Asosiasi Kosmetik Tunjuk Sancoyo Antarikso Sebagai Ketua Umum Periode 2018-2022

Oleh : Hariyanto | Selasa, 17 Juli 2018 - 08:59 WIB

Sancoyo Antarikso
Sancoyo Antarikso

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia ( PERKOSMI) Pusat resmi melantik pengurus periode 2018-2022 yang dipimpin oleh Sancoyo Antarikso sebagai Ketua Umum. 

Sancoyo terpilih dalam Musyawarah Nasional PERKOSMI Pusat pada  pada 9 Mei 2018. Dalam sambutannya Sancoyo mengatakan akan memfokuskan program kerja untuk penguatan organisasi dan penguatan usaha kecil dan menengah (UKM) industri kosmetika. 

“ Sekitar 80% anggota PERKOSMI adalah UKM, kami ingin mereka mendapatkan manfaat dan tumbuh lebih pesat dengan menjadi anggota PERKOSMI,” ujar Sancoyo dalam acara Pelantikan Pengurus Perkosmi dan Talkshow Testimonial Beautypreneur, Selasa ( 16/7/2018).

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono serta Sekretaris Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan, Elin Herlina.  

Sancoyo yang juga menjabat sebagai Governance and Corporate Affairs Director and Corporate Secretary PT Unilever Indonesia Tbk menjelaskan, bahwa pangsa pasar kosmetika di Indonesia masih berpotensi untuk tumbuh di masa datang seiring dengan trend penggunaan kosmetik yang terus berkembang. 

“ Kalau sebelumnya hanya dua langkah sekarang konsumen sudah banyak menerapkan aplikasi kosmetika lima bahkan 10 langkah, dimulai dari pembersih, serum dan lain-lain. Ini merupakan potensi pasar yang luar biasa,” ujarnya.

Senada, Direktur Jenderal Industri Kimia Tekstil dan Aneka Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono menjabarkan industri kosmetik merupakan salah satu industri yang pertumbuhannya paling tinggi. Kementerian Perindustrian mencatat pada 2017, industri kosmetika tumbuh 6,35% dan mencapai 7,36% pada triwulan I 2018.

“ Pertumbuhannya di atas pertumbuhan ekonomi yang tahun lalu mencapai 5,3% . Ini industri yang sangat menjanjikan” tambahnya. 

Ia berharap PERKOSMI dapat terus menjadi mitra pemerintah untuk terus menggodok berbagai kebijakan yang dapat mendukung pertumbuhan perusahaan besar, menengah hingga start up. 

Sekretaris Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan, Elin Herlina mengatakan sebagai asosiasi yang memayungi berbagai industri kosmetika di Indonesia, PERKOSMI perlu untuk terus menjadi mitra pemerintah khususnya untuk meningkatkan komunikasi antara pelaku usaha dan pemerintah. “ PERKOSMI harus mampu mendorong keberhasilan para anggotanya,” katanya.

Pengurus PERKOSMI Pusat periode 2018-2022 antara lain terdiri dari Sekretaris Jenderal : Kunto Widarto (PT Martina Berto) ; Wakil Sekretaris Jenderal :Harman Subakat (PT Paragon Innovation Indonesia); Bendahara Umum : Tomi Setiawan ( PT Ascoco Ria Lestari); Wakil Bendahara : Agus Adiguna ( PT Chemco Prima Mandiri) dan Wiyantono ( PT Zamrud Inti Sejahtera); Ketua Bidang Organisasi dan Humas: Palupi Candra (Martha Tilaar Group); Ketua Bidang Perindustrian : Djoko Irwanto ( PT Genero Pharmaceuticals); Ketua Bidang Perdagangan :Shelly Taurhesia ( PT Amway); Ketua  Bidang Teknis Ilmiah : Anastasia Gracia ( PT Fabindo Sejahtera); Ketua Bidang Luar Negeri :Juanita Aditiawan ( PT Dwipardi); Ketua Bidang UMKM, Salon, Spa, Klinik : Ian Atmadja ( PT Maxima).

PERKOSMI merupakan asosiasi kosmetika pertama di Indonesia yang  didirikan pada tahun 1978 dan beranggotan sekitar 458 perusahaan yang terdiri dari produsen produk jadi dan bahan baku, importir, distributor, hingga kemasan kosmetika. 

Saat ini PERKOSMI memiliki tujuh Pengurus Daerah di  Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali.  Visi PERKOSMI adalah untuk menjadi wadah perusahaan-perusahaan kosmetika di Indonesia untuk mendukung pengembangan bisnis kosmetika Indonesia dan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk industri kosmetika agar konsumen dapat menikmati produk yang aman, baik dan inovatif. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.