Perlu Revolusi Mental Masuki Revolisi Industri

Oleh : Herry Barus | Selasa, 27 November 2018 - 11:00 WIB

Ekonom senior Mari Elka Pangestu (Foto Dok Industry.co.id)
Ekonom senior Mari Elka Pangestu (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Yayasan United in Diversity (UID) Mari Elka Pangestu menyatakan perlu ada revolusi mental dari semua pihak dalam memasuki revolusi industri keempat.

"Kami bagian dari satgas untuk mengubah kapasitas kepemimpinan, bagian dari revolusi mental untuk birokrasi, dan kami dari Yayasan UID bagian dari itu karena kita punya metode pembelajaran untuk mengubah mindset," kata Mari di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/11/2018)

Mantan Menteri Perdagangan itu menyebutkan yayasan itu sudah menerapkan metode itu selama 10 tahun terakhir di berbagai program. "Kami diundang untuk bergabung dengan tim Lemhannas, tim Ristekdikti yang ketuanya Pak Luhut," katanya. UID merupakan organisasi nirlaba, berkedudukan di Indonesia yang didirikan oleh para tokoh bisnis dan pemerintah.

Ia menyebutkan dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi, Presiden meminta untuk mendorong revolusi mental yang lebih luas, tidak hanya di kalangan birokrasi.

"Awalnya untuk birokrasi tapi tadi beliau inginnya tidak hanya untuk birokrasi tapi diperluas karena menurut beliau, perubahan yang sangat cepat merupakan tantangan yang harus memberi kesempatan untuk melompat maju," katanya. Oleh karena itu, lanjutnya, semua harus siap, termasuk sumber daya manusianya. "Kalau sekarang beliau sering membahas infrastruktur, maka sekarang infrastruktur manusia yang harus kita bangun," kata Mari Pangestu.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri gelas kaca (ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:15 WIB

Industri Gelas Kaca Minta Pemerintah Hapus Ambang Batas Minimum Pemakaian Gas

Asosiasi Gelas Kaca Indonesia (APGI) sangat mengharapkan agar batas minimum pemakaian gas dapat dihilangkan. Pasalnya, sejumlah produsen gelas kaca masih belum bisa berproduksi secara normal.…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Ist)

Selasa, 07 Juli 2020 - 18:00 WIB

Pelatih Robert Alberts Senang Seluruh Pemain Persib Lolos Tes Corona

Hasil tes Covid-19 pemain Persib Bandung dengan cara Swab/PCR menyatakan negatif. Dokter tim Rafi Ghani memberikan keterangan lebih lanjutnya Senin (6/7/2020). Selain pemain, staf pelatih dan…

OLX Autos

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:15 WIB

Amankan Pasar Mobil Bekas, BeliMobilGue Ganti 'Baju' Jadi OLX Autos

BeliMobilGue (BMG) hari ini mengumumkan perubahan nama (rebranding) menjadi OLX Autos Indonesia (OLX Autos), mengukuhkan posisinya sebagai bagian dari OLX Indonesia. Perubahan ini sekaligus…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:06 WIB

Wuih...OJK Lakukan Penyegaran Pegawai

Otoritas Jasa Keuangan melakukan sejumlah penyegaran pegawai di lingkungan satuan kerja agar dapat mengakselerasi kebutuhan penanganan pandemi Covid 19.

Ilustrasi Pendaftar CPNS

Selasa, 07 Juli 2020 - 17:05 WIB

Pemerintah Mendadak 'Setop' Penerimaan PNS Baru, Ada Apa?

Pemerintah tidak akan membuka penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam dua tahun ke depan, kecuali untuk penerimaan sekolah kepolisian dan militer.