Pascagempa Mataram, Sektor Investasi Tetap Menarik

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Oktober 2018 - 17:20 WIB

Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)
Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (Foto:Ist)

INDUSTRY.co.id - Mataram- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Mataram Cokorda Sudira Muliarsa mengatakan, bencana gempa bumi yang melanda Pulau Lombok tidak menyurutkan investasi di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

"Memang saat gempa bumi bulan Agustus, pelayanan perizinan mengalami penurunan tetapi sejak awal September pelayanan permohonan perizinan sudah mulai normal," katanya kepada awak media di Mataram, Rabu (17/10/2018)

Bahkan, lanjut Sudira, investor-investor besar yang sebelumnya telah berencana membangun hotel dan puluhan investor yang hendak membangun perumahan sudah datang berkali-kali ke DPMPTSP untuk melakukan konsultasi pengajuan izin mendirikan bangunan (IMB).

"Bagi para investor, gempa bumi yang terjadi hanya sebatas 'shock therapy' sementara, bukan untuk mengurungkan niat mereka berinvestasi di kota ini," katanya.

Hal itu dapat dilihat juga dari angka investasi pada triwulan pertama dan kedua 2018. Pada triwulan pertama total investasi di Kota Mataram tercatat Rp282,7 miliar, kemudian triwulan kedua naik menjadi Rp316,8 miliar.

"Sementara secara kumulatif nilai investasi Kota Mataram sejak 2014 hingga triwulan kedua 2018, tercatat Rp21,5 triliun," sebutnya.

Menurutnya, salah satu penyebab terhambatnya pelaksanaan investasi di Kota Mataram justru karena belum disahkannya Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Karena itu, ketika pihaknya melakukan pertemuan dengan para investor, para investor diminta sebelum mengajukan permohonan IMB, agar menyelesaikan berbagai administrasi yang bisa diselesaikan.

Misalnya terkait dengan lingkungan hidup yakni anlisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UKP-UPL).

Termasuk konsultasi teknis dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, terkait aturan, persyaratan konstruksi yang harus dilengkapi untuk mengajukan IMB.

"Jadi begitu Perda RTRW disahkan, berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan permohonan IMB sudah siap. Kita tinggal melakukan proses tahapan selanjutnya," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Didampingi Ketua Jalasenastri Kormar Tanam Mangga

Minggu, 28 April 2024 - 05:18 WIB

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Didampingi Ketua Jalasenastri Kormar Tanam Mangga

Dalam rangka penghijauan, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Ketua PG Jalasenastri Korps Marinir Ny. Nana Endi Supardi melaksanakan…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi,

Minggu, 28 April 2024 - 05:11 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Remikan Bangunan di Sorong

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., meresmikan pembangunan fasilitas dan sarana prasarana (Sarpras) Korps Marinir TNI AL wilayah…

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi

Minggu, 28 April 2024 - 05:01 WIB

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Bangga kepada Kotps Marinir Berkat Prestasi Gemilang

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., saat memimpin apel khusus Prajurit Petarung Marinir Ufuk Timur di Kesatrian Agoes Soebekti,…

Perpusnas Press luncurkan 15 judul buku di Hari Buku Sedunia 2024.

Sabtu, 27 April 2024 - 21:05 WIB

Perpusnas Press Luncurkan 15 Judul Buku di Hari Buku Sedunia

Penerbit Perpusnas Press meluncurkan 15 judul di acara World Book Rumah Dunia sebagai dukungan terhadap kemajuan dunia perbukuan dan literasi.

Aksi donor darah di BRI Insurance

Sabtu, 27 April 2024 - 19:11 WIB

BRI Insurance Lakukan Aksi Donor Darah Sebagai Bentuk Kemanusiaan dan Kepedulian Sosial

Sebagai wujud kepedulian terhadap sosial lingkungan di momen HUT 35, BRI Insurance menggelar acara donor darah untuk Pekerja sebagai bentuk kegiatan kemanusiaan yang berlangsung di kantor pusat…