TIA Dukung Pengembangan BumDes Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar Tambang

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Oktober 2018 - 10:53 WIB

Ilustrasi batubara
Ilustrasi batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Direktur PT Tunas Inti Abadi (TIA) Dadik Kiswanto mengungkapkan, saat ini tambang TIA mempekerjakan sebanyak 1.676 tenaga kerja, di mana hampir 70% merupakan masyarakat di sekitar Tanah Bumbu. 

Untukmeningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar tambang, TIA mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Salah satu program yang berhasil dengan baik adalah kerja sama pengangkutan batubara antara TIA dengan CV Panca Bina Banua (PBB).

PBB merupakan konsorsium lima BumDes dari lima desa binaan TIA yaitu desa Sebamban Baru, desa Sebamban Lama, desa Tri Martani, desa Mangkalapi, dan desa Bunati. 

Pada tahap awal, TIA memberikan bantuan 5 truk sebagai alat transportasi pengangkutan batubaranya ke lokasi penimbunan sementara. Berkat dukungan dan pendampingan TIA terhadap pengelolaan CV PBB, usaha milik warga ini sangat berhasil dan menjadi sumber pendapatan desa yang sangat besar. 

Saat ini dengan armada sebanyak 45 unit dan mengangkut lebih dari 1,3 juta ton selama setahun, CV PBB mampu memberi kontribusi hingga Rp 40-45 juta per bulannya ke setiap desa, di luar dari kontribusi masyarakat yang bekerja di TIA.

"Sebagai mitra kerja, PBB juga memenuhi standar kualitas kerja yang ditetapkan oleh TIA. BumDes ini juga menjadi sumber lapangan kerja baru bagi masyarakat di wilayah Tanah Bumbu. Kami senang karena berkat sinergi seperti ini TIA dapat beroperasi secara maksimal," ungkapnya.

Berkat kontribusi dari CV PBB dan kegiatan usaha lain yang dikerjasamakan dengan TIA, desa-desa disekitar lokasi tambang mendapatkan dana pembangunan desa yang cukup besar. Selain dari PBB, pendapatan tersebut berasal dari kontrak-kontrak kerja reklamasi wilayah bekas tambang yang dipulihkan menjadi area hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indodax resmikan kantor baru di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:50 WIB

Komitmen Berikan Pelayanan Lebih Baik, Indodax Resmikan Kantor Baru di Jakarta

Kantor baru ini akan menjadi pusat dari seluruh cabang Indodax yang sudah didirikan sebelumnya yaitu Bali, Semarang, dan Surabaya.

Ruang Kerja Regus (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 10:00 WIB

Penyedia Ruang Kerja fleksibel, Regus, Luncurkan ProgramWaralaba Terbaru di Indonesia

Regus, penyedia ruang kerja fleksibel terkemuka di dunia, telah meluncurkan skema waralaba terbaru di Indonesia. Program baru ini memungkinkan operator waralaba Indonesia untuk memasuki ruang…

Hoshinoya Tokyo

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:50 WIB

Hoshinoya Tokyo Bakal Jadi Tuan Rumah Tokyo Summer Nights 2019

Hoshino Resorts melalui brand teranyarnya, Hoshinoya Tokyo akan menjadi tuan rumah "Tokyo Summer Nights 2019" dari tanggal 1-17 Agustus 2019.

PREPD

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:20 WIB

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

PREPD closes Pre-Series A round to fund growth of a new hydration-boosting drinks

KEK Mandalika (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 Juni 2019 - 09:00 WIB

Sambut MotoGP-F1 Sirkuit Mandalika Segera Bangun Sejumlah Hotel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar para pengusaha properti ikut membantu membangun hotel di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.