Gencar Lakukan Ekspansi, Panca Budi Idaman Bangun Dua Pabrik Baru

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 September 2018 - 13:19 WIB

PT Panca Budi Idaman
PT Panca Budi Idaman

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Panca Budi Idaman Tbk (PBID) mulai gencar ekspansi dengan mengerjakan dua proyek pembangunan pabrik baru menjelang akhir tahun 2018. Dana yang disiapkan kurang lebih Rp 100 miliar yang termasuk dalam anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 200 hingga Rp 215 miliar. 

Hingga saat ini, dana yang telah dikeluarkan sekitar Rp 70 sampai Rp 80 miliar, antara lain untuk proses pembebasan lahan, penambahan gudang, dan inden mesin baru yang dipesan dari Eropa.

"Saat ini, proyek peningkatan kapasitas pabrik di Pemalang masih dalam proses legalisasi dan cek sertifikat tanah. Kalau sudah ready, pembangunan berkisar 6 hingga 12 bulan," kata Direktur Panca Budi, Tan Hendra kepada pers di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Tahun depan, proyek senilai Rp 75 miliar tersebut akan menambah kapasitas terpasang menjadi 37.000 ton per tahun. Untuk beroperasi dengan kapasitas penuh, dibutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 tahun pada lahan tambahan seluas 10 sampai 15 hektare (ha).

Sementara itu, nilai investasi pabrik baru di Johor Bahru, Malaysia untuk line 1 mencapai Rp 120 miliar termasuk pembelian mesin senilai EUR 1,3 juta.

Pabrik tersebut nantinya akan menambah volume produksi produk heavy duty sack atau kantong resin untuk biji besi yang selama ini telah mulai diproduksi pada pabrik Cilegon. Baru-baru ini, perseroan merealisasikan akuisisi pabrik di Johor Bahru, Malaysia senilai RM 5,5 juta.

Ditambah dengan penambahan mesin dan peralatan, perseroan menggelontorkan sekitar Rp 40 hingga Rp 50 miliar untuk pabrik tersebut, perseroan melakukan penyertaan dalam 549.998 saham baru pada Penta Packaging Solution Sdn Bhd (PPS) senilai 549.999 sehingga secara struktural menjadi anak usaha perseroan. Selanjutnya, PPS menandatangani pembelian pabrik dari Sanden International Sdn Bhd seluas 1,21 ha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

63 tahun astra berkarya bagi negeri

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:43 WIB

63 Tahun Perjalanan PT Astra Internasional Tbk Berbakti bagi Negeri

PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama awal Astra International Inc. Pada tahun 1990, Astra International Inc…

Prijono Sugiharto Dirut Astra Internasional

Jumat, 21 Februari 2020 - 22:01 WIB

Prijono Bos Astra: 63 Tahun Astra Kobarkan Gerakan Kurangi Plastik

Kami mengajak seluruh karyawan Astra dan masyarakat luas untuk semakin peduli tentang bahaya sampah plastik sekali pakai. Melalui partisipasi manajemen, karyawan, dan masyarakat, kami berharap…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ketika menghadiri peresmian fasilitas produksi viscose rayon PT Asia Pacific Rayon (APR) di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau

Jumat, 21 Februari 2020 - 20:30 WIB

Bahan Baku Terpenuhi, Menperin Genjot Industri TPT Nasional

Industri tekstil dan produk tesktil (TPT) diyakini akan semakin tumbuh berkembang dengan ketersediaan bahan baku dari dalam negeri.

Samsung Galaxy Z Flip

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:29 WIB

Samsung Kenalkan Smartphone Layar Lipat Terbaru, Galaxy Z Flip

Saat dilipat, Galaxy Z Flip tampil nyaman dalam genggaman, serta mudah disimpan. Ketika dibuka, layar berukuran hampir dua kali lipat – menampilkan layar 6.7 inci.

Kerjasama Penyediaan Produk Beton dan Jasa Konstruksi untuk Pembangunan dan Pemeliharaan Bangunan serta Fasilitas Pendukung di Area Bandara

Jumat, 21 Februari 2020 - 19:22 WIB

Angkasa Pura Properti dan Waskita Beton PrecastTandatangani Kerjasama Pembangunan dan Pemeliharaan Area Bandara

Jakarta-Sinergi anak usaha BUMN dalam pembangunan dan pemeliharaan area bandar udara dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti, anak usaha dari pengelola bandara PT Angkasa Pura I (Persero), dan…