Semen Padang Hasilkan Inovasi Semen Cepat Kering

Oleh : Herry Barus | Jumat, 14 September 2018 - 14:00 WIB

PT Semen Padang
PT Semen Padang

INDUSTRY.co.id - Padang- PT Semen Padang melakukan inovasi produk untuk meningkatkan penjualan dan menaklukkan ketatnya persaingan pasar di Tanah Air dengan mengembangkan semen yang lebih cepat kering.

"Salah satu inovasi yang saat ini dihasilkan adalah semen cepat kering sehingga waktu pengerjaan konstruksi lebih cepat," kata Direktur Utama PT Semen Padang Yosviandri di Padang, Sumatera Barat, Kamis  (13/9/2018)

Ia mengatakan formulasi semen cepat kering tersebut telah dipakai pada pembangunan jembatan dan jalan di Sumbar dan dalam waktu beberapa hari sudah kering sehingga lebih hemat waktu.

"Jadi  kalau ada proyek konstruksi yang waktunya tiga bulan, cukup satu bulan saja pengerjaan sehingga hemat waktu dan biaya dua bulan," katanya.

Selain melakukan inovasi PT Semen Padang juga terus melakukan efisiensi pada berbagai bidang.

"Kalau tidak bisa bersaing secara harga di pasar, salah satu caranya adalah mempertahankan harga dengan meningkatkan efisiensi," kata dia.

Bahkan, lanjutnya saat ini untuk perjalanan dinas ke luar provinsi pihaknya memilih memakai maskapai yang murah.

"Kalau sebelumnya dinas naik Garuda sekarang cukup maskapai Sriwijaya  yang dibutuhkan adalah sampai di lokasi dengan selamat bukan gengsi," katanya.

Selain itu pihaknya juga mengefisienkan penggunaan listrik, batu bara hingga lembur karyawan.

Ia menyampaikan pada 2018 Semen Padang memasang target penjualan sebesar 8,3 juta ton dan hingga Agustus sudah terjual sebanyak lima juta ton.

"Hingga saat ini penjualan cukup bagus, kami optimis dalam empat bukan ke depan target penjualan bisa tercapai apalagi di beberapa bulan terakhir polanya banyak yang mengerjakan proyek fisik," ujarnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani Ilustrasi (ist)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 13:34 WIB

Januari 2020, Daya Beli Petani Meningkat

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis Nilai Tukar Petani (NTP) dan Nilai Tukar Usaha Pertanian (NTUP) pada awal tahun 2020 meningkat. Tercatat Januari 2020, NTP sebesar 104,27, meningkat 0,84…

Ilustrasi Makanan Sehat, Buah dan Sayur-sayuran (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 13:29 WIB

Pemuda Harus Manfaatkan Pertanian di Era Modern

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memberikan kuliah umum bertema pertanian maju, mandiri, dan modern di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), Medan, Sumatera Utara, Jumat…

Bank DKI dan BPD se Indonesia melaksanakan seminar peningkatan program pembangunan daerah

Sabtu, 22 Februari 2020 - 13:14 WIB

Tanpa Teknologi, Subsidi Pangan dan Pendidikan Tak Tepat Sasaran

Bank DKI bertransformasi teknologi sejak 2007 silam. Bertujuan mendigitalisasi perbankan agar memudahkan transaksi secara cashless di masyarakat. Tentunya tingkat sangat membantu program pemerintah…

Industri Kerajinan Nasional Masuki Pasar Jerman

Sabtu, 22 Februari 2020 - 13:00 WIB

Industri Kerajinan Nasional Masuki Pasar Jerman

Program Kemitraan PT DAHANA (Persero) membuahkan hasil manis. Salah satu UMKM Mitra Binaan yang bergerak di bidang handycraft berhasil mengekspor kerajinannya ke Jerman. Acara pelepasan ekspor…

Ilustrasi Rokok (Ist)

Sabtu, 22 Februari 2020 - 12:51 WIB

Industri Tembakau Meradang, Gapero: Investasi Rokok bukan Investasi Sembarangan

Pelaku industri hasil tembakau atau Gabungan Pabrik Rokok (Gapero) mempertanyakan kebijakan Pemerintah soal kenaikan Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar 23 persen dan Harga Jual Eceran (HJE)…