Dukung Revitalisasi Sungai Citarum, South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 September 2018 - 07:26 WIB

South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop
South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - PT. South Pacific Viscose (PT SPV), sebuah perusahaan penghasil serat selulosa berbahan dasar kayu, kembali menunjukkan komitmen untuk mendukung program Citarum Harum. 

Perusahaan yang sudah beroperasi di Indonesia selama 35 tahun ini menggelar Journalist Workshop yang menekankan pada perkembangan program Citarum Harum, serta peran penting Industri dalam mendorong revitalisasi Sungai Citarum. Kegiatan bertajuk ”Environment Sustainability in Business Practice” ini diselenggarakan pada 19-20 September 2018 di Purwakarta. 

Hadir sebagai pemateri dalam acara ini, yaitu Rofi Alhanif, selaku Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman; Ravi Shanker, ketua Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen lndonesia (APSyFl); dan Prima Mayaningtyas, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

Head of Ccorporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib mengatakan, Program Citarum Harum yang diinisiasi pemerintah perlu dukungan berbagai pihak. Ia berharap, dengan kegiatan ini semakin banyak pihak yang berkontribusi aktif  dalam program Citarum Harum.

"Kami secara aktif memberikan dukungan kepada pemerintah, salah satunya dengan mengadakan Journalist Workshop untuk membantu rekan-rekan media mengenal lebih dekat topik pencemaran lingkungan serta membagikan penjelasan seputar pengendalian pencemaran yang dilakukan perusahaan di sekitar Sungai Citarum, seperti perusahaan kami. Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak pihak yang berkontribusi aktif untuk membantu merevitalisasi Sungai Citarum.” ujar Widi Nugroho Sahib Head of Ccorporate Affairs PT South Pacific Viscose. 

Materi bahasan dilengkapi dengan langkah-langkah strategis yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah di bawah naungan Koordinator Kementerian Bidang Kemaritiman dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

Pemaparan pengendalian pencemaran di Sungai Citarum juga dibahas dari sisi Industri dengan menyajikan penjelasan terkait pengelolaan emisi industri sesuai aturan yang berlaku saat ini, persyaratan standard baku mutu yang harus dicapai, hingga teknologi ramah lingkungan yang diterapkan. 

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki nilai sejarah yang penting bagi masyarakat. Sayangnya, pencemaran di sungai ini menjadikan Sungai Citarum sebagai sungai terkotor di dunia. 

Pemerintah melalui Peraturan Presiden RI Nomor 15 Tahun 2018 berinisiatif untuk menggalakan program nasional Citarum Harum guna merevitalisasi Sungai Citarum. Diharapkan melalui program ini, pencemaran pada Sungai Citarum dapat sepenuhnya teratasi pada tahun 2025.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…