Pemerintah Dorong Investor Realisasikan Rencana Pembangunan Pabrik Baja Canai

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Februari 2017 - 18:07 WIB

Ilustrasi Pabrik Besi dan Baja (Mikael Karlsson /EyeEm/Getty Images)
Ilustrasi Pabrik Besi dan Baja (Mikael Karlsson /EyeEm/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pemerintah mendorong investor asal Korea Selatan, Posco segera merealisasikan rencana investasi pembangunan pabrik baja canai dingin di Indonesia.

"Kami meminta Posco mempercepat realisasi rencana pengembangan industri baja 10 juta ton di Cilegon bersama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Pengembangan pabrik CRC adalah bagian dari rencana pengembangan klaster industri baja 10 juta ton di Cilegon sebagai kelanjutan dari kerja sama patungan Krakatau Steel dan Posco. Kedua perusahaan ini menginvestasikan US$3 miliar untuk mendirikan pabrik peleburan baja PT Krakatau Posco dengan kapasitas 3 juta ton.

Ambisi tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman antara Posco dan Krakatau Steel yang dilaporkan Posco ke Presiden Joko Widodo di sela-sela kunjungannya ke Korea Selatan.

Kapasitas produksi 10 juta ton terbagi dalam tiga fasilitas produksi, yaitu produksi dua pabrik HSM berkapasitas 4,5 juta ton dan 4 juta ton serta pabrik pelat baja berkapasitas 1,5 juta ton.

Bahan baku produksi tiga pabrik di atas akan dipasok dari pabrik peleburan bijih besi Krakatau Steel yang berkapasitas 3 juta ton dan pabrik Krakatau Posco yang kapasitasnya rencananya ditingkatkan menjadi 6 juta ton, dan sebuah pabrik slab berkapasitas 1 juta ton.

MoU Posco dan Krakatau Steel juga mencantumkan rencana pengembangan tiga pabrik baja canai dingin yang masing-masing berkapasitas 1,3 juta ton, 1,2 juta ton, dan 1,5 juta ton.(Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lahan persawahan yang siap panen

Minggu, 29 Maret 2020 - 20:57 WIB

Kabupaten Bogor Panen Raya Padi di Tengah Corona

Kementerian Pertanian (Kementan) terus membantu peningkatan produksi beras di Kabupaten Bogor. Di antaranya melalui terobosan dengan menerapkan program peningkatan produksi dan produktivitas…

Pasien Suspect Virus Corona (Liputan6.com)

Minggu, 29 Maret 2020 - 19:45 WIB

Kogasgabpad Benarkan Dua Pasien RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Dua pasien Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet meninggal dunia pada Minggu, berdasarkan informasi yang diterima ANTARA dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad), Wisma Atlet, Jakarta. .

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana (ist)

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:51 WIB

Sembuh dari Corona, Wawako Bandung Yana Mulyana: Alhamdulillah Terimakasih Dokter dan Tenaga Medis

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dinyatakan sembuh dari penyakit Covid-19. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Yana Mulyana kepada KompasTV yang ditayangkan secara langsung pada Minggu…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Minggu, 29 Maret 2020 - 18:00 WIB

Ketua MPR Desak Pemerintah Berikan Perhatian Khusus Pada Sektor Tanaman Pangan

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan. Ditengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global saat ini, tantangan…

Dukung Industri Fiber Infrastruktur FiberStar Meresmikan Kantor Regional di Palembang

Minggu, 29 Maret 2020 - 17:00 WIB

Industri Telekomunikasi Bergerak, FiberStar Gelar Jaringan di Palembang

Dalam rangka komitmen dan upaya peningkatan kualitas layanan terhadap pelanggan khususnya di wilayah Sumatera bagian Selatan, FiberStar meresmikan Kantor Regional Sumatera Selatan baru yang…