3,5 Juta Bibit Lada Siap Ditanam Pemprov Bangka Belitung

Oleh : Herry Barus | Senin, 26 November 2018 - 12:03 WIB

Ekspor Komoditas Lada (Foto Dok Industry.co.id)
Ekspor Komoditas Lada (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menyalurkan 3,5 juta bibit lada putih berkualitas kepada petani setempat pada 2019 untuk mengembalikan kejayaan komoditas ekspor daerah itu.

"Pada 2019 kami akan kembali menyalurkan bantuan 3,5 juta bibit lada sehingga petani mudah mengembangkan usaha perkebunannya," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat (23/11/2018)

Ia mengatakan pemberian bantuan bibit lada putih ini akan diiringi pelatihan kepada kelompok petani calon penerima bantuan agar mereka tidak lagi menanam dan mengelola secara tradisional.

"Kami ingin petani menerapkan cara penanaman yang baik, sebagaimana dianjurkan petugas pertanian lapangan, misalnya menggunakan tajar hidup sebagaimana penyangga tanaman lada," ujarnya.

Selain itu, petani diminta untuk tidak lagi menggunakan pupuk kimia dan beralih kompos agar produksi lada putih bisa mencapai dua ton per hektare dan menjaga kebersihan tempat perendaman lada yang bersih, guna meningkatkan kualitas komoditas khas daerah itu.

"Mudah-mudahan dengan upaya ini dapat mengembalikan kejayaan lada di pasar dunia," katanya.

Menurut dia, selama ini petani masih menggunakan bibit kurang berkualitas, sehingga tanaman lada mudah terserang hama penyakit daun kuning, busuk pangkal batang dan lainnya.

Selain itu, panen dari bibit lada yang ditanam petani juga rendah sehingga produksi lada daerah ini hanya sekitar 12 ton per tahun atau jauh di bawah Vietnam yang mencapai 200 ton per tahun.

"Kami ingin produksi lada petani bisa mencapai dua ton per hektare pada 2019 untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…