Joy Schools Ajarkan Kesejahteraan pada Anak Sekolah

Oleh : Ridwan | Jumat, 14 September 2018 - 17:20 WIB

Head of Corporate & Government Affairs Mondelez Indonesia Kharisma Fitriasari memberikan donasi alat olahraga secara simbolis kepada Abdul Rofiq selaku Kepala Sekolah SDN Bangka 03 Jakarta, dalam program Joy Schools
Head of Corporate & Government Affairs Mondelez Indonesia Kharisma Fitriasari memberikan donasi alat olahraga secara simbolis kepada Abdul Rofiq selaku Kepala Sekolah SDN Bangka 03 Jakarta, dalam program Joy Schools

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Status gizi beberapa Negara di kawasan Asia Tenggara masih terkendala pada masalah malnutrisi, tak terkecuali Indonesia. Indonesia sendiri menghadapi beban ganda yaitu malnutrisi serta obesitas yang masih cenderung tinggi.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 tercatat bahwa prevalensi kurus pada anak usia 5-12 tahun sebesar 11,2 persen, yang terdiri dari 4 persen sangat kurus dan 7,2 persen kurus. Sedangkan permasalahan kegemukan pada anak usia 5-12 tahun mencapai 18,8 persen, yaitu 10,8 persen gemuk dan 8,8 persen obesitas.

Khrisma Fitriasari, Head of Corporate and Government Affairs Mondelez Indonesia menjelaskan bahwa permasalahan gizi anak sekolah di Indonesia masih memerlukan perhatian dari berbagai pihak. Anak sekolah membutuhkan energi yang besar untuk masa pertumbuhan dan aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, lanjutnya, mereka memerlukan asupan nutrisi yang tepat untuk membantu masa pertumbuhan serta memaksimalkan proses pembelajaran.

“Melihat pada status gizi anak Indonesia, Mondelez International melalui program Joy Schools berkomitmen untuk memberdayakan anak sekolah untuk mengambil langkah-langkah positif dalam menjaga kesejahteraan mereka. Dalam kurun waktu 2 tahun, program Joy Schools telah sukses meningkatkan pemahaman para siswa SDN Bangka 03 Jakarta terhadap pentingnya sarapan sebesar 21 persen bila dibandingkan tahun lalu,” ungkap Khrisma di Jakarta (14/9/2018).

Joy Schools sebagai program kemitraan komunitas berfokus pada 3 area. Pertama adalah edukasi nutrisi dimana Joy Schools mengajarkan kebiasaan sarapan pagi dengan memberikan makanan tambahan bergizi 3 kali dalam seminggu.

Kedua, akses pada makanan sehat dengan cara mengajak para siswa untuk berkebun dan menanam tanaman segar di halaman sekolah sehingga para siswa bisa mendapatkan manfaat dari berkebun. Ketiga adalah aktivitas fisik yang mempromosikan beragam permainan kreatif melalui berbagai kreasi atau donasi alat-alat olah raga.

Program Joy Schools bekerja sama dengan Yayasan Emmanuel dan berkolaborasi dengan Kementerian Pendidikan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kesehatan tingkat propinsi DKI Jakarta. Program berkelanjutan dari Mondelez International ini telah bermitra dengan 5 sekolah di 3 lokasi, yaitu Jakarta (SDN Bangka 03, SDN Bangka 07, dan SDN Pancoran 08), Bandung (SDN Cigugur Tengah), dan Cikarang (SDN Wangun Harja 02).

Di Indonesia, program Joy Schools telah melibatkan 247 karyawan sebagai relawan dengan total kegiatan program mencapai 1.011 jam. Selain di Indonesia, program Joy Schools telah diimplementasikan di Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam serta memberikan dampak positif kepada 11.500 siswa sekolah.

Terinspirasi dari program Joy Schools, kali ini KRAFT turut berpartisipasi melalui “KRAFT Berbagi Kreasi”, sebuah aktifitas digital oleh KRAFT yang mengonversi setiap resep yang diunggah menjadi 5 buah buku. Sekitar 1.200 buku akan disumbangkan untuk anak sekolah dalam program Joy Schools.

“Kami berharap program Joy School bisa mendapat respon yang baik serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan kebiasaan hidup sehat dan status gizi anak sekolah di Indonesia. Di masa mendatang kami optimis untuk keberlanjutan program serta dapat bermitra dengan sekolah di wilayah lainnya di Indonesia,” tutup Khrisma.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.