PT Semen Baturaja Jamin Stok Hingga Pelosok Sumsel

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 November 2018 - 12:08 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Palembang- PT Semen Baturaja (Persero) menjamin ketersediaan stok hingga pelosok Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung program pembangunan infrastruktur. Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Jobi Triananda Hasjim di Palembang, mengatakan kesanggupan memenuhi kebutuhan semen di Sumsel itu karena sudah mengoperasikan pabrik Baturaja II.

"Saat ini produksi semen meningkat signifikan karena adanya pabrik baru. Tentunya ini menjadi jaminan sendiri bahwa semen tidak bakal langka di masa datang," kata dia. Ia mengatakan sebagai anak usaha PT Semen Indonesia, Semen Baturaja terus berinovasi terutama dalam menyikapi perkembangan teknologi.

"Saat ini untuk pemasaran kami sudah memiliki aplikasi. Setiap agen bisa memesan via online, jadi ketika stok sedikit bisa langsung pesan dan diantar tepat waktu," kata dia. Semen Baturaja pada semester I 2018 membukukan pendapatan sebesar Rp783,5 miliar atau tumbuh 25 persen dibanding periode sama tahun 2017 sebesar Rp627,4 miliar.

Efisiensi yang dilakukan perseroan pada semester pertama tahun 2018 berdampak pada membaiknya marjin keuntungan dan menjadi yang tertinggi di industri. Saat ini, kapasitas produksi semen perseroan sebesar 3,85 juta ton per tahun setelah beroperasinya Pabrik Baturaja II yang memiliki kapasitas produksi semen sebesar 1,85 juta ton per tahun pada September tahun 2017. Ia mengatakan permintaan semen curah di pasar nasional tahun ini tumbuh pesat hingga mencatat pertumbuhan 11,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini tak lain berkat adanya sejumlah pembangunan infrastruktur.

Sejauh ini, Semen Baturaja telah mendominasi pasar di Sumsel dengan pangsa pasar 52,9 persen atau tumbuh 8,1 persen dibandingkan tahun 2017. Bahkan di Lampung, sejak 2018 mampu menjadi market leader. Pertumbuhan positif dari sisi penjualan bukan hanya terjadi di Sumsel dan Lampung karena di Provinsi Jambi juga mencapat pertumbuhan 111,8 persen dibandingkan tahun lalu sehingga membuat market sharet produk SMBR menjadi 11 persen. "Ini menjadi pencapaian tertinggi dalam lima tahun terakhir di Jambi," kata dia.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia yang dihimpun Antara, total permintaan semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan pada semester I/2018 mencapai 2.619.172 ton. Sedangkan di Sumatera mencapai 6.481.428 ton atau meningkat 7,2 persen dibandingkan semester I/2017 yang hanya 6.028.820 ton. Sementara ini pertumbuhan volume penjualan SMBR berhasil melampaui pertumbuhan permintaan di seluruh wilayah pemasaran perseroan. "Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, hingga Bangka Belitung," ujar dia. .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat memberikan penghargaan kepada pemenang IGDS 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:15 WIB

Lewat IGDS 2019, Kemenperin Lahirkan Produk Industri Berkualitas Tinggi

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya mendorong ekosistem industri kreatif Indonesia agar menghasilkan produk-produk dengan desain berkualitas. Hal ini guna meningkatkan citra positif…

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Senin, 14 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Personel Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Senam Kebugaran Untuk Ibu-Ibu di Perbatasan RI-PNG

Personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini (Satgas Pamtas RI-PNG) Batalyon Infanteri Mekanis Raider (Yonif MR) 411/Pandawa Kostrad bekerjasama dengan Puskesmas…

Huawei Band 4

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:45 WIB

Resmi Hadir di Indonesia, Huawei Band 4 Dibanderol Seharga Rp 449.000

Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia meluncurkan perangkat¬†smart wearable, Huawei Band 4 ke pasar Indonesia¬†yang dipersenjatai dengan teknologi pengisian baterai USB dan terkoneksi…

Rosan Roeslani Ketua Umum KADIN (dok KADIN INDONESIA)

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:35 WIB

Airlangga Beri Sinyal Kuat untuk Rosan Isi Pos Menperin

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto memberikan kode kepada Ketua Kadin Indonesia Rosan Roeslani untuk bersiap memasuki periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf…

Huawei P30 Pro Mystic Blue dan Case Glamor Swarovski

Senin, 14 Oktober 2019 - 17:12 WIB

Huawei P30 Pro Hadirkan Warna Baru, dan Case Glamor Swarovski untuk Pasar Indonesia

Meskipun Huawei memperkenalkan dua varian warna baru di IFA 2019, yakni Mystic Blue dan Musty Lavender, namun hanya Mystic Blue yang diberikan untuk pasar Indonesia.