Gencar Lakukan Ekspansi, Panca Budi Idaman Bangun Dua Pabrik Baru

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 September 2018 - 13:19 WIB

PT Panca Budi Idaman
PT Panca Budi Idaman

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) mulai gencar ekspansi dengan mengerjakan dua proyek pembangunan pabrik baru menjelang akhir tahun 2018. Dana yang disiapkan kurang lebih Rp 100 miliar yang termasuk dalam anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 200 hingga Rp 215 miliar. 

Hingga saat ini, dana yang telah dikeluarkan sekitar Rp 70 sampai Rp 80 miliar, antara lain untuk proses pembebasan lahan, penambahan gudang, dan inden mesin baru yang dipesan dari Eropa.

"Saat ini, proyek peningkatan kapasitas pabrik di Pemalang masih dalam proses legalisasi dan cek sertifikat tanah. Kalau sudah ready, pembangunan berkisar 6 hingga 12 bulan," kata Direktur Panca Budi, Tan Hendra kepada pers di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Tahun depan, proyek senilai Rp 75 miliar tersebut akan menambah kapasitas terpasang menjadi 37.000 ton per tahun. Untuk beroperasi dengan kapasitas penuh, dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 tahun pada lahan tambahan seluas 10 sampai 15 hektare (ha).

Sementara itu, nilai investasi pabrik baru di Johor Bahru, Malaysia untuk line 1 mencapai Rp 120 miliar termasuk pembelian mesin senilai EUR 1,3 juta.

Pabrik tersebut nantinya akan menambah volume produksi produk heavy duty sack atau kantong resin untuk biji besi yang selama ini telah mulai diproduksi pada pabrik Cilegon. Baru-baru ini, perseroan merealisasikan akuisisi pabrik di Johor Bahru, Malaysia senilai RM 5,5 juta.

Ditambah dengan penambahan mesin dan peralatan, perseroan menggelontorkan sekitar Rp 40 hingga Rp 50 miliar untuk pabrik tersebut, perseroan melakukan penyertaan dalam 549.998 saham baru pada Penta Packaging Solution Sdn Bhd (PPS) senilai 549.999 sehingga secara struktural menjadi anak usaha perseroan. Selanjutnya, PPS menandatangani pembelian pabrik dari Sanden International Sdn Bhd seluas 1,21 ha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika mewakili Presiden Joko Widodo pada acara pembukaan Rapat Pimpinan Nasional Gabungan Pengusaha Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI)

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:06 WIB

Buka Rapim Gapensi, Menperin Sebut Industri Pendukung Jasa Konstruksi Masih Prospektif

Industri pendukung jasa konstruksi dinilai masih memiliki prospek bisnis yang cukup besar ke depannya, seiring gencarnya program pembangunan infrastruktur di dalam negeri.

Launching I Konser yang hadir di Indihome

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:23 WIB

Indihome Sediakan i Konser Gaet Penikmat Musik

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand IndiHome terus berupaya menyediakan produk dan layanan yang berkualitas bagi seluruh segmen pelanggannya.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (Tengah)

Rabu, 29 Januari 2020 - 16:00 WIB

Lampaui Target, Realisasi Investasi Tahun 2019 Tembus 800 Triliun

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyampaikan pencapaian realisasi investasi periode Triwulan IV (Oktober-Desember) 2019 sebesar Rp 208,3 triliun, meningkat 12…

Check Point Software Technologies Ltd

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:25 WIB

Check Point Software Launches New Global Partner Program to Accelerate and Scale Channel Success

Check Point® Software Technologies Ltd, a leading provider of cyber security solutions, today announced the launch of its new global partner program. Developed in close consultation with hundreds…

Petani jagung

Rabu, 29 Januari 2020 - 15:24 WIB

Kementan Kawal Gerakan Pengendalian Spodoptera Frugiperda

Bulan Januari ini merupakan masa panen jagung di Kabupaten Gowa. Aktivitas memetik jagung yang telah menguning terlihat di berbagai wilayah. Tak terkecuali di Desa Sengka, Kecamatan Bontonompo…