Starbucks Akan Tutup 150 Gerai di Amerika Serikat

Oleh : Anisa Triyuli | Kamis, 21 Juni 2018 - 14:00 WIB

Logo Starbucks Coffee
Logo Starbucks Coffee

INDUSTRY.co.id - New York – Kedai Kopi Asal Amerika Serikat (AS) Starbucks berencana akan menutup 150 gerai mereka di AS pada tahun fiskal mendatang. Penutupan ini tiga kali lipat lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Starbucks Corp memperkirakan pertumbuhan penjualan lebih lambat dari perkiraan pada kuartal pertama tahun ini. Penutupan gerai ini untuk meningkatkan kinerja Starbucks. Proyeksi ini membuat saham Starbucks turun 2 persen.

Starbucks dinilai tidak mencapai perkiraan di AS selama lima dari setidaknya enam kuartal, dan kedai kopi ternama ini harus berjuang karena memiliki terlalu banyak outlet di AS.

"Kinerja terakhir kami tidak menggambarkan potensi  merek terkenal kami dan itu tidak dapat diterima. Kami harus bergerak lebih cepat untuk mengatasi pilihan perubahan dan kebutuhan pelanggan kami," kata Kevin Johnson, CEO Starbucks seperti dikutip dari laman Entrepreneur, Kamis, (21/5/2018).

Hal tersebut rupanya juga berkaitan dengan perubahan preferensi konsumen yang semakin banyaknya warga AS yang sadar akan pentingnya memilih makanan dan minuman sehat. 67 persen warga AS mengatakan bahwa mereka akan mengutamakan kesehatan atas makanan yang dibeli di tahun 2018.

Perusahaan mengantisipasi pertumbuhan bersih toko baru yang lebih rendah di AS untuk tahun fiskal 2019 dan mengatakan akan mengatasi preferensi konsumen yang berubah dengan cepat dengan memperkenalkan minuman dingin baru seperti minuman buah naga dan mangga serta berfokus pada tren kesehatan dan kebugaran yang meningkat.

Menu baru ini nantinya juga diharapkan bisa meminimalisir efek dari jatuhnya penjualan frappucino hingga 3 persen sampai saat ini di tahun 2018.

Sebelumnya, Pada 29 Mei lalu Starbucks juga menutup gerai mereka Sebanyak 8.000 di AS gerai karena masalah rasis yang melibatkan karyawan Starbucks.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 18 September 2019 - 18:15 WIB

Menperin Akui Investasi Korsel Perkuat Struktur Industri Manufaktur RI

Kementerian Perindustrian aktif menarik investor Korea Selatan untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia agar bisa memperkuat struktur sektor manufaktur di dalam negeri. Langkah ini juga…

Noesita Indriyani Ketua Panitia Pelaksana HLN ke-74.

Rabu, 18 September 2019 - 18:00 WIB

MKI Dukung Pengembangkan Energi Terbarukan dan Teknologi Terkait Listrik 4.0

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) mengadakan press conference terkait “Road to HLN”, 20 Hari Menjelang Penyelenggaranaan Acara Hari Listrik Nasional ke-74. Pelaksanaan Press Conference…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB

Indonesia Fintech Expo 2019 Komitmen Regulator dan Industri Fintech Terhadap Inklusi Keuangan

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 pada tanggal 23 dan 24 September 2019 di…

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Tunjuk 10 Perusahaan Jadi Pilot Pendampingan Industri 4.0

Kementerian Perindustrian telah melakukan pendampingan implementasi perdana industri 4.0 kepada 10 perusahaan manufaktur nasional.

Direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Rabu, 18 September 2019 - 17:00 WIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Kimia Farma (Persero) Tbk

PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 18 September 2019. Keputusan RUSPLB menyetujui Penambahan Modal Perseroan…