Perlu Revolusi Mental Masuki Revolisi Industri

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 November 2018 - 11:00 WIB

Ekonom senior Mari Elka Pangestu (Foto Dok Industry.co.id)
Ekonom senior Mari Elka Pangestu (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Yayasan United in Diversity (UID) Mari Elka Pangestu menyatakan perlu ada revolusi mental dari semua pihak dalam memasuki revolusi industri keempat.

"Kami bagian dari satgas untuk mengubah kapasitas kepemimpinan, bagian dari revolusi mental untuk birokrasi, dan kami dari Yayasan UID bagian dari itu karena kita punya metode pembelajaran untuk mengubah mindset," kata Mari di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/11/2018)

Mantan Menteri Perdagangan itu menyebutkan yayasan itu sudah menerapkan metode itu selama 10 tahun terakhir di berbagai program. "Kami diundang untuk bergabung dengan tim Lemhannas, tim Ristekdikti yang ketuanya Pak Luhut," katanya. UID merupakan organisasi nirlaba, berkedudukan di Indonesia yang didirikan oleh para tokoh bisnis dan pemerintah.

Ia menyebutkan dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Presiden meminta untuk mendorong revolusi mental yang lebih luas, tidak hanya di kalangan birokrasi.

"Awalnya untuk birokrasi tapi tadi beliau inginnya tidak hanya untuk birokrasi tapi diperluas karena menurut beliau, perubahan yang sangat cepat merupakan tantangan yang harus memberi kesempatan untuk melompat maju," katanya. Oleh karena itu, lanjutnya, semua harus siap, termasuk sumber daya manusianya. "Kalau sekarang beliau sering membahas infrastruktur, maka sekarang infrastruktur manusia yang harus kita bangun," kata Mari Pangestu.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Changemakers Nusantara Day

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:52 WIB

Changemakers Nusantara Day: Pertemuan Akbar Ribuan Pembawa Perubahan Tanah Air

Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), organisasi nirlaba pembawa perubahan bagian dari Grup GoTo, menggelar Changemakers Nusantara Day untuk merayakan keberhasilan ribuan pembawa perubahan yang telah…

PLN (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai…

Tugu Insurance

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:39 WIB

Laba Meningkat, Tugu Insurance Tebar Dividen Sebesar Rp 126,6 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2022 menyetujui pemberian dividen sebesar Rp 126.592.140.666…

Bintang Handayani, Ph.D, Dosen dan Peneliti Senior di President University, Cikarang (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:33 WIB

Benang Merah Disiplin Dan Berbahasa Disiplin

Rabu cerah di Jakarta Raya, duduk kembali di tempat favorit dengan teh hangat citrus mint. Kesulitan menerjemahkan citrus mint saya putuskan untuk menulisnya dengan cetak miring, berikut kajian,…

Gedung PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kamis, 19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Ceruk Pasar Besar, Ini Sederet Keunggulan Telkom Menggeluti Bisnis Data Center via NeutraDC

Keputusan PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) menggeluti bisnis data center melalui bendera NeutraDC dinilai menemukan momentum yang tepat.