Menpar: Tax Refund Daya Tarik Wisata Belanja

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 04 Agustus 2018 - 12:45 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya
Menteri Pariwisata Arief Yahya

INDUSTRY.co.id - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meyakini kebijakan "tax refund" yang efektif akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata belanja di Indonesia.

Menpar Arief Yahya di Jakarta, Jumat (4/8/2018) , mengatakan, untuk mewujudkan Indonesia sebagai destinasi wisata belanja, "tax refund" di Indonesia perlu disesuaikan atau diregulasi agar bisa bersaing di tingkat regional dan global.

"Sistem pengembalian pajak bagi para wisatawan asing atau 'tax refund' perlu dikaji bersama dengan Kementerian Keuangan dan harus diikuti dengan komitmen semua anggota Hippindo," kata Arief Yahya.

Ia mendorong anggota Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) untuk mendaftar sebagai Pengusaha Kena Pajak dan Toko Kena Pajak.

"Dengan begitu, 'tax tefund' akan benar-benar menjadi daya tarik wisata belanja yang lebih mudah dipromosikan," katanya.

Meski begitu, ia menegaskan saat ini perlu adanya penyesuaian dalam sejumlah peraturan "tax refund".

Menpar Arief Yahya merinci peraturan "tax refund" yang perlu dikaji kembali di antaranya terkait perlunya ada relaksasi peraturan dari nilai belanja Rp5 juta dalam satu faktur agar dapat diturunkan menjadi Rp1 juta dalam satu faktur.

"Selain itu juga perlu menyederhanakan proses pengembalian pajak dan memperpanjang waktu klaim," katanya.

Tercatat saat ini waktu klaim hanya selama 1 bulan setelah pembelian, padahal di negara lain bisa sampai 3 bulan sehingga wisatawan memiliki kesempatan yang lebih panjang untuk dapat memprosesnya bahkan saat berkunjung kembali ke negara yang dimaksud.

Menteri Arief juga menilai perlunya upaya untuk meningkatkan jumlah PKP (Pengusaha Kena Pajak) Toko Retail sehingga jumlah peserta "tax refund" semakin banyak di Tanah Air.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Senin, 27 Januari 2020 - 10:35 WIB

WWF Dorong Produsen dan Retailer Berkomitmen Sawit Berkelanjutan

Bagi Indonesia, kelapa sawit merupakan komoditi kunci yang banyak berkontribusi secara ekonomi bagi pembangunan. Oleh karena itu, isu boikot yang sering didengungkan harus dihadapi dengan mengedepankan…

Luna SIMO

Senin, 27 Januari 2020 - 10:12 WIB

Ini Luna SIMO, Smartphone Dengan Teknologi Virtual SIM Card

Teknologi ini memungkinkan Luna SIMO terhubung ke intenet tanpa perlu SIMCard dan WiFi. 

Nasabah bertransaksi di BRILink

Senin, 27 Januari 2020 - 10:12 WIB

Transaksi Agen BRILink Setahun Capai Rp 673 Triliun

Sepanjang tahun 2019, layanan branchless banking milik Bank BRI yang biasa disebut Agen BRILink mampu mencatatkan jumlah volume transaksi yang mencengangkan, yakni sebesar Rp 673 triliun. Hal…

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Januari 2020 - 10:09 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Mengenang Kobe Bryant

Meninggalnya Legenda Basket Kobe Bryant dalam sebuah kecelakaan Helikopter yang terjadi Minggu (26/1) di California, Amerika mengagetkan semua orang. Kepergiannya begitu mendadak. Dunia olahraga…

 Kobe Bryant legenda basket dunia (Foto Dok Google)

Senin, 27 Januari 2020 - 10:06 WIB

Cristiano Ronaldo: Kobe Bryant Seorang Legenda Sejati

Megabintang sepak bola Cristiano Ronaldo mengaku sedih ketika mendengar berita memilukan yang menimpa legenda basket dunia Kobe Bryant bersama sang putri Gianna karena kecelakaan di dekat Los…