Kabar Gembira, Indonesia Peringkat ke-4 Produsen Kopi Dunia

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 17:26 WIB

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)
Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan Indonesia saat ini berada di peringkat ke-4 produsen kopi dunia dengan jumlah produksi sebesar 600.000 ton atau sekitar 6,6 persen dari produksi kopi dunia.

"Jumlah ini masih kalah dari Vietnam yang menduduki peringkat ke-2 produsen kopi dunia dengan produksi 1,53 juta ton atau sekitar 16 persen dari produksi kopi dunia," katanya saat membacakan sambutan Wakil Gubernur Jawa Barat pada acara Pembukaan Puncak Hari Perkebunan di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Senin (10/12/2018)

Oleh karena itu, lanjut dia, potensi kopi Indonesia harus terus-menerus dikembangkan. Jawa Barat sendiri termasuk salah satu produsen kopi besar yang dalam beberapa tahun terakhir meraih penghargaan bergengsi di dunia.

Salah satunya, kopi Jawa Barat meraih skor tertinggi dalam acara Festival kopi di Atlanta Amerika Serikat dua tahun lalu .

Prestasi tersebut, menurut Iwa, mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) secara aktif membantu memperkenalkan kopi di antaranya melalui acara Ngopi Saraosna.

Acara tersebut telah diselenggarakan untuk yang keenam kalinya dan mendapatkan respon yang luar biasa baik dari media maupun masyarakat.

"Kegiatan pertemuan bisnis di lingkungan perkebunan yang diinisiasi oleh Dinas Perkebunan Jawa Barat kiranya mampu menjembatani kebutuhan antar produsen dan pasar," kata dia.

Pihaknya memiliki keyakinan bahwa industri perkebunan di Jabar khususnya kopi masih akan terus berkembang. Secara kasat mata, kata dia, bisa terlihat dari perkembangan bisnis kafe khusus kopi di tiap sudut kota.

"Oleh karena itu, saya mendukung bantuan bibit dua juta benih kopi ini. Semoga dengan adanya bantuan ini standar kopi yang ada di Jabar bisa meningkat dan selanjutnya yang kita perlukan adalah membantu akses pasarnya. Tetapi harus kita jaga ketika produksi melimpah tidak menyebabkan harga komoditas ini jadi jatuh," katanya.

Pemprov Jabar hingga saat ini sudah membagikan enam juta benih kopi bersertifikat kepada warga yang tergabung dalam kelompok tani. Pembagian benih kopi tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas kopi di provinsi ini.

"(Total benih kopi yang sudah dibagikan) tempo hari empat juta, sekarang dua juta, jadi enam juta benih kopi" katanya.

Pada acara tersebut, Iwa Karniwa secara simbolis memberikan benih kopi bersertifikat kepada tiga kelompok tani. Pemberian bantuan dua juta bibit kopi tersebut akan dilakukan secara bertahap kepada 12 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemakaman Pasien Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:15 WIB

Gawat! Kasus Kematian Covid-19 di Jatim Makin Mendekati DKI Jakarta

Kasus kematian akibat pandemi virus corona (COVID-19) di Jawa Timur kembali melonjak pada hari ini.

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Minggu, 31 Mei 2020 - 18:00 WIB

Olah Raga Memanah Tingkatkan Kemampuan Prajurit Marinir

Komandan beserta Perwira Staf Mako Brigif 2 Marinir melaksanakan latihan memanah dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan memanah bagi Perwira Brigif 2 Marinir di Bhumi Marinir Gedangan,…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Minggu, 31 Mei 2020 - 17:30 WIB

Anies Ingatkan ASN: Didepan Seragam Kita Ada Simbol Negara, Tugas Kita Menomorsatukan Rakyat Daripada Diri sendiri

"Saya ingatkan kepada kita semua, di sisi depan baju seragam kita ada simbol abdi negara. Itu bukan sekedar ornamen seragam, itu adalah wujud sikap kita. Kita adalah penyelenggara negara,"

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Doc: Kementan)

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:31 WIB

Nambah Pendapatan Sumber Pangan Bikin Geleng-geleng Kepala

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang kehilangan pekerjaan dan kekhawatiran sumber pangan. Kementerian Pertanian terus melakukan berbagai upaya untuk menjaga ketahanan pangan sebagai komitmen…

Presiden Jokowi

Minggu, 31 Mei 2020 - 16:29 WIB

Dari 245 PSN, Jokowi: Saya Minta Betul-betul Dihitung, Mana Proyek yang Daya Ungkitnya Lebih Besar Bagi Pemulihan Ekonomi

Adapun mengenai usulan beberapa PSN baru yang sebanyak 245 proyek strategis, Kepala Negara meminta jajarannya untuk mengkaji secara rinci mengenai prioritas dari proyek-proyek usulan tersebut.…