Kembangkan 4G di Indonesia Timur, Inddosat Andalkan Palapa Ring

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 November 2018 - 16:48 WIB

Indosat Ooredoo (Foto : dok Industry.co.id)
Indosat Ooredoo (Foto : dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Operator seluler Indosat akan mengandalkan proyek Palapa Ring yang dibangun pemerintah untuk pengembangan jaringan 4G operator tersebut di wilayah Papua dan Indonesia timur.

"Untuk saluran atau backbone Internet kita bergantung pada backbone yang ada, terus terang kalau kita membangun sendiri agak susah. Jadi kita menggunakan backbone yang sudah ada dan  berharap banyak pada milik pemerintah yakni Palapa Ring, hal tersebut sudah kita juga jajaki," ujar Group Head Regional Marketing Indosat Ooredoo Gede Krishna Jaya di Jakarta, Senin (19/11/2018)

Dia lebih lanjut berharap bahwa mudah-mudahan akhir tahun ini untuk pengembangan jaringan 4G di wilayah Papua sudah bisa tercakup seluruhnya.

"Artinya di titik-titik yang sekarang kita ada, sedangkan untuk penambahan-penambahan dilakukan secara bertahap jadi sekarang kita fokus pada titik-titik yang sudah kita miliki. Semua titik yang belum 4G akan kita tingkatkan ke jaringan 4G," ujarnya.

Proyek Palapa Ring milik pemerintah sendiri akan menjadi opsi bagi Indosat untuk mengembangkan jaringan di wilayah-wilayah yang belum terjangkau oleh operator seluler tersebut.

"Tentunya kalau kita bicara di daerah-daerah yang kita belum jangkau, maka Palapa Ring akan menjadi salah satu opsi yang kita pakai," kata Group Head Regional Marketing tersebut usai menghadiri seremoni 51 tahun Indosat.

Indosat, menurut Chief and Distribution Officer Indosat Ooredoo Hendri Mulya Syam, akan membangun jaringan 4G secara nasional di semua titik-titik yang sudah dimiliki Indosat.

"Kita akan bangun secara nasional jaringan 4G tersebut, jadi paling tidak di semua titik-titik Indosat sudah kita bangun 4G kemudian menambah kapasitas dan juga membangun titik-titik baru pada tahun depan," kata Hendri.

Palapa Ring sendiri diakui oleh Hendri sangat membantu pengembangan bisnis dan jaringan seluler Indosat di wilayah-wilayah Indonesia timur.

"Sangat signifikan karena artinya sangat terbuka bagi Indosat untuk melakukan ekspansi jangkauan secara masif di Indoesia timur, yang selama ini kita tidak terlalu ekspansif karena kendala mahalnya biaya transmisi atau transmition costs. Dengan adanya Palapa Ring ini dapat membuat Indosat bisa menggelar jaringan di sana," tuturnya.

Menurut informasi yang dilansir Antara sebelumnya, Palapa Ring merupakan proyek pembangunan kabel serat optik di seluruh Indonesia, menjangkau 440 kabupaten/kota. Total panjang kabel dalam proyek Palapa Ring sekitar 13.000 kilometer di darat dan laut.

Rencana besar Palapa Ring berupa infrastruktur mengitari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua, juga delapan jaringan penghubung dan satu cincin besar yang mengitari Indonesia di darat dan laut

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran BNI Java Jazz Festival pada 24 - 26 Mei 2024 di JIEXPO Kemayoran yang diselenggarakan oleh Java Festival Production.

Minggu, 05 Mei 2024 - 16:48 WIB

BNI Java Jazz on The Move Special Edition Kembali Hadir!

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI sebagai sponsor utama, siap mendukung gelaran Jakarta International BNI Java Jazz Festival pada 24-26 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran Jakarta, yang…

Salah satu lini bisnis MPMX

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:40 WIB

MPMX Catat Pendapatan Bersih Capai Rp3,9 Triliun di Kuartal I-2024

PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX) sukses mencatat pertumbuhan pendapatan bersih mencapai Rp3,9 triliun di kuartal I-2024, atau naik 3% year-on-year (yoy) dibandingkan periode yang sama…

Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific saat belajar budaya Bali

Minggu, 05 Mei 2024 - 15:30 WIB

Kemenparekraf Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Belajar Budaya Bali

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak para delegasi Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific…

KOBEX: Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar Di Triwulan I-2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:20 WIB

Top! Strategi Apik Membuahkan Hasil, Penjualan Alat Berat Non-Tambang Meningkat, KOBEX Bukukan Pendapatan Rp531,94 Miliar di Triwulan I-2024

Jakarta– PT Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) penyedia alat berat terintegrasi telah merilis Laporan Keuangan (Unaudited) triwulan I tahun 2024. Perseroan melaporkan pertumbuhan pendapatan sebesar…

PT BRI Asuransi Indonesia saat RUPS

Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.