Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri, Indo Tambangraya Megah Akan Transfer Kuota Batubara

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 September 2018 - 13:09 WIB

Tambang Batubara (ist)
Tambang Batubara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) tengah melakukan diskusi dengan mitra terkait rencana pemenuhan kebutuhan dalam negeri (DMO) batubara.

"Adapun mekanisme yang sedang dinegosiasikan adalah kemungkinan tansfer kuota batubara," ujar manajemen dikutip dari keterbukaan informasi BEI pada Selasa (4/9/2018).

Perusahaan mengestimasikan pada kuartal IV 2018 atau paling lambat kuartal I 2019 akan dilakukan evaluasi terhadap pemenuhan kewajiban DMO, bersamaan dengan telah difinalisasikan rencana tersebut. 

Kewajiban DMO yang telah dijalankan oleh perseroan sampai dengan semester pertama tahun ini sekitar 11%. Saat ini, masih terdapat kekurangan sekitar 14% dari kewajiban yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menyoal permintaan dari China, perseroan masih optimiistis dengan potensi permintaan tersebut karena jumlah permintaannya sangat besar. Untuk memenuhi kebutuhan internal, China hanya mengimpor 5% dari total batubara yang dikonsumsi.

"Jadi, kami masih melihat adanya potensi permintaan dari China terlepas adanya informasi mengenai penurunan untuk konsumsi batubara tersebut," tuturnya.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi China, secara persentase penggunaan batubara pada pembangkit listrik di China akan menurun, tetapi secara absolute amount bakal naik.

Hingga akhir tahun ini, perseroan optimistis dapat menjual 100% batubara. Keoptimisan tersebut didukung dengan pasar baru ke Vietnam di mana penjualan pertama sebanyak 700.000 ton yang sudah dibukukan pada kinerja kuartal II 2018.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Januari 2020 - 08:11 WIB

Ini Saham-saham Pilihan Hari Ini

IHSG saat ini masih terlihat berada dalam rentang konsolidasi wajar ditengah gejolak market global maupun regional, peluang kenaikan masih cukup besar. IHSG akan berada di level 6202 - 6378.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Januari 2020 - 07:58 WIB

Awal Pekan IHSG Cenderung Tertahan

Secara teknikal IHSG masih terus terkonsolidasi diarea support line Moving Average 200 hari. Pola chart pada medium term membentuk pola double top apabila break out level neckline di kisaran…

Olah Raga Bersama Prajurit Kolatmar Dalam Rangka HUT ke 43 Kolatmar 2020

Senin, 27 Januari 2020 - 04:34 WIB

Olah Raga Bersama Prajurit Kolatmar Dalam Rangka HUT ke 43 Kolatmar 2020

HUT ke 43 Kolatmar, seluruh prajurit Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) mengikuti olahraga senam bersama Komandan Kolatmar Kolonel Marinir Suliono, S.E. beserta Ketua Cabang 5 Jalasenastri…

Prajurit Kostrad Ajak Anak-Anak Perbatasan Minum Susu

Senin, 27 Januari 2020 - 04:09 WIB

Prajurit Kostrad Ajak Anak-Anak Perbatasan Minum Susu

Dalam rangka memperingati Hari Gizi dan Makanan yang diperingati setiap tanggal 25 Januari, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/Pdw Kostrad Pos Kondo mengajak anak-anak di perbatasan RI-PNG minum…

herbalife

Minggu, 26 Januari 2020 - 22:58 WIB

15.000 Member Independen Herbalife Hadiri Spectacular 2020

Tangerang Selatan- Herbalife Nutrition Indonesia baru saja mengakhiri event besarnya, yaitu Herbalife Spectacular 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Event…