PT Timah Lakukan Total Penambangan Berbasis Masyarakat

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:55 WIB

PT Timah Tbk (TINS) (Foto Ist)
PT Timah Tbk (TINS) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- PT Timah Tbk melakukan total penambangan bijih timah berbasis masyarakat, sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan operasional perusahaan BUMN itu.

"Total "mining" atau penambangan tidak bersisa hanya dilakukan di kawasan wilayah izin usaha penambangan (IUP) dan ini sebagai tindaklanjut program "recovery" PT Timah dalam pemberdayaan masyarakat," kata Kepala Bidang Humas PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Selasa (10/7/2018)

Ia menjelaskan total mining program recovery ini berdasarkan Permen  ESDM Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Selain itu, pengamanan aset berdasarkan Keppres Nomor 63 tahun 2004 (Pasal 4) tentang Pamobvitnas  dan Permen ESDM Nomor 4 tahun 2014 (Pasal 1 ayat 1) tentang Pola Pengamanan.

"Kita diwajibkan untuk mengelola IUP secara optimal sesuai penambangan timah yang baik dan ini  sekaligus menjaga serta mengamankan aset negara," ujarnya.

Menurut dia program recorery ini sangat baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan  penambangan secara ilegal, karena para penambang ini akan dibina dalam menjalankan usaha penambangan berbasis lingkungan sesuai peraturan berlaku.

"Masyarakat yang menambang tentu mengikuti prosedur berlaku dan mereka diwajibkan menjual bijih timah kepada pemilik IUP sesuai harga pasaran," katanya.

Ia menambahkan selama ini banyak sisa-sisa bijih timah di kawasan IUP. Oleh karena itu dilakukan PT Timah melakukan penambangan secara total dengan melibatkan masyarakat.

"Sisa-sisa pengolahan harus diambil dan ini sebagai konservasi mineral untuk memberdayakan dan peningkatan ekonomi masyarakat di lingkungan operasional perusahaan," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…

Neta S Pane, IPW (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:56 WIB

Lima Alasan IPW Desak Polri Segera Menahan Komjen Purn Sofyan Jacob

Ind Police Watch (IPW) mendesak Polri segera menahan Sofyan Jacob. Jika Sofyan tidak hadir, Polri harus melakukan upaya jemput paksa dan segera menjebloskannya ke tahanan.

Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:45 WIB

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH

Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru . Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan korban bencana…

Shabrina Evaswantry Binti Novizar Swantry ( Nana) (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:36 WIB

Surat-Surat Wasiat Mendiang Nana ( Obituari Penderita Kanker)

“ For Everyone. PS : Sayang, tolong dibacakan setelah kuburku ditutup. Bacakan dengan ikhlas dan penuh syukur. Dont be sad,” itu tulisan pengantar dari surat “wasiat” almarhumah Shabrina…

Festival cabai

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:19 WIB

Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai

Tangerang - Pada perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni ini Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor dan Museum Benteng Heritage…