Berhias Lampu yang Indah, Jelang Idul Fitri Gorontalo Gelar Tradisi Tumbilotohe

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 Juni 2018 - 13:15 WIB

Suasana Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo Menjelang Idul Fitri (Foto: degorontalo.co)
Suasana Tradisi Tumbilotohe di Gorontalo Menjelang Idul Fitri (Foto: degorontalo.co)

INDUSTRY.co.id, GorontaloMenjelang Idul Fitri, di daerah Indonesia mempunyai tradisi yang unik seperti masyarakat Gorontalo yang merayakannya dengan memasang lampu di teras rumah tradisi ini disebut Tumbilotohe. Diperkirakan, tradisi sini sudah berlangung lama. 

Dahulu, masyarakat menggunakan wango-wango yang merupakan salah satu alat penerangan yang terbuat dari wamuta atau seludang yang dihaluskan dan diruncingkan, kemudian dibakar. 

Seiring berjalannya waktu, kini sudah menggunakan lampu hias listrik warna-warni. Bukan pula hanya diletakkan di depan rumah, tapi untuk menerangi jalan-jalan teretentu, lapangan dan tempat-tempat yang menjadi pusat perayaan Tumbilotohe.

Tradisi ini juga sudah dikemas dalam bentuk festival, jika dilihat dengan mata sangat menarik, apalagi ada kelap-kelip lampu dengan jumlah banyak dalam satu lokasi dan begitu nampak indah.  

Sejak dahulu, makna dari Tumbilotohe adalah untuk menerangi masjid dan menyambut para pengumpul zakat fitrah dirumah masyarakat, karena hanya dengan jumlah lampu yang dipasang adalah pemilik rumah menandakan berapa orang penghuni rumah yang wajib memberikan zakat fitrah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…