Corporate Jargon Index: Grant Thornton Ungkapkan Jargon Terpopuler

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 Juni 2018 - 17:49 WIB

Grant Thornton
Grant Thornton

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penggunaan jargon dalam dunia bisnis seringkali memusingkan terutama bagi pihak yang berasal dari industri berbeda. Walaupun demikian, jargon telah ada sejak dulu kala, terus bermunculan dan menjadi bagian dari komunikasi bisnis sehari-hari baik secara verbal maupun digital seperti email.  

Grant Thornton LLP, US Member firm dari Grant Thornton International melakukan analisa terhadap 124 jargon perusahaan yang terdapat dalam situs perusahaan, liputan berita dan media sosial perusahaan Fortune 500 selama kuartal pertama tahun 2018.  

Seperti diketahui Fortune 500 adalah daftar tahunan yang disusun dan diterbitkan oleh Majalah Fortune yang memeringkatkan 500 perusahaan umum dan milik pemerintah teratas berdasarkan pendapatan bruto mereka 

“Jargon atau bahasa slank yang menjalar dan berkelanjutan, mengganggu industri dengan berbagai istilah yang kurang bermakna”, ujar Srikant Sastry, National Managing Principal of Advisory Services Grant Thornton LLP – United States melalui keterangan resmi kepada INDUSTRY.co.id, Senin (25/6/2018) . 

“Siapapun yang berkecimpung di dunia bisnis dapat menjadi pencetus penggunaan jargon yang berlebihan, bahkan kenyataannya penyedia jasa profesional dapat dikategorikan sebagai pelaku utama. Kami, Grant Thornton, mendengarkan klien dan menyediakan konsultasi terhadap mereka dengan istilah yang bisa dimengerti oleh semua orang.” lanjut Srikant.

Jargon dengan penggunaan terbanyak sepanjang kuartal pertama 2018 adalah “Best in Class” dengan kemunculan tercatat sebanyak 71,729 kali dan disusul oleh berbagai jargon lainnya. Rata-rata kemunculan dari 124 jargon ini adalah 7,868 kali.

Berikut adalah jargon-jargon paling populer bagi perusahaan Fortune 500 berikut jumlah kemunculannya: 

Jargon “Best in Class” muncul 71,729 kali, “Value Add” muncul 56,657 kali,  “Game Changer” muncul 48,862 kali, “Action Plan” muncul 26,863 kali dan  jargon “On the Same Page” muncul sebanyak 26,333 kali.

Sementara itu, indeks ini juga berisikan jargon-jargon yang paling sedikit muncul dalam penggunaan komunikasi bisnis sehari-hari, istilah “Sharpen the Pencil” tercatat paling sedikit digunakan disusul dengan jargon lainnya seperti:  

Jargon “Sharpen the Pencil” muncul 33 kali, “Run It up the Flagpole” muncul 41 kali, “Put a Pin in It” muncul 45 kali, “Give 110 Percent” muncul 61 kali dan “Singing from the Same Hymn Sheet” muncul 68 kali.

Grant Thornton Corporate Jargon Index mencatat “Corporate Values” sebagai jargon yang mengalami kenaikan popularitas terbesar sebanyak 190% sepanjang kuartal pertama 2018, sedangkan istilah “Tiger Teams” berada di puncak daftar penurunan popularitas sebesar -85%. 

“Sebagian jargon, terutama yang bersifat intuitif akan mudah dipahami sedangkan yang bermakna kiasan seringkali membingungkan. Semoga Corporate Jargon Index pertama dari Grant Thornton ini dapat dijadikan panduan positif para profesional saat berkomunikasi bisnis.” ungkap Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia.  

“Jargon yang populer umumnya memang dapat dipahami oleh kebanyakan pelaku bisnis, namun sebaiknya kita menghindari penggunaan jargon berlebihan dalam komunikasi bisnis karena terkadang dapat mengganggu bahkan menghilangkan maksud sebenarnya dari pesan yang ingin disampaikan.” pungkas Johanna. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 03 Mei 2024 - 13:32 WIB

Perjuangkan HGBT untuk Seluruh Sektor Industri, Menperin Agus Kirim Surat Evaluasi Kementrian ESDM

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita kembali menegaskan, pihaknya bertekad untuk terus memperjuangkan agar kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) dapat dinikmati oleh seluruh sektor…

Wamenparekraf, Angela Tanoesoedibjo

Jumat, 03 Mei 2024 - 12:55 WIB

Wamenparekraf Kisahkan Sosok R.A Kartini di Ajang The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism

The 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific resmi dibuka oleh Director for Regional Asia and the Pacific, Director of the Regional Department for Asia…

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jumat, 03 Mei 2024 - 11:31 WIB

Optimis Rampung 2024, Hutama Karya Komitmen Sambungkan Aceh dan Sumatera Utara

Jakarta– PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali memastikan penyelesaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sesuai rencana, khususnya pengusahaan jalan tol yang akan menghubungkan 2…

Manajemen Linktown Indonesia saat peresmian kantor cabang Bandung

Jumat, 03 Mei 2024 - 10:12 WIB

Resmikan Kantor Cabang Baru, Linktown Siap Rebut Pasar Properti Bandung

Linktown Indonesia kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka kantor cabang di Bandung, Jawa Barat pada Kamis (2/5). Peresmian kantor cabang Linktown Bandung dihadiri oleh para Founder Linktown, Head…

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Jumat, 03 Mei 2024 - 09:37 WIB

Calon Bupati Kerinci Tafyani Kasim Hadiri Taaruf Gus Muhaimin

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (01/05/2024). mengundang bakal calon (Balon) kepala daerah se-Sumatera, di Hotel Mercure, Jakarta Barat.