Kemenperin Bantah Nike Stop Order di Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 Oktober 2018 - 16:31 WIB

Ilustrasi Apparel Nike
Ilustrasi Apparel Nike

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menepis kabar terkait pemberhentian pesanan pakaian olahraga 19 perusahaan garmen atau produsen pakaian jadi di Indonesia oleh Nike. 

"Kami sudah mengonfirmasi langsung ke pihak Nike yang ada di Singapura. Yang jelas kan nggak ada pengurangan order Nike di Indonesia," kata Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta, Jumat (12/10/2018).

Selain itu, tambah Sigit, pihaknya memastikan Nike tetap memesan pakaian olahraga dari perusahaan garmen atau produsen pakaian jadi di Indonesia.

"Saya jamin Nike tidak mengurangi pesanan pakaian olahraga dari 19 pabrik tersebut," terang Sigit. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ade Sudrajat mengatakan, Nike menganggap kerja sama dengan perusahaan garmen di Indonesia masih menguntungkan. Hal itu sudah dikonfirmasi ke pihak Nike.

"Kalau selama produksi dari Indonesia menguntungkan ya kenapa saya (Nike) harus berhenti. Begitu jawabannya," kata Ade Sudrajat.

Ade menambahkan pihak Nike telah memastikan kerja sama dengan 19 perusahaan garmen tersebut masih berlanjut.

"(19 perusahaan itu masih kerja sama dengan Nike), masih, masih berlanjut," tambahnya.

Sebelumnya beredar kabar di media sosial Nike berhenti memesan pakaian olahraga dari 19 perusahaan garmen atau produsen pakaian jadi di Indonesia. Sebanyak 35.000 karyawan dikabarkan terancam PHK.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

DHL Express (Ist)

Sabtu, 21 September 2019 - 12:05 WIB

DHL Express Umumkan Penyesuaian Harga Tahun 2020 di Indonesia

DHL Express, penyedia layanan ekspres internasional terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan rata-rata penyesuaian harga yang berlaku efektif 1 Januari 2020. Rata-rata penyesuaian yang berlaku…

Rossa

Sabtu, 21 September 2019 - 12:00 WIB

Rossa Show dengan Konser di Guyur Hujan

Sebagai salah satu Diva Pop, Rossa akan menjalankan profesinya secara profesional, seperti saat diminta menyanyi dengan nuansa hujan-hujanan. penyanyi asal Sumedang ini siap menjalankan konsep…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Sabtu, 21 September 2019 - 11:52 WIB

Kementan Dukung Jawa Barat Penghasil Beras Organik Terbesar

Bandung - Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung penuh Provinsi Jawa Barat sebagai produsen atau penghasil beras organik terbesar di Indonesia. Ini optimis diwujudkan mengingat didukung…

Ilustrasi Gula (Ist)

Sabtu, 21 September 2019 - 11:40 WIB

Memperluas Plasma, Mempercepat Swasembada Gula

Jakarta - Target Pemerintah mewujudkan swasembada gula tahun 2024 mendatang bukan isapan jempol semata. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaimann telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk…

BMW i8

Sabtu, 21 September 2019 - 11:05 WIB

Jadi Official Vehicle Partner, BMW Dukung Kejuaraan ABB Formula E Championship di Jakarta

Pemerintah kota DKI Jakarta bersama Formula E mengumumkan masuknya sirkuit Jakarta E-Prix pada seri kejuaraan ABB Formula E Championship musim 2019/2020.