Pemerintah Kembali Resmikan Dua SPBU di Provinsi Papua, BBM Satu Harga Mencapai 79 Titik

Oleh : Hariyanto | Senin, 10 September 2018 - 11:30 WIB

Ilustrasi SPBU (Ist)
Ilustrasi SPBU (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jayawijaya - Dua lembaga penyalur BBM Satu Harga kembali diresmikan Pemerintah, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kompak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya dan SPBU Kompak Bokondini di Kabupaten Tolikara, Provinsi Papua.

Masyarakat yang sebelumnya membeli BBM dengan harga Rp 50.000 hingga Rp 70.000 per liter kini dapat menikmati harga yang sama seperti di wilayah lain, yakni Rp 5.150/liter untuk bahan bakar jenis Solar dan Rp 6.450/liter untuk Premium.

Dengan tambahan beroperasinya dua SPBU ini, maka program BBM Satu Harga sudah sampai di titik ke-79. Sebelumnya di 2017, telah dibangun 57 penyalur. Pada tahun 2018 ini, sebanyak 73 lembaga penyalur akan dibangun Pemerintah. Jumlah tersebut terbagi menjadi 67 disediakan oleh Pertamina dan 6 dibangun oleh AKR.

"Angka itu (titik BBM Satu Harga) akan kita terus kejar agar masyarakat di semua daerah bisa menikmati BBM Satu Harga," ujar Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM, Yuli Rachwati dalam sambutannya pada peresmian yang dipusatkan di SPBU Kompak di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (8/9/2018).

Kehadiran SPBU Kompak di pegunungan tengah Papua disambut baik oleh masyarakat Wamena dan Bokodini. Diungkapkan Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, masyarakat yang mendiami pegunungan tengah Papua kini terbantu dengan hadirnya lembaga penyalur BBM Satu Harga di wilayah mereka.

"Tadinya warga membeli BBM dengan harga Rp 50.000 - Rp 70.000 per liter. Dengan mudahnya akses bahan bakar bagi masyarakat, geliat perekonomian masyarakat juga menjadi lebih subur. Harapan kedepannya, kuota BBM untuk wilayah Wamena dapat ditinjau kembali, mengingat pegunungan tengah Papua menjadikan titik ini sebagai pusat perekonomian," ujar Wempi.

Senada dengan Bupati Jayawijaya, Staf Ahli Bupati Tolikara Edie Rante Tasak yang hadir pada kesempatan tersebut, mengungkapkan harapannya terkait pertumbuhan ekonomi pegunungan tengah Papua yang salah satunya ditandai dengan kehadiran BBM Satu Harga ini.

"Saat ini jalur lintas Papua tengah dibangun, beberapa tahun ke depan, dari satu wilayah ke wilayah lainnya bisa menggunakan perjalanan darat. Besar harapan jika Pemerintah pusat terus memperhatikan perkembangan daerah Tolikara," imbuh Edie mewakili Bupati Tolikara.

Peresmian kedua SPBU tersebut ditandai dengan pengisian BBM pada kendaraan bermotor oleh Yuli Rachwati bersama Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, Staf Ahli Bupati Tolikara Edie Rante Tasak, dan Manager Communication and Relation Wilayah Maluku-Papua PT Pertamina (Persero) Eko Kristiawan dengan disaksikan jajaran TNI dan Polri, pemilik SPBU Kompak Bokondini, pemilik SPBU Kompak Wamena serta tokoh masyarakat di Kabupaten Jayawijaya. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…