Pelita Samudera Shipping Lakukan Pembelian Dua Unit Armada Kapal

Oleh : Hariyanto | Rabu, 09 Januari 2019 - 14:17 WIB

Ilustrasi kapal (Ist)
Ilustrasi kapal (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) melakukan pembelian dua unit kapal antara lain satu unit Kapal Induk kelas Handysize dan satu unit Kapal Tunda. 

Serah terima kedua unit tersebut telah dilakukan di penghujung 2018. Sehingga, dengan demikian memiliki total armada sebanyak 80 unit, yang terdiri dari 38 unit Kapal Tunda, 37 unit Tongkang, tiga unit Fasilitas Muatan Apung dan dua unit Kapal Induk (MV) kelas Handysize. 

"Penambahan armada menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk melayani basis pelanggan yang lebih besar dalam menggarap potensi pasar logistik yang baru di Indonesia, seiring usaha pemerintah menggenjot infrastruktur berbasis maritim seperti pembangunan beberapa pelabuhan baru, bangkitnya industri pengolahan mineral dan tambahan pembangkit milik PLN, yang pada gilirannya akan meningkatkan permintaan industri logistik di tanah air," kata Sekretaris Perusahaan PSSI, Imelda Agustina Kiagoes di Jakarta, Rabu (9/1/2019). 

Ia mengatakan, perseroan berinvestasi sekitar US$9,7 juta untuk satu unit MV Handysize (32.000 dwt) (termasuk perlengkapan tambahan dan bendera) dan menamakan MV baru ini "Dewi Ambarwati".  Penambahan satu unit Kapal Tunda (2x1.200 hp) yang diberi nama "JKW Mahakam VII" untuk menambah kekurangan kapal selama ini, seiring dengan tingginya permintaan pengangkutan batubara. 

"Berkat arus kas perseroan yang kuat serta strategi optimisasi aset, kami masih belum menggunakan pembiayaan eksternal untuk investasi armada di 2018," ungkap Imelda.

Adapun pada tahun ini perseroan berencana menghabiskan antara US$40 juta sampai US$50 juta untuk belanja modal, terutama pembelian kapal tunda dan tongkang dan kapal induk, tergantung perkembangan dan kondisi pasar. 

"Dalam mendukung program ekspansi di tahun ini, perseroan telah menyiapkan rencana strategis mengoptimisasi kapasitas posisi keuangan sesuai dengan target menciptakan pertumbuhan yang berkelanjutan dan nilai tambah yang lebih tinggi bagi para pemegang saham," tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.