Industri Pertahanan Tawarkan Tekologi Navigasi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 10 November 2018 - 15:00 WIB

CN 235 pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
CN 235 pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perusahaan bidang industri suku cadang dan peralatan sistem pertahanan, PT Honeywell Indonesia, menghadirkan teknologi terkini navigasi pesawat yang tengah menjalankan misi kemanusiaan di daerah bencana.

"Belajar pengalaman dari gempa di Palu yang sempat membuat pesawat  pembawa bantuan mengalami kesulitan akibat tower ATC roboh, maka kami menawarkan teknologi navigasi terkini berbasis satelit," kata Presiden Direktur PT Honeywell Indonesia, Roy Kosasih di Jakarta, Jumat (9/11/2018)

Ditemui dalam penyelenggaraan pameran pertahanan "IndoDefence 2018 Expo&Forum" tanggal 7 sampai dengan 10 November 2018 Roy mengatakan, teknologi ini dapat diaplikasikan ke semua jenis pesawat bukan saja diperuntukan bagi pesawat tempur.

 Roy mengatakan, dibidang penerbangan perusahaan tidak diragukan lagi, sebagai mitra kerja PT Dirgantara Indonesia perusahaan sudah memasok suku cadang dan perlengkapan mesin pesawat, frekuensi tinggi radio, avionik,  propeler serta peralatan mekanik untuk kebutuhan CN 235, CASA 212, dan N 219.

Vice President After Market Sales Defense Asia Pacific Honeywell, Tim Van Luven mengatakan perusahaan sudah beroperasi di Asia selama 50 tahun dibidang suku cadang dan perlengkapan kedirgantantaraan baik untuk kebutuhan sipil maupun pertahanan.

"Bagi Indonesia selama ini kami berkontribusi untuk suku cadang dan perlengkapan pesawat tempur seperti jenis F16 dan Hawk," jelas Tim seperti dilansir Antara,

Sedangkan untuk kebutuhan sipil, perusahaan juga sudah menjalin kontrak kerja dengan PT Garuda Maintenance Facility (GMF) untuk pesawat Boeing.

"Kami juga berkerja sama dengan semua angkatan di TNI dan Kepolisian terutama yang memiliki pesawat," ujarnya

Terkait dengan teknologi navigasi pesawat yang ditawarkan, Roy mengatakan,  pilot dapat dengan mudah mengetahui posisi pesawat dan kondisi geografis di darat termasuk kalau ada halangan dihadapannya sehingga memudahkan untuk mendaratkan pesawat dalam kondisi apapun.

Tim juga mengatakan untuk pasar Asia Tenggara Indonesia merupakan pasar utama dari perusahaan, sedangkan untuk Asia pasar terbesar masih ditempati Jepang.

Sedangkan dibidang sosial, perusahaan telah menjalin kerja sama dengan ITB untuk membangunkan fasilitas penyulingan minyak bumi skala laboratorium di tahun 2016, sedangkan di awal 2018 perusahaan menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk sistem listrik.

Kemudian ke depannya masih dengan kedua perguruan tinggi perusahaan juga tengah mengembangkan kecerdasan buatan  dalam rangka menjalankan program Industri 4.0 sesuai keinginan Presiden RI Joko Widodo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…