Pemerintah Komitmen Tingkatkan Aspek Keselamatan Pelayaran

Oleh : Dina Astria | Rabu, 25 Juli 2018 - 14:10 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan proyek infrstruktur (Foto Humas)
Menhub Budi Karya Sumadi tinjau kesiapan proyek infrstruktur (Foto Humas)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan aspek keselamatan dalam pelayaran nasional sebagai evaluasi terhadap terjadinya peristiwa nahas di Kapal Motor Sinar Bangun di Danau Toba dan KM Lestari Maju di Sulawesi Selatan.

"Sebagai upaya tindak lanjut kami telah menyiapkan regulasi aspek keselamatan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta, Selasa (24/7/2018)


Menurut Budi Karya Sumadi, pihaknya memang menemukan permasalahan di sejumlah tempat, dan ada dari sejumlah lokasi tersebut ada yang telah diberikan bantuan kapal.

Menhub juga menyadari tentang keterbatasan pendanaan untuk bantuan kapal baru, sehingga pihaknya juga mengusulkan untuk memberikan format agar bagaimana kapal untuk pelayaran dapat diperoleh dengan cara "leasing".

Ia juga mengemukakan bahwa Kemenhub mendorong agar berbagai fasilitas kesehatan dapat dipenuhi oleh beragam pemda setempat.

"Kami sepakat kerja sama yang baik terkait dengan 'safety' (keselamatan aspek transportasi)," kata Budi Karya Sumadi dan menambahkan komitmennya untuk meningkatkan sarana penunjang serta sosialisasi keselamatan.

Sementara itu, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengemukakan bahwa pihaknya juga telah memberikan peringatan dini terkait cuaca ekstrim di kawasan perairan sebelum peristiwa nahas tersebut.

Menurut Dwikorita, sejak November 2017 BMKG telah memprediksi adanya potensi peningkatan ekstrimitas cuaca untuk tahun-tahun ke depan.

Sebelumnya, permasalahan sertifikasi terkait dengan pelayaran merupakan hal yang penting untuk terus dibenahi dan dilaksanakan dengan pengawasan yang seksama karena hal itu dapat meningkatkan keselamatan penumpang moda transportasi laut.

"Sertifikasi khususnya pada moda transportasi kapal merupakan modal awal dari upaya penyelamatan transportasi," kata Anggota Komisi V DPR Yoseph Umarhadi kepada awak media.

Menurut dia, hal tersebut penting karena peristiwa seperti karamnya KMP Lestari Maju di perairan Selayar, Sulawesi Selatan, ternyata juga tidak jelas sertifikasi kapalnya, yaitu dari kapal barang yang dibuah menjadi kapal penumpang.

Politisi PDIP itu menegaskan bahwa hal seperti ini memerlukan penyelidikan dengan penelitian yang benar-benar serius. "Menteri Perhubungan benar-benar harus mengawasi Badan Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai badan yang mengeluarkan sertifikasi kelaikan kapal," ujarnya.

Yoseph meminta lembaga BKI di dalam mengeluarkan sertifikasi kelaikan kapal agar harus betul-betul sesuai dengan peruntukannya.

Sebab, lanjutnya, untuk menyeberangi lautan dengan ombak yang bisa mencapai 4-5 meter bula menggunakan kapal barang yang diubah menjadi kapal bermuatan orang tentu risikonya akan sangat besar.

Untuk itu, ujar dia, selain pengawasan terhadap BKI, juga perlu adanya pengawasan terhadap kepala unit pelabuhan atau syahbandar apakah sudah benar-benar berkompeten atau tidak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.