Ini Penjelasan Yayasan Darun Najaat Maza terkait Pemecatan Guru Soal Pilkada

Oleh : Wiyanto | Senin, 02 Juli 2018 - 15:56 WIB

Ilustrasi Guru-foto Kabar Bandung
Ilustrasi Guru-foto Kabar Bandung

INDUSTRY co.idBekasi - Sekolah Darul Maza menyatakan bahwa chat di grup WA sekolah benar adanya, namun tidak ada pemecatan guru yang bersangkutan. Viral sebelumnya, guru di sekolah ini dipecat karena perbedaan politik di Pilkada Jabar.

Oleh karena itu, Sekolah Darul Maza mengundang guru tersebut untuk datang ke sekolah keesokan harinya untuk melakukan klarifikasi dan tabayyun. Kewenangan pengangkatan/pemberhentian pegawai ada di Ketua Yayasan, bukan Ketua Badan Pendidikan Yayasan Daarun Najaat Maza (jabatan yang diemban  Fachrudin).

"Sekolah Darul Maza secara kelembagaan baik dalam chat WA maupun lisan tidak pernah ada kata dan ucapan pemecatan," kata Ketua Yayasan Darunnajat Maza, Gunawan Subiyanto di Bekasi, Senin (2/7/2018).

Katanya, guru tersebut menyatakan dalam WA merasa telah dipecat, bahkan meminta Surat keterangan pengamalan bekerja, sehingga Sekolah meminta agar datang ke sekolah pada esok harinya. Perlu diketahui bahwa proses pemecatan tidak mudah, harus ada proses pembinaan,  harus ada surat resmi dari Sekolah, yang dimulai dari Surat peringatan ke-1,  Surat Peringatan ke-2, namun dalam hal ini, karena memang tidak ada pemecatan sehingga tidak ada surat peringatan.

"Akan tetapi, guru tersebut tetap mengatakan telah dipecat lewat WA oleh Yayasan dan meminta surat pemecatan.
Guru tersebut masih berstatus guru SDIT Darul Maza," katanya.

Pada saat mediasi,  Fachrudin meminta maaf jika ada chat di grup yang dipersepsikan pemecatan, itu merupakan kekhilafan pribadi, namun secara Kelembagaan/Yayasan menyatakan tidak ada pemecatan. Permintaan maaf juga disampaikan Fachrudin di grup WA sekolah.

"Sekolah mengajak agar guru tersebut tetap mengajar dan bergabung seperti sedia kala, namun guru tersebut tidak bersedia lagi bergabung di SDIT Darul Maza, maka itu di luar tanggung jawab kami," katanya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kelas Pintar Bersama

Senin, 29 April 2024 - 16:02 WIB

Dorong UMKM Maksimalkan Pemasaran Digital, Kredit Pintar Gelar Workshop Kelas Pintar Bersama di Semarang

Di era pemasaran digital seperti sekarang ini, konten memiliki peran penting sebagai salah satu strategi untuk menggaet target market agar tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan. Terlebih…

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Senin, 29 April 2024 - 15:36 WIB

Puncak Hari Air Dunia ke-32, Menteri Basuki : Tingkatkan Kemampuan Mengelola Air

Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) Tahun 2024, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) menyelenggarakan Puncak HAD…

Touring Gass Tipiiss

Senin, 29 April 2024 - 15:04 WIB

Touring Gass Tipiiss Promosikan Pariwisata Padang

Keindahan alam Sumatera Barat rupanya menarik bagi sekelompok orang yang menyukai traveling keliling Indonesia sambil mengendarai motor.

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…