TIA Dukung Pengembangan BumDes Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Sekitar Tambang

Oleh : Hariyanto | Senin, 01 Oktober 2018 - 10:53 WIB

Ilustrasi batubara
Ilustrasi batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Direktur PT Tunas Inti Abadi (TIA) Dadik Kiswanto mengungkapkan, saat ini tambang TIA mempekerjakan sebanyak 1.676 tenaga kerja, di mana hampir 70% merupakan masyarakat di sekitar Tanah Bumbu. 

Untukmeningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar tambang, TIA mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Salah satu program yang berhasil dengan baik adalah kerja sama pengangkutan batubara antara TIA dengan CV Panca Bina Banua (PBB).

PBB merupakan konsorsium lima BumDes dari lima desa binaan TIA yaitu desa Sebamban Baru, desa Sebamban Lama, desa Tri Martani, desa Mangkalapi, dan desa Bunati. 

Pada tahap awal, TIA memberikan bantuan 5 truk sebagai alat transportasi pengangkutan batubaranya ke lokasi penimbunan sementara. Berkat dukungan dan pendampingan TIA terhadap pengelolaan CV PBB, usaha milik warga ini sangat berhasil dan menjadi sumber pendapatan desa yang sangat besar. 

Saat ini dengan armada sebanyak 45 unit dan mengangkut lebih dari 1,3 juta ton selama setahun, CV PBB mampu memberi kontribusi hingga Rp 40-45 juta per bulannya ke setiap desa, di luar dari kontribusi masyarakat yang bekerja di TIA.

"Sebagai mitra kerja, PBB juga memenuhi standar kualitas kerja yang ditetapkan oleh TIA. BumDes ini juga menjadi sumber lapangan kerja baru bagi masyarakat di wilayah Tanah Bumbu. Kami senang karena berkat sinergi seperti ini TIA dapat beroperasi secara maksimal," ungkapnya.

Berkat kontribusi dari CV PBB dan kegiatan usaha lain yang dikerjasamakan dengan TIA, desa-desa disekitar lokasi tambang mendapatkan dana pembangunan desa yang cukup besar. Selain dari PBB, pendapatan tersebut berasal dari kontrak-kontrak kerja reklamasi wilayah bekas tambang yang dipulihkan menjadi area hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kembalinya The Winner (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 22:00 WIB

Kembalinya The Winner Band

Meski industri musik belum menunjukan gairahnya, ini ditandai belum maraknya para musisi dan penyanyi meluncurkan karya-karyannya. Namun hal itu tidak membuat para musisi muda yang tergabung…

Konferensi pers RedDoorz buka peluang jelajahi Indonesia melalui program 'Tenaga Kerja Impian' di Jakarta, Kamis (22/8).(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:12 WIB

Buka Peluang Jelajahi Indonesia Melalui Program 'Tenaga Kerja Impian'

Tiga orang terpilih akan berkesempatan menjelajahi Indonesia selama tiga bulan dan mewujudkan mimpi menjadi travel influencer.

First Media Luncurkan First Warriors (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:05 WIB

Siapkan Atlet eSport Handal, First Media Hadirkan First Warriors Berhadiah Total Rp1,3 Miliar

Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, First Media bersama dengan para mitranya menyelenggarakan First Warriors melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya,…

Ilustrasi ekonomi.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 20:01 WIB

Desas-desus Tentang Stimulus Fiskal Menguat

Kekhawatiran resesi dunia meningkat menyusul perpindahan dana dari ekuitas ke obligasi.

Narada melakukan literasi keuangan terhadap anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.(Ist)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 19:47 WIB

Cetak Duta Investasi dan Ibu Cerdas Keuangan

Kelas tersebut dihadiri oleh 73 anggota PKK Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdiri dari anggota delapan TP PKK Kecamatan Se-Jakbar, dan 56 Ketua PKK Kelurahan Se-Jakbar.