Perpesma Siap Bantu Developer Pemula Terkendala Pendanaan

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 28 Juli 2018 - 15:28 WIB

Perkumpulan Pengembang Sukses Bersama (Perpesma) (Dok: INDUSTRY.co.id)
Perkumpulan Pengembang Sukses Bersama (Perpesma) (Dok: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Sebagai dukungan untuk mewujudkan program sejuta rumah untuk rakyat yang dicanangkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (Kementerian PUPR), Asosiasi Perkumpulan Pengembang Sukses Bersama (Perpesma) mengajak para pengembang, khususnya pengembang pemula untuk meningkatkan pembangunan hunian bagi masyarakat.

Ketua Umum Perkumpulan Pengembang Sukses Bersama (Perpesma), J Rizal kepada INDUSTRY.co.id, Sabtu (28/7/2018) mengatakan melalui asosiasi ini pihaknya ingin menjaring developer –developer pemula yang terkendala modal minim namun ingin berusaha.

“Alhamdulillah kita punya asosiasi ini telah dibantu oleh pasar modal dalam pendanaan. Biasa para developer selain terkendala pendanaan, juga masalah market, sistem manajemen dan tanah. Tapi melalui asosiasi ini kami siapkan yang tidak ada diasosiasi yang lainnya. Yang penting mereka mau berusaha,” kata J Rizal.

Ia mencontohkan, misalnya developer ada permintaan market di industri, dari asoisasi akan turut membantu memverifikasinya apakah market tersebut cocok atau tidak, jadi langsung learning by doing.

Selain itu menurutnya, adanya backlog perumahan yang cukup tinggi merupakan salah satu peluang bagi para pengembang untuk meningkatkan pembangunan hunian bagi masyarakat. Pemerintah tentunya tidak akan mampu memenuhi kebutuhan seluruh rumah bagi masyarakat mengingat anggaran yang terbatas.

“Meski baru teregistrasi di Kementerian PUPR, kami sudah memiliki proyek rumah komersil di daerah Joglo senilai Rp 20 miliar, dan itulah yang nanti kita bantu diawal. Hingga akhir tahun pun kita banyak project di Jabodetabek,” pungkasnya.

Kendati demikian, tidak semua project yang masuk langsung diambil. Dari pihaknya ada proses seleksi terutama dari sisi legalitas dan market.

Mengusung tagline one stop solution asosiasi ini bisa menjadi solusi bagi para pengembang. Hingga saat ini sudah terdapat 225 anggota developer pemula.  Ia menambahkan, banyak developer main emosional dan feeling, tidak survey marketnya dulu dan akhirnya banyak project mangkrak.

“Oh yah yang membedakan kami dengan developer lainnya adalah kami melihat market is the king. Karena kalau sudah market gampang cari modal dan hal lainnya,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

AAJI bersama anggotanya menanam mangrove di PIK

Minggu, 05 Mei 2024 - 06:04 WIB

AAJI Tanam 2000 Bibit Mangrove dan Berikan Literasi Keuangan Pada Kelompok Nelayan

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) bersama dengan 27 perusahaan anggotanya menunjukkan komitmennya terhadap kelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan “AAJI Peduli…

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang.

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:56 WIB

Sejumlah Guru, Pegiat Literasi Hingga Orang Tua Ikuti Pembekalan Membaca Nyaring di Kota Padang

Pelatihan membaca nyaring di Kota Padang terbagi ke dalam tiga kelas, yaitu kelas orang tua, kelas guru dan kelas pustakawan/pegiat literasi.

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 22:51 WIB

Dukungan BUMN Bikin Olahraga Indonesia Semakin Moncer

Dukungan yang diberikan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap aktivitas olahraga, membuat moncer sejumlah cabang olahraga di Indonesia.

Tim Thomas dan Uber ke Final

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:48 WIB

Melaju ke Final, BNI Apresiasi Keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mengucapkan selamat dan menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas keberhasilan Tim Thomas dan Uber Indonesia melaju ke babak final Kejuaraan…

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Sabtu, 04 Mei 2024 - 20:20 WIB

Tekan Dampak Pemanasan Global, PIS Kolaborasi Cintai Bumi di Desa Nelayan Bali

Badung- PT Pertamina International Shipping (PIS) kembali melanjutkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BerSEAnergi untuk Laut” yang bertujuan salah satunya untuk menekan…