Yanmar Co., Ltd. Jadi Pembuat Alat Pertanian Jepang Pertama yang Memperoleh Sertifikasi GLOBALG.A.P.

Oleh : Nina Karlita | Jumat, 14 September 2018 - 17:05 WIB

Fasilitas budidaya hidroponik selada di Yanmar Green Farm, Kota Ritto, Perfektur Shiga, Jepang
Fasilitas budidaya hidroponik selada di Yanmar Green Farm, Kota Ritto, Perfektur Shiga, Jepang

INDUSTRY.co.id - Jepang, Yanmar Symbiosis Co., Ltd. (Kantor pusat: Osaka, Jepang, Presiden Direktur: Hidetaka Horii), grup perusahaan Yanmar Co., Ltd. menjadi perusahaan pembuat peralatan pertanian Jepang pertama yang memperoleh sertifikasi “GLOBALG.A.P.” untuk budidaya hidroponik selada di Yanmar Green Farm, kota Ritto, Perfektur Shiga, Jepang. 

“GLOBALG.A.P.” merupakan sertifikasi yang diminta oleh perusahaan-perusahaan logistik besar ke para 
produsen, terutama di negara-negara barat.

Demikian pula di Jepang, pelembagaan pengendalian kebersihan yang disesuaikan dengan “HACCP” untuk mewujudkan “standarisasi internasional pengelolaan sanitasi pangan” sedang dipertimbangkan oleh Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

Yanmar Co., Ltd. adalah perusahaan pembuat peralatan pertanian Jepang yang pertama kali memperoleh “GLOBALG.A.P.”, sebuah sertifikasi yang mengangkat “keamanan pangan”, “pelestarian lingkungan”, dan 
“keselamatan kerja” ke dalam suatu standarisasi pengendalian proses produksi secara internasional.

Bahkan di Indonesia, dimana kesadaran akan keamanan pangan, pelestarian lingkungan, dan keselamatan kerja mengalami peningkatan karena pertumbunan ekonomi yang cepat, sertifikasi standar dunia ini diharapkan akan diperkenalkan di masa depan sebagai tanggung jawab sosial perusahaan.

Selain itu, Yanmar Symbiosis Co., Ltd., yang mengelola Yanmar Green Farm, telah didirikan dibawah Yanmar Grup pada bulan April 2014 dan pada bulan Oktober 2014 ditetapkan sebagai anak perusahaan khusus dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang saling peduli, dengan menyediakan lapangan kerja untuk penyandang disabilitas.

Di Ritto Center, Perfektur Shiga, Jepang, kami mengembangkan bisnis ini untuk meningkatkan kualitas hidup 
masyarakat sekitar melalui pertanian, seperti melakukan produksi dan penjualan hasil pertanian. Selada dari pusat hidroponik ini dikirim ke setiap fasilitas yang dioperasikan oleh Yanmar Co., Ltd. dan dijadikan salad di “Premium Marché OSAKA” yang merupakan kantin para karyawan Yanmar dan dibuka untuk umum pada akhir pekan.

Yanmar menawarkan sistem ICT “SMARTASSIST REMOTE” untuk mendukung efesiensi pekerjaan pertanian, dan layanan ini disertifikasi sebagai sistem yang direkomendasikan oleh “ASIAGAP” dan “JGAP” dari asosiasi GAP di Jepang.

Dengan diperolehnya sertifikasi “GLOBALG.A.P.”, Yanmar Co., Ltd. akan bekerja untuk mendukung berbagai layanan seperti keterbukaan informasi dan manajemen di bidang pertanian, yang dapat digunakan oleh petani dan perusahaan pertanian yang ingin memperoleh sertifikasi GAP di masa depan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

dr. Beatrix Isabella Tjahyana Dipl.AAAM, Founder & CEO BeArt Korean Skin Clinic menjelaskan perkembangan teknologi laser untuk perawatan kecantikan di Indonesia.

Selasa, 07 Mei 2024 - 23:43 WIB

Perawatan Kecantikan Dengan Laser, BeArt Korean Skin Clinic Hadirkan Metode Terbaru Dari Amerika

Salah satu jenis perawatan dengan metode laser yang menjadi populer dan diterapkan klinik BeArt yaitu dengan menggunakan mesin face lifting dari Amerika.

Pelatihan Membaca Nyaring di hadapan pustakawan, guru sekolah dan orang tua di Sumatera Utara

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:58 WIB

Pentingnya Teknik Membaca Nyaring Pada Anak Sejak Dini

Anak yang sering dibacakan nyaring dan diajak berbicara oleh ibu bapaknya secara tidak langsung membantu stimulasi kemampuan kognitifnya berkembang lewat suara.

PT Intiland Development Tbk (DILD)

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:45 WIB

BI Rate Naik, Intiland Harap Perbankan Gencar Jalin Kolaborasi dengan Pengembang

Bank Indonesia (BI) telah menaikan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 6,25%. Kenaikan BI Rate ini pastinya akan berdampak bunga kredit atau cicilan, meskipun berlangsung lama. Sekretaris…

Apresiasi kepada Mandiri Agen

Selasa, 07 Mei 2024 - 22:20 WIB

Komitmen Dorong Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Perkuat Peran Mandiri Agen

Sebagai bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, Bank Mandiri terus memperkuat peran Mandiri Agen dalam menyediakan akses layanan keuangan yang lebih…

Press conference Winter Concert yang digelar di Trans Snow World, Bintaro, Selasa 7 Mei 2024.

Selasa, 07 Mei 2024 - 21:45 WIB

Pertama di Indonesia, Winter Concert, Konser Musim Dingin Dengan Nuansa Salju Bakal Digelar Bulan Depan

Winter Concert di Trans Snow World Bintaro dimeriahkan oleh musisi internasional Color Me Badd, dan musisi Indonesia seperti The Groove featuring Tiara Effendy, Andien Aisyah dan Iwa K, serta…