Jelang Lebaran Konsumsi Pemakaian Listrik Jawa-Bali Turun

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 05 Juni 2018 - 06:11 WIB

PLN telah menyelesaikan proyek tahap pertama Commercial Operation Date (COD)Gas Turbine (GT) #4-1 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 2 pada Senin (4/6/2018) di PLTGU Jawa 2, Priok.
PLN telah menyelesaikan proyek tahap pertama Commercial Operation Date (COD)Gas Turbine (GT) #4-1 proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa 2 pada Senin (4/6/2018) di PLTGU Jawa 2, Priok.

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyampaikan untuk kebutuhan listrik saat Hari Raya Idul Fitri nanti sekira 16.000 Megawatt (MW). Jumlah tersebut merupakan jumlah paling minimal yang akan digunakan saat lebaran nanti. Jumlah tersebut akan digunakan di wilayah Jawa-Bali  yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2018.

“Pada hari raya Idul Fitri nanti kemungkinan kebutuhannya sampai 16.000 MW,” kata  Direktur PLN Regional Jawa Bagian Barat, Haryanto WS seusai peresmian tahap pertama Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTGU) Jawa 2 acara Commercial Operation Date (COD) PLTGU Jawa 2 Unit 1 di Unit Pembangkit dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Indonesia Power, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (4/6/2018) sore.

Sementara menurutnya, jumlah listrik maksimal yang akan digunakan pada momen lebaran di tahun-tahun sebelumnya terhitung hingga 26.000 megawatt. PT PLN juga nantinya akan menghentikan sementara operasional sejumlah pembangkit listrik di wilayah Jawa-Bali.

Hal tersebut, lanjut Haryanto, guna melakukan pemeliharaan rutin terhadap sejumlah pembangkit listrik.

"Nanti pembangkit-pembangkit akan kita hentikan, kita tidak operasikan. Kita manfaatkan untuk pemeliharaan mesin-mesin pembangkit itu," kata dia.

Sebelumnya disampaikan oleh  Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) menyatakan konsumsi listrik akan menurun sebanyak 20% secara nasional saat mendekati hari H Lebaran Idul Fitri 2018.Menurutnya hal tersebut dikarenakan sudah banyak perkantoran yang berhenti beroperasi karena cuti bersama libur Lebaran, sehingga untuk pasokan listrik tidak menjadi hal yang dikhawatirkan.

Sementara itu, info dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membuka posko nasional untuk memastikan pasokan energi (bahan bakar minyak hingga listrik) berjalan dengan baik selama Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah. Posko nasional ini mulai berlaku efektif pada H-15 sampai H+13 Lebaran, yaitu 31 Mei 2018 hingga 28 Juni 2018.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…