Selama Kunjungan Kerja ke Vietnam, Presiden Jokowi akan Pantau Ekspor Otomotif

Oleh : Herrry Barus | Jumat, 07 September 2018 - 16:30 WIB

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Presiden Toyota Motor Asia Pasific (TMAP) Susumu Matsuda saat acara Realization Over 1 Million CBU Export PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN) (Foto: Dok.
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Presiden Toyota Motor Asia Pasific (TMAP) Susumu Matsuda saat acara Realization Over 1 Million CBU Export PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (PT TMMIN) (Foto: Dok.

INDUSTRY.co.id - Bogor - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan, dalam kunjungan ke Vietnam Presiden Joko Widodo akan memantau pelaksanaan ekspor otomotif Indonesia ke negara itu berdasar aturan baru di negara tersebut.

"Fokusnya adalah penguatan ekspor dan perlindungan investor-investor Indonesia di Vietnam," kata Menlu di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018) .

Menlu menjelaskan untuk masalah ekspor, Presiden Jokowi pada awal 2018 pernah bertemu dengan dengan PM Vietnam khusus membahas mengenai ekspor otomotif Indonesia ke Vietnam yang saat itu ada gangguan.

 "Presiden akan memantau sejauh mana implementasi aturan baru dan ekspor otomotif Indonesia apakah sudah jalan lebih baik," katanya.

 Ia menjelaskan kunjungan kenegaraan di Vietnam merupakan undangan yang sudah cukup lama yang disampaikan oleh Pemerintah Vietnam.

"Kunjungan ke Hanoi sebenarnya ada dua tujuan, selain kunjungan kenegaraan, Presiden juga akan hadir dalam World Economic Forum  ASEAN," katanya.

 Ia menyebutkan Vietnam memiliki jumlah penduduk yang cukup besar yaitu lebih dari 95 juta dengan golongan menengah dan anak muda cukup banyak sehingga memiliki potensi besar bekerja sama dengan Indonesia.

"Kerja sama ekonomi merupakan fokus kunjungan presiden ke Vietnam, termasuk penguatan-penguatan investasi Indonesia yang sudah ada di Vietnam.  Presiden ingin memastikan investor Indonesia di sana juga mendapat perhatian dari Pemerintah Vietnam," katanya.

Ia menyebutkan kunjungan ke Vietnam akan dilakukan setelah kunjungan ke Korea Selatan pada 9-11 September 2018.

Mengenai kunjungan ke Korsel,  Menlu mengatakan selain merupakan kunjungan kenengaraan,  juga merupakan kunjungan balasan Presiden Korsel pada Oktober 2017.

Pada saat yang sama kedua negara memperingati 45 tahun hubungan diplomatik."Pemimpin kedua negara memiliki hubungan yang sangat baik sebagai awal yang baik untuk meningkatkan kerja sama di tengah ketidakpastian kondisi perekonomian global," katanya.

 Ia menyebutkan volume perdagangan dan investasi kedua negara meningkat 12 persen dan investasi Korsel di Indonesia masuk 10 besar.  

Menurut Menlu Indonesia juga terus mendorong perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea.  "Pada 18 September ada KTT InterKorea di Pyongyang,  Indonesia terus memberikan dukungan atas perdamain di kawasan Korea," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seorang pekerja sedang mengawasi conveyer batu bara PT Gunung Bara Utama, anak usaha PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). (Foto istimewa TRAM)

Kamis, 02 April 2020 - 11:20 WIB

Bos-Bos Pelaku Industri Batubara Sumbang Rp540 miliar untuk Penanggulangan Covid-19 di Indonesia

"Adapun donasi yang disumbangkan oleh perusahaan-perusahaan pertambangan batubara yang tergabung dalam APBI, selain sumbangan dari Adaro sebanyak Rp20 miliar, Bakrie Group (PT KPC & PT Arutmin…

Sri Mulyani

Kamis, 02 April 2020 - 11:05 WIB

Lihat, Betapa Pusingnya Sri Mulyani Hadapi Virus Corona

Pemerintah semakin waswas dengan penyebaran virus corona yang kian massif. Pemerintah pun menyampaikan skenario terburuk yang akan dialami jika pandemi asal Wuhan ini terus berlanjut. Menteri…

Antaraja Gratiskan Ongkir Pengiriman Perlengkapan Kesehatan

Kamis, 02 April 2020 - 11:00 WIB

Antaraja Gratiskan Ongkir Pengiriman Perlengkapan Kesehatan

Anteraja, perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi di bawah PT Tri Adi Bersama menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona…

Gratis Tarif Listrik ditengah Pandemi Corona

Kamis, 02 April 2020 - 10:18 WIB

Soal Stimulus Tarif Listrik, Dirjen ESDM: Berapun Pakainya ya Gratis, Tidak Bayar

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, keringanan tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan…

PT Anabatic Technologies Tbk Dukung Pemkot Tangerang Bangun Ruang Isolasi

Kamis, 02 April 2020 - 10:14 WIB

PT Anabatic Technologies Tbk Dukung Pemkot Tangerang Bangun Ruang Isolasi

PT Anabatic Technologies Tbk menyambut baik dan siap mendukung rencana Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membangun ruang isolasi khusus pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan yang…