Menteri Rini Minta Pertamina Miliki dan Operasikan 25 Persen SPBU di Seluruh Nusantara

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Desember 2018 - 11:50 WIB

BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)
BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno meminta PT Pertamina (Persero) agar memiliki dan mengoperasikan sebanyak 1.250 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau 25% dari 5.000 SPBU yang tersebar di Nusantara. 

“Ke depan, kami targetkan minimal Pertamina memiliki dan mengontrol 25% SPBU,” tutur kata Rini usai penandatangan kerjasama antara Pertamina, Waskita Karya, dan Hutama Karya, di Kementerian BUMN, Senin (3/12/2018). 

Menurut Rini, setiap Kabupaten dan Kota di Tanah Air minimal ada satu SPBU yang dimiliki Pertamina. Oleh sebab itu, tempat istirahat dan pelayanan yang dikelola oleh BUMN jalan tol harus terdapat SPBU milik Pertamina. 

“Jadi betul-betul di semua rest area BUMN, Pertamina harus tampil sebagai perusahaan yang menjamin ketersediaan BBM di setiap rest area,” tegasnya. 

Menurut Menteri Rini, Pertamina harus memiliki dan mengelola SPBU karena persaingan akan sangat ketat di masa mendatang. Beberapa perusahaan asing seperti Total, Chevron, Shell sudah mengelola SPBU di Tanah Air. 

“Misalnya, ada kejadian di Donggala dan Palu. Karena SPBU Pertamina enggak ada di sana jadi sangat mempersulit kami untuk memenuhi kebutuhan BBM warga di sana. SPBU di sana milik individu, akhirnya ini jadi sulit. Ketika terjadi bencana, mereka pergi, karena tidak ada kewajiban juga, jadi mereka pergi. Itu terasa sekali ketika bencana Palu,” jelasnya. 

Sementara, Direktur Pemasaran Ritel Mas’ud Khamid mengatakan, saat ini, Pertamina memiliki dan mengelola sekitar 200 SPBU. “Dalam 2-3 tahun mendatang, SPBU yang kami miliki bisa menjadi 1.000-1.300 SPBU,” tutur Mas’ud.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerjasama Grab dan Pegadaian

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:51 WIB

Jaring Nasabah Baru, Pegadaian dan Grab Kerjasama Produk #PegadaianGrabBenefit

Kerjasama ini merupakan bentuk program #PegadaianGrabBenefit yang bertujuan untuk mendapatkan segmen nasabah baru yaitu Mitra Grab serta mendorong peningkatan kinerja bisnis Produk Kreasi Multiguna…

Dirjen Kemensos, Harry Hikmat (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:48 WIB

Penyaluran Bansos PKH Makin Transparan Dengan OM-SPAN

Kementerian Sosial berkomitmen untuk menyalurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) lebih efektif, efisien, ekonomis, transparan dan akuntabel.

Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:02 WIB

Dukung Industri Interior Indonesia, Indterior 2019 Akan Kembali Digelar

Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) DKI Jakarta dan PT Citra Inovasi Strategi (CIS) Exhibition kembali mengumumkan kolaborasi konsep unik & kreatif dalam rangka menyelenggarakan pameran…

Ilustrasi Balap Sepeda (Foto Ist)

Rabu, 22 Mei 2019 - 12:00 WIB

Tanpa Penjelasan Pasti, Balap Sepeda TdF dan TdT Ditiadakan

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur Wayan Darmawa mengatakan pemerintah Provinsi NTT tidak menggelar kegiatan balap sepeda Tour de Flores (TdF) dan Tour…

Data Analyst Moka Hutami Nadya

Rabu, 22 Mei 2019 - 11:41 WIB

Semangat Bantu UKM, Moka Berbagi Strategi Bisnis dengan Tren Data Ramadan

Melalui medium microsite dan e-book Ramadan yang dapat diakses secara gratis, paparan data ini memberikan tiga gambaran utama untuk bisnis, yaitu dengan menunjukkan tren ritel dan F&B selama…