Ngurah Rai Bali Siap Didatangi 37 Penumpang/ Tahun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 01 Januari 2019 - 16:31 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

INDUSTRY.co.id - Kuta- PT Angkasa Pura I menyebutkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, siap menampung sekitar 37 juta penumpang per tahun dengan penambahan kapasitas di antaranya memperpanjang landasan pacu.
     
"Landasan pacu nanti kami tambah 400 meter menjadi 3.400 meter," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi ditemui di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (1/1/2019)
     
Saat ini, lanjut Faik, kapasitas di Bandara Ngurah Rai mencapai sekitar 21 juta penumpang per tahun atau masuk kategori bandara yang mampu melayani penumpang 15-25 juta per tahun. 
     
Dia menjelaskan dengan perpanjangan landasan pacu itu, salah satu bandara tersibuk di Tanah Air tersebut mampu mengakomodasi pesawat terbesar saat ini seperti jenis Airbus A-380 yang mampu mengangkut lebih dari 500 orang. 
     
Penambahan kapasitas itu, lanjut dia, dilakukan dengan cara reklamasi lahan perairan sebelah barat bandara, melanjutkan proses pengurugan lahan yang berlangsung saat ini dengan total area mencapai sekitar 107 hektare.
     
Selain perpanjangan landasan pacu, lanjut dia, pengurugan lahan perairan itu juga dimanfaatkan untuk menambah terminal penumpang. 
     
Perluasan mencakup 107 hektare itu meliputi pembangunan apron sebelumnya untuk kebutuhan pertemuan IMF dan Bank Dunia seluas 8 hektare dan penambahan apron atau tempat parkir pesawat untuk jangka panjang yang saat ini dikerjakan seluas sekitar 35 hektare. 
     
Sedangkan sisanya termasuk untuk pengerjaan perpanjangan "runway" 400 meter, lanjut Faik, ditargetkan rampung pada tahun 2022-2023.
     
"Pengembangan sekarang 'kan sudah 35 hektare, mudah-mudahan nanti bisa lancar prosesnya karena harus ada proses Amdal dan segala macam," katanya. 
     
Dengan penambahan kapasitas itu, lanjut dia, mampu menjawab kebutuhan slot dari maskapai penerbangan seluruh dunia yang saat ini tengah mengantre untuk melayani penerbangan ke Bali. 
     
Tidak hanya itu, upaya tersebut juga dapat mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara oleh Kementerian Pariwisata.
     
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya seperti dilansir Antara mengungkapkan saat ini total kemampuan slot per jam di Bandara Ngurah Rai mencapai sekitar 35 penerbangan dengan satu landasan pacu. 
     
Jumlah itu, kata dia, melonjak dibandingkan dua tahun lalu yang hanya mampu menambah sekitar 23 pergerakan pesawat per jam. 
     
Untuk itu dengan penambahan kapasitas di bandara tersebut, ia mengharapkan slot penerbangan per jam bisa meningkat menjadi sekitar 45 penerbangan. 
     
"Sehingga kami harapkan bisa menampung 37 juta hingga 40 juta orang. Artinya itu adalah sebagian besar turis yang datang ke Indonesia," ucap Menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Obat Kloroquin (foto - Antara)

Senin, 01 Juni 2020 - 19:52 WIB

Sudah Dilarang WHO, Anggota DPR Ini Pertanyakan Alasan Pemerintah yang Masih Menggunakan Klorokuin untuk Obati Pasien Covid-19

Anggota Komisi IX DPR RI Ashabul Kahfi mempertanyakan alasan Pemerintah yang masih menggunakan obat Klorokuin dalam pengobatan pasien terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

Senin, 01 Juni 2020 - 18:30 WIB

Pengusaha Menjerit 'Enggak Kuat', Apindo Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM, Listrik & Gas untuk Industri

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan pemerintah agar menurunkan harga BBM industri, listrik dan gas yang dibebankan kepada dunia usaha.

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Senin, 01 Juni 2020 - 18:00 WIB

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Bangun Nawoko mensosialisasikan “New Normal” bersama Komunitas Road Bike Kabupaten Merauke dengan menikmati keindahan…

Leonard Tupamahu Bali United FC

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Leonard Tupamahu Berharap Putrinya Jadi Atlet

Leonard Tupamahu, salah satu pemain belakang senior berkualitas milik Bali United adalah salah satu dari sekian banyak pemain yang sudah merasakan berbagai tim di Indonesia. Sepanjang kariernya,…

Marc Anthony Klok

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Nomor 10 Idola Marc Anthony Klok

Bagi seorang pesepakbola, nomor punggung adalah sesuatu hal yang cukup penting. Karena dari nomor tersebut seorang pemain terkadang semakin dikenal dan bisa menjadi identitas bagi mereka.