Bank Dunia Tawarkan Pinjaman untuk Pembangunan LRT

Oleh : Dina Astria | Kamis, 12 Juli 2018 - 14:13 WIB

Menhub Budi Karya Sumadi tinjau proyek LRT (Foto Ist)
Menhub Budi Karya Sumadi tinjau proyek LRT (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Bank Dunia menawarkan bantuan pinjaman kepada Indonesia untuk membangun transportasi perkotaan berbentuk kereta ringan (light rail transit) di empat kota yakni Medan, Bandung, Surabaya dan Bali.

Tawaran itu disampaikan oleh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi mengenai transportasi perkotaan yang digelar di Kemenko Kemaritiman Jakarta, Rabu. Turut hadir dalam rakor tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Jadi, tadi ada ide bagus dari Pak Menko karena ada tawaran dari Bank Dunia untuk memberikan bantuan 'loan' (pinjaman). Nah kita tahu kota-kota besar di Indonesia penataan transportasinya belum maksimal, kita ambil kesempatan itu," kata Budi yang ditemui seusai rakor.

Budi menjelaskan, pemerintah Indonesia akan mempresentasikan proposal tentang penataan transportasi perkotaan itu dalam Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.

Dari empat kota yang akan diajukan, tiga kota diantaranya telah memiliki proposal proyek yakni Medan, Bandung dan Surabaya.

"Ditambah lagi tadi usul Bali, jadi ada empat kota yang akan kita ajukan," ujarnya.

Budi menambahkan, proyek di empat kota tersebut diperkirakan akan menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

"Keempat kota ini akan menjadi proyek KPBU mengikuti KPBU yang sudah berlaku di LRT Jabodebek," katanya.

Kendati demikian, Budi mengatakan usulan mengenai nilai investasi yang dibutuhkan untuk pengembangan transportasi perkotaan di empat kota itu belum dapat disebutkan.

Selain masih tahap awal, pemerintah menekankan pentingnya untuk mengajukan proyek yang nyata dan solutif terutama untuk kota-kota besar dengan tingkat kepadatan tinggi.

"Nanti akan ada pertemuan mingguan lanjutan untuk membahas ini karena ini masih sangat awal," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Kamis, 02 April 2020 - 11:30 WIB

Ganti Hari Libur Nasional Hingga Gratiskan Tempat Wisata, Skenario Jokowi Cegah Masyarakat Mudik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan sejumlah alternatif skenario untuk mudik. Skenario pertama adalah mengganti hari libur nasional di hari lain. Hal itu diusulkan Jokowi untuk menenangkan…

Sri Mulyani

Kamis, 02 April 2020 - 11:29 WIB

Lihat, Betapa Pusingnya Sri Mulyani Lihat Kondisi Ekonomi Terpapar Virus Corona

Pemerintah semakin waswas dengan penyebaran virus corona yang kian massif. Pemerintah pun menyampaikan skenario terburuk yang akan dialami jika pandemi asal Wuhan ini terus berlanjut. Menteri…

Seorang pekerja sedang mengawasi conveyer batu bara PT Gunung Bara Utama, anak usaha PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM). (Foto istimewa TRAM)

Kamis, 02 April 2020 - 11:20 WIB

Bos-Bos Pelaku Industri Batubara Sumbang Rp540 miliar untuk Penanggulangan Covid-19 di Indonesia

"Adapun donasi yang disumbangkan oleh perusahaan-perusahaan pertambangan batubara yang tergabung dalam APBI, selain sumbangan dari Adaro sebanyak Rp20 miliar, Bakrie Group (PT KPC & PT Arutmin…

Antaraja Gratiskan Ongkir Pengiriman Perlengkapan Kesehatan

Kamis, 02 April 2020 - 11:00 WIB

Anteraja Gratiskan Ongkir Pengiriman Perlengkapan Kesehatan

Anteraja, perusahaan pengiriman barang berbasis teknologi di bawah PT Tri Adi Bersama menunjukkan kepedulian dan dukungan terhadap program pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona…

Gratis Tarif Listrik ditengah Pandemi Corona

Kamis, 02 April 2020 - 10:18 WIB

Soal Stimulus Tarif Listrik, Dirjen ESDM: Berapun Pakainya ya Gratis, Tidak Bayar

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, keringanan tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga daya 450 VA yang regular atau pascabayar akan digratiskan…