Indonesia Promosikan Industri Strategis ke Amerika Tengah-Selatan

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:59 WIB

Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)
Kereta Commuter Line ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Direktorat Amerika I dan II Kementerian Luar Negeri mempromosikan industri strategis Indonesia kepada negara-negara Amerika Tengah dan Selatan untuk mendorong penetrasi ke pasar non-tradisional.

Hal itu disampaikan dalam keterangan pers Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Selasa (10/7/2018)

Upaya promosi itu dilakukan dengan membawa para pejabat dari perwakilan negara sahabat di wilayah Amerika Tengah dan Selatan mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun dan PT Barata Indonesia di Gresik.

Kunjungan ke PT INKA dan PT Barata Indonesia itu diikuti oleh para perwakilan dari Kedutaan Besar Peru, Meksiko, Kolombia dan Ekuador.

Kunjungan rombongan itu diterima oleh Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro dan Direktur Utama PT Barata Indonesia Silmy Karim.

Dalam kesempatan itu, para perwakilan negara Amerika Selatan dan Tengah memperoleh informasi melalui paparan dari kedua direktur utama serta melakukan diskusi dengan jajaran pimpinan kedua badan usaha milik negara (BUMN) tersebut.

Kunjungan itu dilanjutkan dengan kegiatan meninjau fasilitas manufaktur dan produksi terkini dari PT INKA dan PT Barata Indonesia yang berkualitas tinggi.

Para peserta dari perwakilan negara sahabat menghargai upaya Kemlu dalam mendorong kerja sama ekonomi dan perdagangan Indonesia dengan negara-negara Amerika Selatan dan Tengah, yang merupakan pasar non-tradisional potensial bagi Indonesia.

Para peserta menyatakan puas karena dapat melihat kualitas dan kemampuan produksi PT INKA dan PT Barata Indonesia serta berdiskusi secara langsung dengan para pimpinan perusahaan.

Para peserta menilai informasi yang diperoleh sangat berguna untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait di negara masing-masing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Investor pemula ke IPCC

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:10 WIB

IPCC Nikmati Peningkatan Ekspor Kendaraan CBU

Jakarta - Belum pulihnya kondisi ekonomi global akibat dari imbas perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok tak menyurutkan semangat PT Indonesia Terminal Tbk (IPCC) untuk meningkatkan…

Ki Manteb Soedharsono (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 Agustus 2019 - 06:02 WIB

Ki Manteb Soedarsono Tampil Pada Perayaan HUT Ke-44 SENAWANGI

Dalam rangka ulang tahun ke 44 Sena Wangi Menggelar Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan menghadirkan dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dengan menyuguhkan lakon Sri Sadana. Updi Gedung…

Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner OJK saat upacara HUT RI ke 74

Minggu, 18 Agustus 2019 - 05:40 WIB

HUT RI ke 74, OJK Tekankan SDM Unggul, Indonesia Maju

Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah melaksanakan upacara peringatan HUT RI ke 74 kemarin. Tema peringatan hari Kemerdekaan tahun ini yaitu “SDM UNGGUL INDONESIA MAJU”.

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:15 WIB

Seni Wayang Harus Mampu Menjangkau Kaum Milenial

Wayang, sebagai warisan seni budaya yang sudah diakui oleh dunia, harus terus dijaga kelestariannya. Untuk itu wayang harus bisa menjangkau kaum milenial yang saat ini tumbuh dalam dunia yang…

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Minggu, 18 Agustus 2019 - 04:05 WIB

Buku Orang Lumpuh Naik Haji karya Mulyanto Utomo

Penerbit Smart Media menyelenggarakan acara Launching dan Bedah Buku terbaru karya Mulyanto Utomo berjudul ‘Orang Lumpuh Naik Haji’, di Rumah Makan Taman Sari, Jalan Adi Sucipto, Colomadu,…