PT Ceria Nugraha Perlu Dukungan 118 Juta VA Bangun Smelter

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Juli 2018 - 08:00 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Makassar- Direktur Utama PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) Derian Sakmiwata mengakui membutuhkan daya listrik sebesar 118 juta volt ampere (VA) untuk pembangunan smelter tahap pertama di wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Pembangunan smelter tahap pertama ini dijadwalkan rampung pada 2020 dan untuk membangun smelter itu dari semua komponennya itu adalah listrik," kata Derian disela-sela penandatanganan MoU dengan General Manager PT PLN Wilayah Sulselrabar di Makassar, Rabu (4/7/2018)

Dia mengatakan, dengan beroperasinya perusahaan yang dipimpinnya itu kelak mampu memproduksi sekitar 5 juta metrik ton per tahun dengan kadar 20 - 35 persen fero nikel.

Mengenai optimisme produksi perusahaan yang memproduksi sama dengan bahan baku perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) seperti PT Vale ataupun Penanaman Modal Nasional (PNM) seperti PT Antam, dia mengatakan, tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lebih awal berproduksi.

Kendati demikian, pihaknya optimistis dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah itu sebagai miltiplier effect. Apalagi pemerintah mengharuskan para pengusaha turut menggairahkan perekonomian dalam negeri.

Sementara terkait PT CNI yang berkedudukan di Kabupaten Kolaka, Sultra merupakan pelanggan Premium Platinum PLN terbesar di Indonesia bagian Timur dengan daya 118 Juta VA, Derian mengaku sangat bersyukur.

Alasan dia, karena dengan menjadi pelanggan Premium Patinum PLN maka pelanggan memperoleh prioritas yang mendapat jaminan kontinuitas pasokan listrik secara terus menerus tanpa padam. Selain itu pelanggan premium akan mendapat kompensasi apabila mengalami padam diluar rencana.

"Karena itu, kami sangat bersyukur pihak PLN Sulselrabar siap menyuplai daya listrik pada kami untuk membantu mendorong pergerakan ekonomi di Sultra," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…