Bos Uniqlo Jadi Orang Terkaya Nomor 2 Di Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 26 Desember 2018 - 17:51 WIB

Tadashi Yanai, Bos UNIQLO
Tadashi Yanai, Bos UNIQLO

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kekayaan bos Uniqlo, Tadashi Yanai semakin meroket berkat popularitas baju Uniqlo yang makin meningkat. Hal itu berdasarkan perhitungan penjualan tahun fiskal Uniqlo yang berakhir pada Agustus lalu.

Penjualan internasional Uniqlo tercatat melewati penjualan di ranah domestik untuk pertama kalinya di tahun ini. Alhasil, harta Tadashi Yanai bertambah USD 7 miliar atau Rp 101 triliun (USD 1 = Rp 14.552), demikian laporan Forbes.

Tanai adalah bos dari Fast Retailing Co., yakni induk dari Uniqlo. Pendapatan Fast, ditambah pencapaian Uniqlo, meningkatkan harga saham perseroan yang tercatat di bursa Tokyo dan Hong Kong.

Uniqlo adalah portmanteau dari kata Unique dan Clothing, dan juga berakar dari toko baju Unique Clothing Warehouse yang didirikan Yanai di Hiroshima pada 1984. Sementara, Fast Retailing awalnya bernama Ogori Shoji yang berdiri pada 1963.

Menurut informasi resmi Uniqlo, toko mereka sudah hadir di 15 negara dan lebih dari 1.300 toko. Desain kreatif dan kolaboratif, serta harga terjangkau menjadi andalan perusahaan ini. Salah satu yang baru keluar di Indonesia adalah edisi Shonen Jump.

Berkat kekayaannya yang meningkat, Yanai berada di urutan nomor 2 pada daftar miliarder paling untung di 2018 versi Forbes. Nama bos Uniqlo tepat berada di bawah Jeff Bezos, orang terkaya di dunia.

Nasib sebaliknya justru dirasakan Amancio Ortega, bos Zara, yang berada di urutan nomor 2 miliarder paling rugi tahun ini setelah Mark Zuckerberg.

Yanai sudah berusia 69 tahun dan pernah berkata ingin terus bersaing dengan brand-brand baju internasional lainnya. Ia pernah menyebut bahwa berbisnis mirip seperti pertandingan Olimpiade, dan targetnya adalah mendapatkan emas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…