Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 19 Juli 2018 - 20:45 WIB

Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)
Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Lebak– PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, melakukan kemitraan dengan Korps Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan PT Bintang Energi Lestari untuk menyediakan rumah bagi hampir 10.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Lebak.

Itu dilakukan untuk menyukseskan Program Satu Juta Rumah yang sebelumnya dicanangkan oleh pemerintah. Melalui kemitraan itu, para PNS Pemkab Lebak dapat memiliki rumah murah dan terjangkau di kawasan kota baru yakni Maja di Kabupaten Lebak, Banten.

“Di samping untuk mendukung suksesnya Program Satu Juta Rumah, kemitraan ini dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi perseroan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019,” ujar Budi Satria, Direktur Bank BTN, pada acara Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Sinergi Penyediaan Jasa dan Layanan Perbankan serta Perumahan bagi Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia pada Pemkab Lebak di Lebak, Banten, Kamis (19/07/2018).

Budi mengemukakan, kemitraan tersebut secara bertahap akan membangun hunian Perumahan Bintang Maja Lestari di atas lahan seluas 1.500 hektar di Maja yang masuk dalam rancangan pengembangan kota baru RPJMN.

“Untuk tahap pertama, sebanyak 2.000 unit rumah akan dibangun di atas lahan seluas 37 hektar. Rumah-rumah tersebut dapat dimiliki PNS Pemkab Lebak dengan skema KPR yang terjangkau baik secara subsidi maupun non-subsidi,” tutur Budi.

Dalam kesepakatan tersebut, demikian Budi, Bank BTN tidak hanya menyediakan KPR bagi PNS Pemkab Lebak, tapi juga memberikan kredit kontruksi untuk pembangunan kawasan perumahan tersebut.

Budi mengungkapkan, Bank BTN juga akan menyediakan produk dan layanan perbankan lainnya bagi Pemkab Lebak. Hal itu dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi instansi ini dalam bertransaksi keuangan.

Menurut RPJMN 2015-2019, ada 10 kawasan perkotaan baru yang akan dibangun pemerintah. Di antaranya yakni Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjarbaru, dan Maja.

Kawasan Maja memiliki luas sekitar 15.000 hektar dan mampu menampung hingga 1,2 juta jiwa. Kawasan ini rencananya akan dilengkapi fasilitas umum seperti akses tol dan stasiun kereta dari dan menuju Jakarta.

Sementara itu, dalam rangka mendukung Program Satu Juta Rumah, Bank BTN telah menyalurkan kredit perumahan sebanyak 423.303 unit rumah pada semester pertama 2018. Penyaluran itu setara dengan 56,44% dari target Bank BTN untuk Program Satu Juta Rumah sebanyak 750.000 unit.

“Kami terus menggelar berbagai kemitraan dan inovasi untuk meningkatkan penyaluran kredit dalam rangka mendukung program nasional tersebut,” pungkas Budi.

Sepanjang Januari-Juni 2018, Bank BTN menyalurkan kredit dan pembiayaan senilai Rp189,62 triliun. Itu artinya mengalami pertumbuhan 19,17%  dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya sebesar Rp159,12 triliun. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…