MUI: Tradisi Kaili Sambut Idul Adha Tak Bertentangan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Agustus 2018 - 18:34 WIB

Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)
Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) (news.liputan6.com)

INDUSTRY.co.id - Palu- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu, Sulawesi Tengah, menilai tradisi yang dilakukan masyarakat Kaili dalam penyambutan perayaan hari besar Islam seperti Idul Adha, tidak bertentangan dengan anjuran Islam.

"Umumnya, tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh Suku Kaili seperti Kaili Ledo di Lembah Palu dan Sigi untuk menyambut Idul Fitri dan Idul Adha, merupakani bentuk syukuran atau pemanjatan doa kepada Allah atas nikmat yang diberikan hingga bertemu dengan hari tersebut," ucap Ketua MUI Kota Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg, terkait momentum idul adha, di Palu, Senin (20/8/2018)

Salah satu tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh Suku Kaili yaitu "molabe"(memanjatkan doa kepada Allah) atau ungkapan rasa syukur dengan proses menyiapkan talang besar berisikan makanan yang oleh Suku Kaili disebut Bakii.

Makanan dalam Baki itu antara lain, kalopa atau beras pulut yang telah masak kemudian dibungkus dengan daun kelapa satu piring, air putih satu gelas, pisang masak satu sisir, dan olahan daging sepiring kecil.

Bakii itu diletakkan di depan orang yang akan membaca doa syukuran dan keselamatan, biasanya warga Suku Kaili mengundang imam masjid untuk membacakan doa syukuran atau keselamatan. Molabe biasanya dilakukan sehari sebelum Idul Adha, bertepatan hari idul adha dan sehari setelah idul adha.

Pada puncak Idul Adha, setelah shalat biasanya molabe dilakukan sekaligus tahlil di masjid, kemudian saling memaafkan.

Dalam tradisi mereka kemudian juga berziarah ke makam keluarga untuk menyiram makam sekaligus membaca doa/tahlil.

"Tradisi ini baik, tidak bertentangan dengan ajaran Islam dan perlu dipertahankan," kata  Prof Dr H Zainal Abidin MAg.

Apa yang dibaca di dalam tahlil merupakan ayat-ayat suci Alquran dan zikir kepada Allah.

Tahlil, bagi Suku Kaili di Kelurahan Petobo dimaksudkan untuk mengirim doa kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa untuk keselamatan buat orang-orang yang telah meninggal dunia.  "Ini menunjukkan hubungan persaudaraan bukan hanya dilakukan pada saat masih hidup, tapi juga setelah wafat," sebut Dewan Pakar Pengurus Besar Alkhairaat itu. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50 WIB

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Dunia teknologi terus berkembang, tidak ada batasan yang mampu menghambatnya. Begitupun dalam bidang smartphone, khususnya kamera. Semakin ke sini, orang semakin membutuhkan smartphone dengan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…