Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Oleh : Hariyanto | Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)
PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

Corporate Secretary PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS), Swasti Kartikaningtyas mengatakan, tren penggunaan bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan akan semakin berkembang ke depannya. 

"Karena itu, perusahaan menyadari perlunya membangun industri kelistrikan yang bersumber dari EBT," kata Swasti kepada pers di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Di samping itu, ekspansi ke sektor Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM) mendukung industri kelapa sawit sebagai solusi ekonomi yang berkelanjutan. Pasalnya, produk hilir tidak hanya terbatas kepada minyak kelapa sawit atau CPO saja.

"Spiritnya ialah bagaimana sawit bisa memberikan nilai lebih, sehingga kami bermaksud mengembangkan listrik biomassa," ungkap Swasti.

Saat ini, SSMS baru saja mengoperasikan 1 pabrik PLTBM, dan akan menjalankan 1 pabrik lagi dalam 3 bulan ke depan. Kapasitas daya masing-masing PLTBM sekitar 2 MW dengan kebutuhan investasi US$4 juta hingga US$5 juta per pabrik.

Dalam jangka panjang, 3 tahun hingga 4 tahun ke depan, lanjut Swasti, SSMS berencana mengembangkan 5 pabrik PLTBM. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan dana berkisar US$20 juta sampai dengan US$25 juta.

"Kami sedang menjajaki kemungkinan kerjasama investasinya dengan investor potensial untuk masuk ke PLTBM," ujarnya. (imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Paddle Board Yoga di Tanjung Lesung

Minggu, 15 Desember 2019 - 12:02 WIB

BWJ Hadirkan Road to Bodur Fest 2020, Suguhkan Aktivitas Olahraga Outdoor Hingga Makanan Sehat

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung terus melakukan berbagai upaya untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, salah satunya…

Managing Director PT BWJ, Rully Lasahido (Hariyanto/Hariyanto)

Minggu, 15 Desember 2019 - 10:01 WIB

Experience Tanjung Lesung, Gebrak Sektor Pariwisata Banten

PT Banten West Java (BWJ) selaku pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung kembali membuat gebrakan di akhir tahun ini dengan meluncurkan produk layanan digital bernama Experience…

Anab Afifi, Penulis Buku dan CEO Boston Price Asia

Minggu, 15 Desember 2019 - 08:46 WIB

Bung Nadiem, Ketahuilah Tanpa Penghafal Dunia Kiamat!

Bung Nadiem, Anda perlu menengok kembali sejarah peradaban leluhur Anda. Anda telah mewarisi DNA leluhur Anda para penghafal hebat itu. Karena itulah, Anda bisa jadi sehebat sekarang ini.

Ketua MPR Bsmbang Soesatyo

Minggu, 15 Desember 2019 - 06:00 WIB

Generasi Milenial Merupakan Generator serta Kreator Kemajuan Bangsa

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (bamsoet) menegaskan generasi milenial merupakan generator sekaligus kreator kemajuan bangsa. Karenanya harus menjadi subjek dan tujuan pembangunan dalam kerangka…

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Minggu, 15 Desember 2019 - 05:00 WIB

TNI-Polri Solid Berbenah Dalam Menyambut Natal Bersama Masyarakat di Senggo

Satgas Yonif 754/ENK/20/3 Kostrad bersama Koramil, Polsek dan masyarakat kampung Senggo, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, melaksanakan penyiapan sarana ibadah dalam rangka menyambut…