Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri, Indo Tambangraya Megah Akan Transfer Kuota Batubara

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 September 2018 - 13:09 WIB

Tambang Batubara (ist)
Tambang Batubara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) tengah melakukan diskusi dengan mitra terkait rencana pemenuhan kebutuhan dalam negeri (DMO) batubara.

"Adapun mekanisme yang sedang dinegosiasikan adalah kemungkinan tansfer kuota batubara," ujar manajemen dikutip dari keterbukaan informasi BEI pada Selasa (4/9/2018).

Perusahaan mengestimasikan pada kuartal IV 2018 atau paling lambat kuartal I 2019 akan dilakukan evaluasi terhadap pemenuhan kewajiban DMO, bersamaan dengan telah difinalisasikan rencana tersebut. 

Kewajiban DMO yang telah dijalankan oleh perseroan sampai dengan semester pertama tahun ini sekitar 11%. Saat ini, masih terdapat kekurangan sekitar 14% dari kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menyoal permintaan dari China, perseroan masih optimiistis dengan potensi permintaan tersebut karena jumlah permintaannya sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan internal, China hanya mengimpor 5% dari total batubara yang dikonsumsi.

"Jadi, kami masih melihat adanya potensi permintaan dari China terlepas adanya informasi mengenai penurunan untuk konsumsi batubara tersebut," tuturnya.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi China, secara persentase penggunaan batubara pada pembangkit listrik di China akan menurun, tetapi secara absolute amount bakal naik.

Hingga akhir tahun ini, perseroan optimistis dapat menjual 100% batubara. Keoptimisan tersebut didukung dengan pasar baru ke Vietnam di mana penjualan pertama sebanyak 700.000 ton yang sudah dibukukan pada kinerja kuartal II 2018.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir (Jawapos)

Senin, 06 April 2020 - 06:00 WIB

Menteri BUMN Petakan Langkah Strategis Jaga Perekonomian di Tengah Pandemi

Menteri BUMN Erick Thohir berkomitmen menjaga daya tahan BUMN dalam menghadapi dampak ekonomi dari adanya Covid-19. Erick tak menampik pandemi Covid-19 juga akan berimbas pada kinerja perusahaan-perusahaan…

Gerakan Pembersihan Pesantren dan Sekolah Dimulai

Senin, 06 April 2020 - 05:45 WIB

Gerakan Pembersihan Pesantren dan Sekolah Dimulai

Gerakan pembersihan dan penyemprotann disinfektan di sejumlah pesantren, sekolah, dan rumah ibadah dimulai. Ini sesuai dengan arahan Wakil Presiden Republik Indoneisa, Prof Dr KH Ma'ruf Amin.

Pernikahan (Foto Dok Ist)

Senin, 06 April 2020 - 05:30 WIB

2.427 Calon Pengantin Daftar Nikah Lewat Online

Kasubdit Mutu Sarana Prasana dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam, Anwar Saadi, mengatakan bahwa sampai sore ini, lebih 2.400 catin yang mendaftar.

Menteri Agama Fachrul Razi

Senin, 06 April 2020 - 05:30 WIB

Menag Minta Dilakukan Percepatan Pembayaran dan Pendistribusian Zakat

"Saya sudah siapkan edaran untuk pimpinan Baznas, pusat hingga daerah, LAZ, Forum Zakat, BWI, dan LKS-PWU. Saya minta mereka melakukan percepatan pembayaran dan pendistribusian zakat, serta…

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Senin, 06 April 2020 - 04:45 WIB

Kasdim 1707/Merauke Tinjau Pembangunan TMMD Ke-107 di Kampung Epem

Kepala Staf Kodim 1707/Merauke Mayor Inf Abdul Hadi S.Sos melaksanakan peninjauan pembangunan rumah masyarakat di Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, yang sedang…