Indonesia STEAM Week 2019 di Gelar, Wadahi Pendidik Hadapi Revolusi Industri 4.0

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 15 Desember 2018 - 15:10 WIB

Indonesia STEAM Week 2019
Indonesia STEAM Week 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memenuhi kebutuhan para pelaku pendidikan di seluruh provinsi di Indonesia, PT. Bianglala Charisma Candrabirawa berkolaborasi dengan beberapa organisasi pendidikan gelar Indonesia STEAM Week 2019.

Chief Executive Officer PT Bianglala Charisma Chandrabirawa, Bian Murphy mengatakan, Indonesia saat ini tengah menghadapi era revolusi industri 4.0 di mana persaingan semakin ketat, dan menghadapi revolusi industri 4.0 bukanlah hal mudah. Sederet hal perlu dipersiapkan, misalnya saja dengan merubah metode pembelajaran dalam dunia pendidikan yang ada saat ini.

"Setidaknya ada tiga hal yang perlu diubah Indonesia dari sisi edukasi. Pertama dan yang paling fundamental adalah mengubah sifat dan pola pikir anak-anak muda Indonesia saat ini. Kedua, pentingnya peran sekolah dalam mengasah dan mengembangkan bakat generasi penerus bangsa. Ketiga dan yang terakhir adalah pengembangan kemampuan institusi pendidikan tinggi untuk mengubah model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman saat ini," kata Bian di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Dengan kata lain, lanjut Bian, sekolah juga seharusnya mampu mengubah model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial, dan tentunya perlu menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa, seperti menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan belajar mengajar yang mumpuni.

"Untuk memenuhi kebutuhan para pelaku pendidikan di seluruh provinsi di Indonesia, PT. Bianglala Charisma Candrabirawa berkolaborasi dengan beberapa organisasi pendidikan seperti, Ikatan Guru Indonesia (IGI), Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU), The Association of National &Private Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK), dan beberapa organisasi pendidikan lainnya akan mengadakan wadah kegiatan pendidikan yang dinamis, efektif, dan efisien yang berjudul Indonesia STEAM Week 2019," lanjut Bian.

Peluncuran penyelengaraan  Indonesia STEAM Week 2019 resmi diluncurkan pada tanggal 14 Desember 2018 di Auditorium Hall Gedung A Kantor Kemendikbud Jakarta Selatan. Dalam rangkaian peluncuran  Indonesia STEAM Week 2019, juga diadakan workshop dan pelatihan mengenai STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) untuk guru dan para pelaku pendidikan lainnya pada tanggal 14-15 Desember 2018 di Auditorium Hall Gedung A lantai 3, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Adapun tujuan dari peluncuran penyelenggaraan Indonesia STEAM Week 2019, yakni Mensosialisasikan pembelajaran Informatika berbasis STEAM kepada para edukator di seluruh Indonesia, Memberikan pelatihan kepada para educator mengenai konsep dari program pembelajaran Informatika berbasis STEAM, serta Membantu para educator untuk mempersiapkan dan memahami konsep dari program pembelajaran Informatika berbasis STEAM agar dapat diterapkan di dalam kelas," lanjutnya.

Indonesia STEAM Week 2019 diikuti peserta dari berbagai kalangan pendidik dan institusi terkait seperti diantaranya; Kepala Sekolah/Dekan, Ketua Yayasan Institusi Pendidikan, Pemilik Institusi Pendidikan,  Guru/Dosen, Trainer,  Konsultan Pendidikan, dan para pelaku dunia pendidikan lainnya.

Kegiatan Indonesia STEAM Week 2019 merupakan wadah pembinaan dan pelatihan dalam menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan, serta meningkatkan profesionalisme guru menuju abad 21 yang terbit seiring dengan diresmikannya mata pelajaran Informatika yang berbasis Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics atau STEAM dalam kurikulum pendidikan di Indonesia.

Adapun aktifitasnya akan terangkai dalam roadshow yang akan diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia. Yakni yang dimulai pada Januari hingga Maret 2019, rangkaian kegiatan tersebut sekaligus dipersiapkan untuk menuju puncak acara Hari Pendidikan Nasional 2019 di bulan Mei 2019 mendatang.

Selain mengenalkan STEAM, kegiatan ini juga terselenggara untuk membekali para pelaku pendidikan dengan materi motivasi, kepemimpinan, dan kemampuan berkomunikasi demi meningkatkan proses belajar mengajar.

Sebagai informasi tambahan, rangkaian kegiatan roadshow Indonesia STEAM Week 2019 dipersiapkan untuk menuju puncak acara Hari Pendidikan Nasional 2019, yang mana acara puncak tersebut akan diselenggarakan pada tanggal 4-5 Mei 2019 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada acara puncak tersebut akan mencakup beberapa kegiatan  seperti Pameran sarana dan prasarana pendidikan ITEST (Indonesia Training & Education Supplier Tradeshow), Indonesia STEAM Olympiad (ISTEAMO) dan Konferensi Nasional Guru Indonesia. Kegiatan tersebut disponsori oleh Asosiasi Pengusaha Sarana Pendidikan Indonesia (APSPI) yang membawahi 12 Perusahaan alat peraga Pendidikan, BenQ Indonesia, Quintal dan Oudpro Internasional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tifanny Meilianti, Project Manager E-Learning GMT Institute

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:37 WIB

Menguasai Property Management Melalui E-Learning

Di era digitalisasi yang semakin berkembang, kebutuhan akan konsep suatu pembelajaran berbasis teknologi mulai diminati oleh banyak kalangan, mulai dari pendidik hingga pebisnis. 

Ilustrasi Bitcoin (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:00 WIB

Libra Bitcoin

Direktur Utama Bank BRI Suprajarto menjadi pembicara dalam salah satu forum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berjudul Micro, Small and Medium-sized Enterprises (MSME) Day 2019 yang diselenggarakan…

Bedah rumah Kementerian PUPR

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:48 WIB

Tahun 2019, Bedah Rumah Kementerian PUPR Sasar 3.000 Rumah MBR di Bali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki program peningkatan kualitas hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Bantuan Stimulan Stimulan Perumahan…

Panen padi (Ist)

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:35 WIB

Berbagai Cara Petani Siasati Kekeringan

Jakarta - Beberapa wilayah sentra produksi pangan mulai menghadapi ancaman kekeringan dan gagal panen. Namun petani punya cara sendiri menyiasati agar padi yang mereka sudah tanam bisa tetap…

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC) (Foto Abe)

Kamis, 27 Juni 2019 - 13:06 WIB

Ekspor Kendaraan Salah Satu Penopang Surplus Neraca Perdagangan

Jakarta - Peningkatan ekspor kendaraan nasional topang surplusnya angka neraca perdagangan di bulan Mei 2019. Hal ini sejalan dengan meningkatnya angka ekspor kendaraan yang berada di Terminal…