PT Semen Baturaja Jamin Stok Hingga Pelosok Sumsel

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 November 2018 - 12:08 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id - Palembang- PT Semen Baturaja (Persero) menjamin ketersediaan stok hingga pelosok Provinsi Sumatera Selatan untuk mendukung program pembangunan infrastruktur. Direktur Utama PT Semen Baturaja (Persero) Jobi Triananda Hasjim di Palembang, mengatakan kesanggupan memenuhi kebutuhan semen di Sumsel itu karena sudah mengoperasikan pabrik Baturaja II.

"Saat ini produksi semen meningkat signifikan karena adanya pabrik baru. Tentunya ini menjadi jaminan sendiri bahwa semen tidak bakal langka di masa datang," kata dia. Ia mengatakan sebagai anak usaha PT Semen Indonesia, Semen Baturaja terus berinovasi terutama dalam menyikapi perkembangan teknologi.

"Saat ini untuk pemasaran kami sudah memiliki aplikasi. Setiap agen bisa memesan via online, jadi ketika stok sedikit bisa langsung pesan dan diantar tepat waktu," kata dia. Semen Baturaja pada semester I 2018 membukukan pendapatan sebesar Rp783,5 miliar atau tumbuh 25 persen dibanding periode sama tahun 2017 sebesar Rp627,4 miliar.

Efisiensi yang dilakukan perseroan pada semester pertama tahun 2018 berdampak pada membaiknya marjin keuntungan dan menjadi yang tertinggi di industri. Saat ini, kapasitas produksi semen perseroan sebesar 3,85 juta ton per tahun setelah beroperasinya Pabrik Baturaja II yang memiliki kapasitas produksi semen sebesar 1,85 juta ton per tahun pada September tahun 2017. Ia mengatakan permintaan semen curah di pasar nasional tahun ini tumbuh pesat hingga mencatat pertumbuhan 11,7 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini tak lain berkat adanya sejumlah pembangunan infrastruktur.

Sejauh ini, Semen Baturaja telah mendominasi pasar di Sumsel dengan pangsa pasar 52,9 persen atau tumbuh 8,1 persen dibandingkan tahun 2017. Bahkan di Lampung, sejak 2018 mampu menjadi market leader. Pertumbuhan positif dari sisi penjualan bukan hanya terjadi di Sumsel dan Lampung karena di Provinsi Jambi juga mencapat pertumbuhan 111,8 persen dibandingkan tahun lalu sehingga membuat market sharet produk SMBR menjadi 11 persen. "Ini menjadi pencapaian tertinggi dalam lima tahun terakhir di Jambi," kata dia.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia yang dihimpun Antara, total permintaan semen di wilayah Sumatera Bagian Selatan pada semester I/2018 mencapai 2.619.172 ton. Sedangkan di Sumatera mencapai 6.481.428 ton atau meningkat 7,2 persen dibandingkan semester I/2017 yang hanya 6.028.820 ton. Sementara ini pertumbuhan volume penjualan SMBR berhasil melampaui pertumbuhan permintaan di seluruh wilayah pemasaran perseroan. "Mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bengkulu, hingga Bangka Belitung," ujar dia. .

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Langit

Rabu, 18 Mei 2022 - 13:00 WIB

Demi Wujudkan Tujuan Mulia, Panglima Langit akan Menjual 3 Mobil Koleksinya untuk Membangun Masjid

Panglima Langit, ahli penyembuhan alternatif menyatakan tekadnya untuk membangun masjid impiannya empat tahun mendatang. Hal tersebut ditegaskan pria ganteng asal Aceh ini saat bincang dengan…

BPOM (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:35 WIB

Masyarakat Diminta Bijak terhadap Isu Bahaya Mikroplastik

Maraknya pemberitaan isu bahaya mikroplastik pada air kemasan perlu disikapi bijak oleh masyarakat.

Outlet Paris Baguette

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:30 WIB

Lanjutkan Ekspansi, Paris Baguette Buka 4 Outlet

Melanjutkan kesuksesan pembukaan outlet-outlet sebelumnya di pusat kota Jakarta, Erajaya Food & Nourishment meneruskan kembali perluasan footprint-nya dengan membuka empat outlet baru sekaligus…

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo

Rabu, 18 Mei 2022 - 12:00 WIB

IMI Bersama Pengelola Sirkuit Sentul Terus Matangkan Pengembangan West Java Sentul International Circuit

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama pengelola Sirkuit Internasional Sentul yang dipimpin Tinton Soeprapto mematangkan rencana pengembangan…

Mukhtarudin - Anggota DPR RI Komisi VII

Rabu, 18 Mei 2022 - 11:58 WIB

Neraca Perdagangan Surplus, Anggota Banggar DPR RI: Ini Sinyal Ekonomi RI Kuat

Anggota Banggar DPR RI Mukhtarudin mengatakan surplus neraca perdagangan pada April 2022 yang tercatat 7,56 miliar dolar AS mengindikasikan bahwa penguatan ekonomi Indonesia pada tahun 2022…