Aceh Targetkan Swasembada Benih 2020

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 November 2018 - 16:10 WIB

Ilustrasi petani (ist)
Ilustrasi petani (ist)

INDUSTRY.co.id - Meulaboh- Pemerintah Provinsi Aceh menargetkan swasembada benih pada 2020 melalui peningkatan peran penyuluh pertanian lapangan dalam optimalisasi pemanfaatan lahan pertanian di 23 kabupaten/kota di provinsi itu.

"Dengan peran penyuluh pertanian diharapkan permasalahan kekurangan benih dapat teratasi dan Aceh akan mencapai swasembada benih pada tahun 2020," kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Abdul Manan, SP, MM, di Meulaboh, Rabu(8/11/2018)

Hal itu disampaikan dalam sambutannya pada acara penutupan Jambore Penyuluh Pertanian ke-2 se Aceh yang diikuti 3.000 penyuluh di Gedung Olahraga dan Seni (GOS) Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat selama tiga hari terakhir.

Ia mengatakan peningkatan produksi komoditas hortikultura dan tanaman pangan adalah salah satu program di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produksi padi dan kedelai.

Abdul Manan menambahkan Pemerintah Aceh memiliki persoalan kekurangan benih, di mana hingga saat ini Provinsi Aceh membutuhkan 12.500  benih padi, tetapi tidak tersedia dana yang mencukupi untuk kebutuhan itu.

"Aceh masih kekurangan benih setiap tahunnya, dana yang dibutuhkan untuk menyubsidi benih adalah Rp115 miliar. Dengan peran penyuluh pertanian diharapkan permasalahan  kekurangan benih di Aceh dapat teratasi," imbuhnya kepada awak media.

Abdul Manan mengharapkan para penyuluh pertanian untuk mendata luas lahan sawah secara akurat agar bantuan dari pemerintah pusat dapat bertambah dan tidak berkurang, karena besarnya bantuan yang diberikan tergantung luasnya lahan.

Selanjutnya, kata dia, untuk kegiatan Jambore Penyuluh Pertanian ke-3 Aceh rencananya akan dilaksanakan di Kabupaten Aceh Timur dan diharapkan pelaksanaan di wilayah bagian utara Aceh itu dapat terlaksana sebagaimana di Aceh Barat.

Ia berharap jambore yang telah dilaksanakan di Aceh Barat sejak 4-6 November 2018 di GOS Desa Meureubo itu dapat memberikan kontribusi positif dalam memberdayakan penyuluh pertanian di lapangan guna menyukseskan program daerah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…