Bos Uniqlo Jadi Orang Terkaya Nomor 2 Di Dunia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 26 Desember 2018 - 17:51 WIB

Tadashi Yanai, Bos UNIQLO
Tadashi Yanai, Bos UNIQLO

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kekayaan bos Uniqlo, Tadashi Yanai semakin meroket berkat popularitas baju Uniqlo yang makin meningkat. Hal itu berdasarkan perhitungan penjualan tahun fiskal Uniqlo yang berakhir pada Agustus lalu.

Penjualan internasional Uniqlo tercatat melewati penjualan di ranah domestik untuk pertama kalinya di tahun ini. Alhasil, harta Tadashi Yanai bertambah USD 7 miliar atau Rp 101 triliun (USD 1 = Rp 14.552), demikian laporan Forbes.

Tanai adalah bos dari Fast Retailing Co., yakni induk dari Uniqlo. Pendapatan Fast, ditambah pencapaian Uniqlo, meningkatkan harga saham perseroan yang tercatat di bursa Tokyo dan Hong Kong.

Uniqlo adalah portmanteau dari kata Unique dan Clothing, dan juga berakar dari toko baju Unique Clothing Warehouse yang didirikan Yanai di Hiroshima pada 1984. Sementara, Fast Retailing awalnya bernama Ogori Shoji yang berdiri pada 1963.

Menurut informasi resmi Uniqlo, toko mereka sudah hadir di 15 negara dan lebih dari 1.300 toko. Desain kreatif dan kolaboratif, serta harga terjangkau menjadi andalan perusahaan ini. Salah satu yang baru keluar di Indonesia adalah edisi Shonen Jump.

Berkat kekayaannya yang meningkat, Yanai berada di urutan nomor 2 pada daftar miliarder paling untung di 2018 versi Forbes. Nama bos Uniqlo tepat berada di bawah Jeff Bezos, orang terkaya di dunia.

Nasib sebaliknya justru dirasakan Amancio Ortega, bos Zara, yang berada di urutan nomor 2 miliarder paling rugi tahun ini setelah Mark Zuckerberg.

Yanai sudah berusia 69 tahun dan pernah berkata ingin terus bersaing dengan brand-brand baju internasional lainnya. Ia pernah menyebut bahwa berbisnis mirip seperti pertandingan Olimpiade, dan targetnya adalah mendapatkan emas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…