Ngurah Rai Bali Siap Didatangi 37 Penumpang/ Tahun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 01 Januari 2019 - 16:31 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

INDUSTRY.co.id - Kuta- PT Angkasa Pura I menyebutkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, siap menampung sekitar 37 juta penumpang per tahun dengan penambahan kapasitas di antaranya memperpanjang landasan pacu.
     
"Landasan pacu nanti kami tambah 400 meter menjadi 3.400 meter," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi ditemui di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (1/1/2019)
     
Saat ini, lanjut Faik, kapasitas di Bandara Ngurah Rai mencapai sekitar 21 juta penumpang per tahun atau masuk kategori bandara yang mampu melayani penumpang 15-25 juta per tahun. 
     
Dia menjelaskan dengan perpanjangan landasan pacu itu, salah satu bandara tersibuk di Tanah Air tersebut mampu mengakomodasi pesawat terbesar saat ini seperti jenis Airbus A-380 yang mampu mengangkut lebih dari 500 orang. 
     
Penambahan kapasitas itu, lanjut dia, dilakukan dengan cara reklamasi lahan perairan sebelah barat bandara, melanjutkan proses pengurugan lahan yang berlangsung saat ini dengan total area mencapai sekitar 107 hektare.
     
Selain perpanjangan landasan pacu, lanjut dia, pengurugan lahan perairan itu juga dimanfaatkan untuk menambah terminal penumpang. 
     
Perluasan mencakup 107 hektare itu meliputi pembangunan apron sebelumnya untuk kebutuhan pertemuan IMF dan Bank Dunia seluas 8 hektare dan penambahan apron atau tempat parkir pesawat untuk jangka panjang yang saat ini dikerjakan seluas sekitar 35 hektare. 
     
Sedangkan sisanya termasuk untuk pengerjaan perpanjangan "runway" 400 meter, lanjut Faik, ditargetkan rampung pada tahun 2022-2023.
     
"Pengembangan sekarang 'kan sudah 35 hektare, mudah-mudahan nanti bisa lancar prosesnya karena harus ada proses Amdal dan segala macam," katanya. 
     
Dengan penambahan kapasitas itu, lanjut dia, mampu menjawab kebutuhan slot dari maskapai penerbangan seluruh dunia yang saat ini tengah mengantre untuk melayani penerbangan ke Bali. 
     
Tidak hanya itu, upaya tersebut juga dapat mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara oleh Kementerian Pariwisata.
     
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sebelumnya seperti dilansir Antara mengungkapkan saat ini total kemampuan slot per jam di Bandara Ngurah Rai mencapai sekitar 35 penerbangan dengan satu landasan pacu. 
     
Jumlah itu, kata dia, melonjak dibandingkan dua tahun lalu yang hanya mampu menambah sekitar 23 pergerakan pesawat per jam. 
     
Untuk itu dengan penambahan kapasitas di bandara tersebut, ia mengharapkan slot penerbangan per jam bisa meningkat menjadi sekitar 45 penerbangan. 
     
"Sehingga kami harapkan bisa menampung 37 juta hingga 40 juta orang. Artinya itu adalah sebagian besar turis yang datang ke Indonesia," ucap Menhub.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.