Indonesia Promosikan Industri Strategis ke Amerika Tengah-Selatan

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:59 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktorat Amerika I dan II Kementerian Luar Negeri mempromosikan industri strategis Indonesia kepada negara-negara Amerika Tengah dan Selatan untuk mendorong penetrasi ke pasar non-tradisional.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa (10/7/2018)

Upaya promosi itu dilakukan dengan membawa para pejabat dari perwakilan negara sahabat di wilayah Amerika Tengah dan Selatan mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun dan PT Barata Indonesia di Gresik.

Kunjungan ke PT INKA dan PT Barata Indonesia itu diikuti oleh para perwakilan dari Kedutaan Besar Peru, Meksiko, Kolombia dan Ekuador.

Kunjungan rombongan itu diterima oleh Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro dan Direktur Utama PT Barata Indonesia Silmy Karim.

Dalam kesempatan itu, para perwakilan negara Amerika Selatan dan Tengah memperoleh informasi melalui paparan dari kedua direktur utama serta melakukan diskusi dengan jajaran pimpinan kedua badan usaha milik negara (BUMN) tersebut.

Kunjungan itu dilanjutkan dengan kegiatan meninjau fasilitas manufaktur dan produksi terkini dari PT INKA dan PT Barata Indonesia yang berkualitas tinggi.

Para peserta dari perwakilan negara sahabat menghargai upaya Kemlu dalam mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan Indonesia dengan negara-negara Amerika Selatan dan Tengah, yang merupakan pasar non-tradisional potensial bagi Indonesia.

Para peserta menyatakan puas karena dapat melihat kualitas dan kemampuan produksi PT INKA dan PT Barata Indonesia serta berdiskusi secara langsung dengan para pimpinan perusahaan.

Para peserta menilai informasi yang diperoleh sangat berguna untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait di negara masing-masing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Laman resmi SehatQ

Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Mengetahui Cara Penyebaran dan Cek Risiko Covid-19 di SehatQ

Seperti yang sudah disampaikan oleh World Health Organization (WHO), virus ini tidak menyebar lewat udara. Covid-19 hanya bisa menular melalui percikan batuk, bersin, atau air liur yang terpercik…

Ilustrasi Minyak Mentah Indonesia

Minggu, 05 April 2020 - 15:30 WIB

Gegara Covid-19, Harga Minyak Mentah Indonesia Tertekan Menjadi USD34,23/Barel

Agung menjelaskan, penyebab utama dari penurunan ICP adalah penyebaran Covid-19 di sebagian besar negara-negara produksi minyak mentah sehingga mengakibatkan anjloknya penurunan produksi. "Travel…

Pegadaian Salurkan Bantuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Minggu, 05 April 2020 - 15:25 WIB

Pegadaian Terus Salurkan Bantuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

Kepala Divisi KBL PT Pegadaian (Persero) Hertin Maulida mengatakan, pemberian bantuan terus dilakukan sebagai salah satu wujud komitmen PT Pegadaian (Persero) untuk terus memberikan dukungan…

Digital Launge Bank Bukopin

Minggu, 05 April 2020 - 15:23 WIB

Trade Finance dan Funding Retail Jadi Andalan Bank Bukopin

Bank Bukopin berhasil menutup tahun 2019 dengan membukukan pertumbuhan kinerja secara signifikan. Selama periode tersebut, sektor trade finance menjadi salah satu andalan Perseroan untuk memacu…

Bendungn Bendo

Minggu, 05 April 2020 - 15:08 WIB

Bendungan Bendo Berkapasitas 43,11 Juta m3 Siap Digenangi Akhir Tahun 2020

Saat ini konstruksi Bendungan Bendo sudah 73,26%. Bendungan ini ditargetkan selesai konstruksinya dan siap digenangi pada akhir tahun 2020.