PGN Akuisisi Saham Pertamina di Pertagas Senilai Rp16,60 Triliun

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 03 Juli 2018 - 15:30 WIB

PGN (ist)
PGN (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), atau PGN, mengakuisisi saham milik Pertamina di Pertagas bernilai nominal Rp16,60 triliun, atau setara dengan 51% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam Pertagas.

Total nilai transaksi akusisi tersebut merupakan harga pembelian untuk 2.591.099 unit saham milik Pertamina di Pertagas.

Rachmat Utama, Corporate Secretary PGN, mengungkapkan, akuisisi tersebut merupakan salah satu proses pembentukan Holding BUMN Migas yang dilakukan pemerintah untuk mendorong perekonomian dan ketahanan energi nasional.

Akuisisi saham Pertamina di Pertagas itu telah dilakukan lewat penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement /CSPA) pada 29 Juni 2018.

“Proses pembentukan Holding Migas dilakukan dengan integrasi Pertagas ke dalam PGN dengan cara mengakuisisi saham Pertamina di Pertagas oleh PGN dengan harga yang disepakati,” papar Rachmat di Jakarta, Selasa (03/07/2018).

Rachmat mengemukakan, transaksi ini memberikan nilai tambah strategis dan meningkatkan daya saing, sehingga diharapkan dapat mendorong PGN menjadi pemain utama di bidang transmisi dan distribusi gas bumi di dalam dan luar negeri.

Selain itu, demikian Rachmat, transaksi itu juga dapat menjamin pasokan gas bumi dan gas bumi cair (Liquified Natural Gas/LNG) dan mewujudkan pembangunan infrastruktur gas bumi yang tidak tumpang tindih untuk memasok ke konsumen akhir sehingga dapat menghemat biaya investasi dan mempercepat pasar baru.

Rachmat berharap, integrasi tersebut dapat merealisasikan efisiensi usaha di seluruh mata rantai perdagangan gas sehingga harga gas dapat menjadi lebih berdaya saing demi mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan meningkatkan akses masyarakat terhadap energi gas.

Pasalnya, demikian Rachmat, distribusi gas yang lebih meluas dan merata diyakini dapat meningkatkan ketersediaan pasokan gas untuk kesinambungan penyaluran gas dan mendorong monetisasi gas lapangan dan gas alam cair untuk volume pasokan gas dalam jangka pendek, menengah dan jangka panjang. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Indonesia Financial Group IFG

Senin, 06 Mei 2024 - 10:25 WIB

Peduli Perlindungan Konsumen, IFG Life Gabung Keanggotaan LAPS SJK untuk Wadah Pengaduan Pemegang Polis

Pemegang polis asuransi selaku konsumen, kini dapat merasa lebih aman karena memiliki akses ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK) sebagai wadah untuk menyampaikan…

Bahana TCW

Senin, 06 Mei 2024 - 10:14 WIB

Pasar Domestik Dilanda The Perfect Storm, Langkah BI Dinilai Tepat

Keputusan The Fed untuk kembali mempertahankan tingkat suku bunganya atau The Fed Fund Rate (FFR) telah membuat kondisi pasar domestik Indonesia dipenuhi asumsi. KeputusanThe Fed yang mempertahankan…

Halal BI halal grup astra

Senin, 06 Mei 2024 - 08:31 WIB

Puncak Astra Gema Islami ke-14, Astra Gelar Halalbihalal

Sebagai rangkaian puncak Astra Gema Islami (AGI), Astra melalui Yayasan Amaliah Astra (YAA) menggelar Halalbihalal Grup Astra yang dilaksanakan di William Soeryadjaya Hall Gedung Astra Management…

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Totos Rasiti Sepuluh Tahun Meninggalkan Teater, akan Gelar Pementasan Di TIM

Totos Rasiti, Aktor panggung yang dikenal sebagai brand ambasador produk rokok dan kopi ini ternyata sudah 10 tahun meninggalkan panggung teater. Semua itu lantaran kesibukannya sebagai aktor…

Gelaran Vista Pora 5.5 2024

Senin, 06 Mei 2024 - 07:05 WIB

Luar Biasa! Gelar Vista Pora 5.5, Vista Land Group Catat Penjualan Capi 2.000 Unit Rumah

Vista Land Group kembali mencacatkan penjualan spektakuler mencapai 2.000 unit rumah dalam tempo hanya dua bulan dalam event Vista Pora 5.5 2024 Vista Land Group.