Kecanggihan Alat Pelacak Kendaraan ini, Sukses Raih TOP Brand di 2018

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 28 Juli 2018 - 13:18 WIB

Kecanggihan Alat Pelacak Kendaraan ini, Sukses Raih TOP Brand di 2018 (Foto Kormen)
Kecanggihan Alat Pelacak Kendaraan ini, Sukses Raih TOP Brand di 2018 (Foto Kormen)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Keberadaan alat navigasi dan pelacak (tracker) di dalam suatu kendaraan kini menjadi hal yang lumrah. Alat navigasi akan membantu pengemudi dengan  menunjukkan arah atau jalan menuju ke tiitk tujuan  secara cepat.

Sedangkan tracker, seperti namanya, berfungsi sebagai pelacak untuk mencari tahu keberadaan kendaraan tersebut. Kebutuhan akan alat navigasi dan tracker dari tahun ke tahun terus menunjukkan tren peningkatan yang sangat tinggi.

Salah satu pemicu tren ini adalah hadirnya perusahaan rintisan yang berbasis teknologi. Perpindahan barang (logistik) dan manusia yang cepat membutuhkan moda transportasi salah satunya kendaraan bermotor.

Untuk memastikan perpindahan ini bisa maksimal dan efisien dibutuhkan alat yang bisa mengukurnya secara akurat dan disinilah fungsi dari GPS dan Tracker. Walapun masih baru pasar GPS ini tumbuh namun pemain di dunia GPS ini mulai menjamur dan Salah satunya adalah, Superspring.

Superspring sebenarnya agak kurang cocok disebut 'anak baru' karena sudah  ada sejak 10 tahun silam. Pertama kali Superspring menghadirkan produk GPS Navigasi namun  Superspring mulai beralih fokusnya untuk khusus menggarap GPS tracker.

"Kami memulai sudah lama ,awalnya kami hanya GPS navigasi, tapi kami melihat  tracker mulai diperhitungkan jadi sejak 2010 kami pun fokus di tracker", ujar Arianto Furiady Director PT. Super Spring.

Langkah Arianto, dengan memilih untuk hanya memfokuskan diri ke pasar tracker ternayata tidak salah. GPS tracker Superspring mulai dikenali publik. Bahkan produk GPS Tracker Superspring semakin mentereng berkat beberapa penghargaan bergengsi yang diraihnya, salah satunya adalah Top Brand Award.

Top Brand Award di inisiasikan oleh Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing adalah penghargaan kepada merek yang berhasil menjadi Top of Mind di masyarakat. Dengan mendapat Top Brand, Superspring membuktikan sebagai perusahaan yang sukses membangun merek.

Dalam membesarkan merek Superspring GPS Tracker ini ia menyebut perusahaannya berfokus kepada pengembangan layanan purna jual dan jaringan yang luas sebagai kunci sukses meraih Top Brand Award. Untuk urusan layanan purna jual, Superspring menjadi pioner dengan menjadi satu-satunya yang menyediakan layanan 24 jam.

 

"Superspring menjadi satu-satunya yang menyediakan layanan purna jual 24 jam. Untuk call center kami punya 14-16 orang yang handle keluhan pelanggan. Untuk media komunikasinya  kami ada telepon, email, dan chat atau whatsapp,"jelasnya.

Layanan 24 jam tersebut dihadirkan karena ia melihat keadaan di lapangan dimana kejadian kehilangan atau pencurian paling banyak terjadi di malam hari. Biasanya, tambah dia, perusahaan GPS lain mungkin sudah tidur dan baru diproses esok hari padahal keadaan mobil mungkin sudah di preteli dan tracker sudah di copot. Layanan ini sangat membantu pelanggan mencegah kehilangan kendaraan mereka.

Selain layanan tersebut, Superspring juga memiliki layanan untuk komplain pelanggan yang datang ke kantor ia beri jaminan akan diselesaikan dalam kurun waktu 1 jam.

ia menjelaskan kenapa bisa sangat cepat dalam mengatasi keluhan karena perusahaannya akan mengganti langsung dengan tracker yang baru. Dan penggantian ini tidak akan dicharge biaya sama sekali atau gratis.

Untuk jangkauan pasar, saat ini Superspring sudah mempunyai jaringan kantor cabang yang tersebar luas di Indonesia. Arianto menyebutkan perusahaannya sudah memiliki 42 kantor cabang di 35 kota besar meliputi Balikpapan, dan Lombok di NTB.

Dalam hal pemasaran, strategi yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan teknologi digital. Kanal media sosial seperti facebook, twiter, dan instagram menjadi arena bermain Arianto untuk memperkenalkan brandnya. Kemudian juga mengunakan googleads.

Superspring juga melakukan pemasaran yang unik dengan mengajak serta pelanggan mereka untuk terlibat. program tersebut bernama SS Point.

Secara singkat program ini mengajak pelanggan untuk mereferensikan Superspring produk GPS Tracker ke orang atau korporat dan pelanggan tersebut akan mendapatkan poin untuk bisa ditukarkan.

"program ini dari 2014 dan cukup ampuh menambah pelanggan kita. Sudah banyak yang menukarkan poin dan mendapat hadiah beragam dari program ini seperti smartphone hingga mobil". Cara ini bagi Arianto cukup ampuh karena menurutnya cara pemasaran ini berdasarkan kekerabatan dan kepercayaan.

Kedepannya langkah Superspring akan semakin cepat meninggalkan pesaing-pesaingnya salah satu sebabnya adalah inovasi berkelanjutan yang terus dilakukan.

Bahkan Arianto sudah merencanakan produk baru untuk GPS Tracker yang dapat dinikmati lebih banyak orang karena akan dbandrol dengan harga yang terjangkau. (Kormen)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Jumat, 03 Mei 2024 - 17:35 WIB

56% Perempuan Pemilik UKM di Indonesia Mengalami Peningkatan Pendapatan Sejak Menerima Pembayaran Digital

Visa, pemimpin global dalam pembayaran digital, melakukan survei terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia . Temuan menunjukkan bahwa 54% UKM yang dipimpin oleh perempuan dan 48%…

Reboisasi lahan kritis merupakan upaya Telkom dalam pencegahan terjadinya erosi tanah

Jumat, 03 Mei 2024 - 16:48 WIB

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan pohon dengan penanaman…