaga kecerdasan buatan

Minggu, 18 April 2021 - 22:16 WIB

Cegah Tangan Jahil, Awasi Tanaman Hidroponik dengan Kamera Pintar

Tren bertanam secara hidroponik kian populer di tengah kondisi pandemi seperti ini. Kemudahan dalam bertanam hingga kebutuhan modal yang relatif sedikit untuk merawat tanaman metode hidroponik…

Tower Emergency PLN di NTT

Minggu, 18 April 2021 - 21:54 WIB

Luar Biasa Dahsyat! Dalam 10 Hari, PLN Berhasil Bangun Tower Emergency di Pulau Timor NTT

PLN berhasil membangun menara darurat (tower emergency) sebagai pengganti sementara 2 (dua) menara Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) bertegangan 70 kilo Volt (kV) yang patah dan roboh akibat…