Keren! Jalur Kereta Medan Danau Toba Segera Dibangun

Oleh : Ridwan | Senin, 14 Januari 2019 - 13:20 WIB

Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)
Danau Toba Suamtera Utara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Medan, Aksesibilitas untuk mendukung laju pariwisata Danau Toba terus ditingkatkan. Terbaru PT Kereta Api Indonesia (KAI) Pesero berencana membangun lintasan kereta api. Rutenya, dari Kota Medan ke Danau Toba. Tepatnya menuju Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Direktur Utama (Dirut) Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT), Arie Prasetyo mengatakan pembangunan infrastruktur untuk Kereta api akan dilakukan secara bertahap pada tahun ini.

"Kereta api akan dikerjakan tahun ini. Jadi ini Up Grade dari rute Medan ke Pematang Siantar dan sudah tersedia anggaran di Kemenhub," kata Arie, akhir pekan kemarin.

Arie menjelaskan tidak hanya dilakukan peningkatan, PT KAI akan juga melakukan perbaikan pelayanan untuk masyarakat yang akan berkunjung ke Danau Toba menggunakan moda transportasi kereta api ini. 

"Mudah-mudah Kemenhub dan PT KAI akan melaunching kereta api baru," ungkapnya.

Setelah melakukan Up Grade, Kereta Api dari Medan ke Kota Pematangsiantar, kata Arie, Kemenhub tengah membahas out line bisnis kereta dari Kota Pematangsiantar ke Danau Toba di Parapat di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Akan menggunakan biaya yang besar dari pemerintah dan badan usaha. Mudah-mudah segera dilakukan," tutur Arie.

Arie berharap pembangunan infrastruktur Kereta Api Medan ke Parapat di Kawasan Danau Toba dapat direalisasi dan selesai pada tahun ini. Sehingga tidak terpengaruh dengan kondisi tahun 2019 sebagai tahun politik.

“Sembari di Up Grade, sembari juga dikerjakan. Ini juga ditawarkan oleh investor, untuk pembangunan rel dan operasionalnya,” tutup Arie.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mengapresiasi pembangunan rute lintasan kereta api tersebut. Menpar mengakui saat ini semua lini mengeroyok pembangunan pariwisata Danau Toba. Terlebih lagi aksesibilitasnya. 

Bukan itu saja, kawasan Danau Toba yang akan dilalui jalan tol pada 2019. Tol ini akan menghubungkan Medan dengan Danau Toba. Peningkatan ini jelas akan membuat lompatan kunjungan wisatawan mancanegara. Imbasnya jelas pada peningkatan pada minat investasi.

 "Dengan akses darat kapal pesiar juga tentu akan berminat merapat untuk melakukan tur 3-4 hari ke Danau Toba. Dalam atraksi kita kaya akan budaya dan alam. Namun selama ini masalahnya pada akses sehingga kini kita perkuat aksesnya. Pengerjaannya keroyokan dengan spirit Indonesia Incorporated. Tentunya dengan kerja keroyokan tugas ini jadi ringan," ujar Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rizal Ramli (dok RMOL)

Kamis, 25 April 2019 - 23:23 WIB

Rizal Ramli: Target Ekonomi Tahun 2020 Mediocre, Ngapain Jadi Presiden Lagi?

Target pertumbuhan ekonomi yang dipatok pemerintah Jokowi sebesar 5,3-5,6% untuk tahun 2020 sangat mengecewakan. Karena, angka itu nyaris sama dengan kinerjanya selama 4,5 tahun terakhir yang…

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan I Ketut Diarmita Kordinasi perunggasan

Kamis, 25 April 2019 - 23:08 WIB

Kementan Lakukan Koordinasi Bahas Strategi dan Kebijakan Perunggasan Nasional

Depok, Kementan terus lakukan koordinasi bahas Strategi kebijakan mendukung usaha perunggasan nasional, sejak diberlakukannya Permentan Nomor 32 tahun 2017 tentang Penyediaan, Peredaran, dan…

 Lokasi pameran rangkaian sepeda motor Harley-Davidson dalam ajang IIMS 2019

Kamis, 25 April 2019 - 21:42 WIB

Ini Dia Deretan Motor Unggulan Harley Davidson di IIMS 2019

Harley-Davidson Motor Company kembali berpartisipasi dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Ini merupakan keikutsertaannya yang kedua dalam dua tahun berturut-turut.

Ilustrasi transaksi bawang putih di pasar. (Foto: Halo Malang)

Kamis, 25 April 2019 - 21:24 WIB

Kemendag Izinkan Delapan Perusahaan Impor Bawang Putih

Kementerian Perdagangan mengeluarkan surat persetujuan impor bawang putih untuk delapan perusahaan seiring melonjaknya harga bawang putih dalam beberapa pekan terakhir ini.

Kapal yang terbakar

Kamis, 25 April 2019 - 19:14 WIB

Kapal MOS Meledak, Kemnaker Tuntut Bayar Hak Korban

Jakarta - Pengawas Ketenagakerjaan masih Selidiki Kecelakaan Kerja di Karimun Kepri, akibat terbakarnya kapal yang terjadi di PT Multi Ocean Shipyard (MOS), Karimun, Kepulauan Riau.