ASDP Antisipasi 4,2 Juta Pemudik Lebaran 2018

Oleh : Herry Barus | Kamis, 31 Mei 2018 - 14:45 WIB

Ira Puspadewi Nahkoda Baru PT ASDP Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Ira Puspadewi Nahkoda Baru PT ASDP Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengantisipasi sebanyak 4,2 juta penumpang dan 1,02 juta kendaraan akan menggunakan kapal penyebrangan pada masa mudik Lebaran 2018.

"Tahun ini antisipasi 4,2 juta dan 1,02 juta kendaraan akan melintas di tujuh lintasan utama ASDP," Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam paparan jelang buka puasa di Jakarta, Rabu (30/5/2018)

Ira menyebutkan penumpang didominasi di lintasan Merak-Bakauheni ada 50 persen dan Ketapang-Gilimanuk 30 persen dan sisanya di lima lintasan lain.

Untuk menghadapi kepadatan tersebut, dia mengantisipasi dengan menjual tiket secara daring sejak H-90 untuk mempermudah pembagian klaster kendaraan.

"Kami jemput bola dengan menyediakan tiket 'online' 90 hari sebelum hari H. Klasterisasi paling banyak motor, kita tahu polanya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknyan juga membuat area penyangga atau "buffer zone" untuk mengantisipasi kepadatan di jalan raya ke arah pelabuhan.

"Di KM 43 arah Pelabuhan Merak sudah ada tempat para pengguna berhenti beli tiket, kita antar tiket terutama di daerah Tangerang kalau di Ketapang-Gilimanuk di Batudodol dan Cekik, jadi bisa beli tiket sebelum di pelabuhan," katanya.

Dia mengatakan kapasitas angkut melebihi dari prediksi jumlah penumpang.

"Kami yakin cukup antara kapasitas angkut dan permintaan paling tinggi, bedanya cuma 20 persen, saat puncak kita ada penyangga 25 persen. Kita sediakan kapasitas di atas permintaan," katanya.

Dia mengatakan pihaknya mengoperasikan kapal besar dari 5.000 GRT hingga 15.000 GRT dan terdapat dermaga khusus motor, yaitu Dermaga 6.

Untuk jadwal keberangkatan juga dipercepat, yaitu setiap delapan menit.

"'Port time' kita biasa satu jam jadi 45 menit. Kalah penuh sebelum 45 menit berangkat," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ahmad Himawan Ketua YKMI

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:30 WIB

YKMI Nyatakan Dukungan Terhadap Aksi Palestine Solidarity Camp

Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) secara resmi mendukung inisiatif sivitas akademika Universitas Indonesia (UI) yang mulai memasifkan protes dan solidaritas terhadap Palestina dengan…

Gedung BNI di Pejompongan Jakarta Pusat

Sabtu, 04 Mei 2024 - 13:02 WIB

BNI Sediakan Solusi Pembiayaan untuk Pelaku Usaha melalui Supply Chain Financing

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, efisiensi dan optimalisasi modal kerja menjadi kunci utama bagi para pelaku usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan profitabilitas.

Gala dinner 2nd Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific

Sabtu, 04 Mei 2024 - 11:30 WIB

Nuansa Bali Meriahkan Gala Dinner 2nd Tourism Regional Conference

Rangkaian pelaksanaan 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the Pacific di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Kamis (2/5/2024), dilanjutkan…

Menparekraf Sandiaga Uno saat mengajak delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference tanam Bakau

Sabtu, 04 Mei 2024 - 10:45 WIB

Menteri Sandiaga Uno Ajak Delegasi The 2nd UN Tourism Regional Conference Tanam Bakau di Telaga Waja, Benoa

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengajak delegasi "The 2nd UN Tourism Regional Conference on the Empowerment of Women in Tourism in Asia and the…

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:58 WIB

Analisa Harga Emas Tahun 2024: Menyentuh Tempat Tertinggi

Tahun 2024 diprediksi menjadi tahun yang menarik bagi pasar emas. Dengan beberapa analis dan sumber berbagai institusi memperkirakan harga emas akan mencapai tingkat yang belum pernah terjadi…