Tingkatkan Produksi PT. South Pacific Viscose Meresmikan Lenzing Center of Excellence

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 Oktober 2018 - 07:03 WIB

Tingkatkan Produksi PT. South Pacific Viscose Meresmikan Lenzing Center of Excellence (Foto Dok WE)
Tingkatkan Produksi PT. South Pacific Viscose Meresmikan Lenzing Center of Excellence (Foto Dok WE)

INDUSTRY.co.id - Purwakarta – PT. South Pacific Viscose (SPV), produsen serat berbahan dasar kayu terbesar di Indonesia dan merupakan anak perusahaan dari Lenzing Group Austria, hari ini meresmikan fasilitas pusat riset dan pelayanan post-trade yang bernama Lenzing Center of Excellence. Pusat riset dan pelayanan ini dibuka di area utama pabrik SPV, Purwakarta. Selasa (22/10/2018)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan yang kehadirannya diwaklikan kepada T.B. Haeru Rahayu meresmikan pembangunan fasilitas baru ini dengan didampingi oleh Presiden Direktur SPV, Christian Oberleitner; Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guérend; Wakil Duta Besar Austria untuk Indonesia, Josko Emrich; Chief Commercial Officer of the Lenzing Group, Robert van de Kerkhof; dan Senior Vice President of the Lenzing Group for AMEA, Vineet Singhal.

Lenzing Center of Excellence dibangun untuk menjalin kedekatan dengan konsumen sebagaimana hal ini merupakan salah satu pilar utama yang tertuang dalam strategi perusahaan sCore TEN. Lebih lanjut, Lenzing Center of Excellence juga dilengkapi dengan fasilitas produksi kain skala kecil (knitting), pencelupan (dyeing), dan penyelesaian (finishing). Dengan adanya teknologi ini, Lenzing dapat meningkatkan upaya untuk menjalankan riset dan pengembangan benang dan kain bersama mitra supply chain-nya. Dalam hal peningkatan kualitas produk, Lenzing Center of Excellence juga akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium dan analitis untuk beragam jenis serat, benang, dan kain.

“Pembangunan Lenzing Center of Excellence diharapkan mampu menegaskan keunggulan Lenzing dalam hal inovasi di kancah persaingan global. Fasilitas ini juga kami harapkan mampu meningkatkan produktivitas dan memperkuat daya saing perusahaan dalam menghasilkan serat  berkualitas tinggi. Lenzing memiliki visi untuk senantiasa mencukupi kebutuhan dunia dengan membangun bisnis berkelanjutan yang juga memperhatikan pelestarian alam,” kata Christian Oberleitner, Presiden Direktur PT. South Pacific Viscose.

 

Diresmikannya Lenzing Center of Excellence akan memungkinkan perusahaan untuk memadukan beragam jenis serat yang diproduksi oleh Lenzing, sehingga dapat menghasilkan ragam produk berkualitas yang bisa diaplikasikan untuk pembuatan kain dan produk-produk  non-woven, baik secara tradisional maupun dengan cara yang lebih inovatif.

PT. SPV telah beroperasi di Indonesia selama 35 tahun. Berlokasi di Purwakarta, perusahaan ini memproduksi serat viscose yang berbahan dasar kayu dan dipasarkan untuk pasar global dan lokal. Hingga saat ini, rata-rata produksi mencapai 323.000 ton per tahun. Dengan jumlah produksi ini, PT. SPV tergolong sebagai salah satu perusahaan serat terbesar di Indonesia.

Dalam catatan Ernovian G Ismy, Sekretaris Umum Asosiasi Pertextilan Indonesia,  pada tahun 2017, industri tekstil lokal mencatatkan peningkatan signifikan sebesar 6 persen, meningkat hingga USD 12,4 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fintech (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 11:17 WIB

Koku Raih Pendanaan Pra-Seri A Sebesar US$2 Juta Dari Co-Founder Tencent

Pendanaan Pra-Seri A ini dipimpin oleh Jason Zeng, Co-founder Tencent Holdings dan pendiri perusahaan angel investment asal China, Decent Capital.

Perkebunan kelapa

Sabtu, 20 April 2019 - 11:05 WIB

Kemenperin Pastikan Bisnis Industri Olahan Kelapa di Indonesia Masih Sangat Prospektif

Bisnis industri pengolahan kelapa di Indonesia masih prospektif dan terus berkembang di beberapa wilayah seperti Riau, Sulawesi Utara, Gorontalo, Jambi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, dan…

Oppo F11 Pro (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 10:59 WIB

Masa Pre-order Selesai, Smartphone Oppo F11 Sudah Tersedia di Pasar Indonesia

Perangkat Oppo F11 menjadi favorit karena kemampuan kamera belakangnya untuk mengambil foto portrait memukau dalam gelap, memori besar, pengisian daya cepat, serta harganya yang cukup terjangkau,…

Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI

Sabtu, 20 April 2019 - 10:32 WIB

Peringati Harkonas, YLKI Minta Pemerintah Serius Lindungi Konsumen

Setiap 20 April, diperingati sebagai Hari Konsumen Nasional, atau Harkonas yang tak bisa dilepaskan dari UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Pasalnya Harkonas mengacu pada…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Sabtu, 20 April 2019 - 10:05 WIB

Kemenperin Pacu Hilirisasi Komoditas Kelapa Terpadu dari Jambi Sampai Gorontalo

Kementerian Perindustrian semakian giat memacu hilirisasi komoditas kelapa agar menjadi produk industri dalam negeri yang bernilai tambah tinggi.