Indonesia Promosikan Industri Strategis ke Amerika Tengah-Selatan

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:59 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktorat Amerika I dan II Kementerian Luar Negeri mempromosikan industri strategis Indonesia kepada negara-negara Amerika Tengah dan Selatan untuk mendorong penetrasi ke pasar non-tradisional.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa (10/7/2018)

Upaya promosi itu dilakukan dengan membawa para pejabat dari perwakilan negara sahabat di wilayah Amerika Tengah dan Selatan mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun dan PT Barata Indonesia di Gresik.

Kunjungan ke PT INKA dan PT Barata Indonesia itu diikuti oleh para perwakilan dari Kedutaan Besar Peru, Meksiko, Kolombia dan Ekuador.

Kunjungan rombongan itu diterima oleh Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro dan Direktur Utama PT Barata Indonesia Silmy Karim.

Dalam kesempatan itu, para perwakilan negara Amerika Selatan dan Tengah memperoleh informasi melalui paparan dari kedua direktur utama serta melakukan diskusi dengan jajaran pimpinan kedua badan usaha milik negara (BUMN) tersebut.

Kunjungan itu dilanjutkan dengan kegiatan meninjau fasilitas manufaktur dan produksi terkini dari PT INKA dan PT Barata Indonesia yang berkualitas tinggi.

Para peserta dari perwakilan negara sahabat menghargai upaya Kemlu dalam mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan Indonesia dengan negara-negara Amerika Selatan dan Tengah, yang merupakan pasar non-tradisional potensial bagi Indonesia.

Para peserta menyatakan puas karena dapat melihat kualitas dan kemampuan produksi PT INKA dan PT Barata Indonesia serta berdiskusi secara langsung dengan para pimpinan perusahaan.

Para peserta menilai informasi yang diperoleh sangat berguna untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait di negara masing-masing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…

 Pegadaian Umumkan 12 Nasabah Beruntung yang Akan Makan Malam Bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Rabu, 18 Mei 2022 - 21:58 WIB

Pegadaian Umumkan 12 Nasabah Beruntung yang Akan Makan Malam Bersama Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Jakarta- PT Pegadaian umumkan nama 12 orang yang menjadi pemenang dalam Program Pengundian April Emas Pegadaian 2022 pada hari Kamis (12/5).