PT Timah Lakukan Total Penambangan Berbasis Masyarakat

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 11 Juli 2018 - 15:55 WIB

PT Timah Tbk (TINS) (Foto Ist)
PT Timah Tbk (TINS) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- PT Timah Tbk melakukan total penambangan bijih timah berbasis masyarakat, sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan operasional perusahaan BUMN itu.

"Total "mining" atau penambangan tidak bersisa hanya dilakukan di kawasan wilayah izin usaha penambangan (IUP) dan ini sebagai tindaklanjut program "recovery" PT Timah dalam pemberdayaan masyarakat," kata Kepala Bidang Humas PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Selasa (10/7/2018)

Ia menjelaskan total mining program recovery ini berdasarkan Permen  ESDM Nomor 26 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Kaidah Pertambangan yang Baik dan Pengawasan Pertambangan Mineral dan Batubara.

Selain itu, pengamanan aset berdasarkan Keppres Nomor 63 tahun 2004 (Pasal 4) tentang Pamobvitnas  dan Permen ESDM Nomor 4 tahun 2014 (Pasal 1 ayat 1) tentang Pola Pengamanan.

"Kita diwajibkan untuk mengelola IUP secara optimal sesuai penambangan timah yang baik dan ini  sekaligus menjaga serta mengamankan aset negara," ujarnya.

Menurut dia program recorery ini sangat baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan  penambangan secara ilegal, karena para penambang ini akan dibina dalam menjalankan usaha penambangan berbasis lingkungan sesuai peraturan berlaku.

"Masyarakat yang menambang tentu mengikuti prosedur berlaku dan mereka diwajibkan menjual bijih timah kepada pemilik IUP sesuai harga pasaran," katanya.

Ia menambahkan selama ini banyak sisa-sisa bijih timah di kawasan IUP. Oleh karena itu dilakukan PT Timah melakukan penambangan secara total dengan melibatkan masyarakat.

"Sisa-sisa pengolahan harus diambil dan ini sebagai konservasi mineral untuk memberdayakan dan peningkatan ekonomi masyarakat di lingkungan operasional perusahaan," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Christian Atmadjaja Direktur Virtus.

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:38 WIB

Virtus Technology Indonesia Lanjutkan Program Virtus Bakti Negeri untuk Dukung Pengembangan SDM Digital di Indonesia

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pendidikan, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia (Virtus), penyedia solusi infrastruktur…

Ilustrasi Galon

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:50 WIB

Ekonom Indef: KPPU Berkewajiban Desak BPOM Batalkan Wacana Pelabelan BPA Karena Berbau Persaingan Tidak Sehat

Ekonom senior Indef yang juga pengamat persaingan usaha, Nawir Messi, mengatakan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkewajiban mendesak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membatalkan…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:40 WIB

Menteri Basuki : ASN Harus Memiliki Karakter yang Baik, Kuat, dan Akhlakul Karimah

Dalam rangka pengembangan kompetensi kepemimpinan, para Aparatur Sipil Negara (ASN) ke depan dituntut tidak hanya pintar atau ahli di bidangnya saja, tetapi juga harus memiliki karakter yang…

Indonesia-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf Pascapandemi Covid-19 (Dok: Kemenparekraf)

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:30 WIB

Kebijakan Masker dicabut, RI-Singapura Perkuat Kolaborasi Sektor Parekraf

Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Singapura, Lawrence Wong dan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura, Gan Kim Yong di Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022), Menteri Pariwisata dan Ekonomi…

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Kamis, 19 Mei 2022 - 13:01 WIB

Kapolda Sulteng : Buronan Teroris MIT Poso Tersisa Satu Orang

Poso-Kapolda Sulteng, Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi memastikan tersangka kasus terorisme yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) tersisa satu orang…