Dukung Revitalisasi Sungai Citarum, South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop

Oleh : Hariyanto | Kamis, 20 September 2018 - 07:26 WIB

South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop
South Pasific Viscose Gelar Journalist Workshop

INDUSTRY.co.id - Purwakarta - PT. South Pacific Viscose (PT SPV), sebuah perusahaan penghasil serat selulosa berbahan dasar kayu, kembali menunjukkan komitmen untuk mendukung program Citarum Harum. 

Perusahaan yang sudah beroperasi di Indonesia selama 35 tahun ini menggelar Journalist Workshop yang menekankan pada perkembangan program Citarum Harum, serta peran penting Industri dalam mendorong revitalisasi Sungai Citarum. Kegiatan bertajuk ”Environment Sustainability in Business Practice” ini diselenggarakan pada 19-20 September 2018 di Purwakarta. 

Hadir sebagai pemateri dalam acara ini, yaitu Rofi Alhanif, selaku Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman; Ravi Shanker, ketua Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen lndonesia (APSyFl); dan Prima Mayaningtyas, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

Head of Ccorporate Affairs PT South Pacific Viscose, Widi Nugroho Sahib mengatakan, Program Citarum Harum yang diinisiasi pemerintah perlu dukungan berbagai pihak. Ia berharap, dengan kegiatan ini semakin banyak pihak yang berkontribusi aktif  dalam program Citarum Harum.

"Kami secara aktif memberikan dukungan kepada pemerintah, salah satunya dengan mengadakan Journalist Workshop untuk membantu rekan-rekan media mengenal lebih dekat topik pencemaran lingkungan serta membagikan penjelasan seputar pengendalian pencemaran yang dilakukan perusahaan di sekitar Sungai Citarum, seperti perusahaan kami. Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, semakin banyak pihak yang berkontribusi aktif untuk membantu merevitalisasi Sungai Citarum.” ujar Widi Nugroho Sahib Head of Ccorporate Affairs PT South Pacific Viscose. 

Materi bahasan dilengkapi dengan langkah-langkah strategis yang telah dan akan dilakukan oleh pemerintah di bawah naungan Koordinator Kementerian Bidang Kemaritiman dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat. 

Pemaparan pengendalian pencemaran di Sungai Citarum juga dibahas dari sisi Industri dengan menyajikan penjelasan terkait pengelolaan emisi industri sesuai aturan yang berlaku saat ini, persyaratan standard baku mutu yang harus dicapai, hingga teknologi ramah lingkungan yang diterapkan. 

Sungai Citarum merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat yang memiliki nilai sejarah yang penting bagi masyarakat. Sayangnya, pencemaran di sungai ini menjadikan Sungai Citarum sebagai sungai terkotor di dunia. 

Pemerintah melalui Peraturan Presiden RI Nomor 15 Tahun 2018 berinisiatif untuk menggalakan program nasional Citarum Harum guna merevitalisasi Sungai Citarum. Diharapkan melalui program ini, pencemaran pada Sungai Citarum dapat sepenuhnya teratasi pada tahun 2025.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Peningkatan Struktur Jalan di Pulau Nias

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:23 WIB

Tinjau Konektivitas Jalan di Pulau Nias, Presiden Jokowi: InsyaAllah Tahun Depan Sudah Rampung Semuanya

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi…