Pelni-BUMN Sediakan 23.908 Tiket Mudik Gratis

Oleh : Dina Astria | Jumat, 18 Mei 2018 - 15:13 WIB

Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018
Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bersinergi dengan 23 badan usaha milik negara (BUMN) menyediakan 23.908 tiket mudik gratis dengan kapal laut ke berbagai jurusan pada masa angkutan Lebaran 2018.

"Kami bekerja sama dengan BUMN, seperti Bank Mandiri, Pelindo, Jasa Raharja, dan lainnya, untuk memberangkatkan pemudik gratis ke seluruh Indonesia, dengan memakai kapal ini salah satunya," kata Direktur Armada Pelni Tukul Harsono pada kunjungan media ke KM Gunung Dempo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

BUMN yang terlibat dalam program "Mudik Gratis Bareng BUMN" untuk pengangkutan menggunakan kapal laut di antaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, Pupuk Indonesia, Jasa Marga, Jasa Raharja, Askrindo, Jiwasraya, Pelindo I, Pelindo III, RNI, Telkom, Pertamina, Jasindo, Jamkrindo, dan Bulog.

Selain dengan BUMN, Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang pergi dan pulang.

Mudik gratis sepeda motor dimulai 9 Juni hingga 22 Juni 2018. Pendaftaran mudik sepeda motor telah dibuka sejak 23 Maret akan berakhir 2 Juni 2018.

Pemudik sepeda motor dapat mendaftar melalui aplikasi, selanjutnya diverifikasi waktu kepastian keberangkatan.

"Mudik gratis untuk kendaraan motor, sekali angkut bisa muat 1.250 dari Tanjung Priok menuju Semarang," kata Tukul.

Pada masa puncak arus mudik (peak season), Pelni akan memberangkatkan kapal angkutan sepeda motor setiap hari dengan frekuensi keberangkatan empat kali sehari.

"Dalam 'peak season' ini ada empat keberangkatan ke Semarang dan empat ke Jakarta. Ditambah lagi dengan kapal-kapal perintis yang direkomendasikan Kementerian Perhubungan," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Obat Kloroquin (foto - Antara)

Senin, 01 Juni 2020 - 19:52 WIB

Sudah Dilarang WHO, Anggota DPR Ini Pertanyakan Alasan Pemerintah yang Masih Menggunakan Klorokuin untuk Obati Pasien Covid-19

Anggota Komisi IX DPR RI Ashabul Kahfi mempertanyakan alasan Pemerintah yang masih menggunakan obat Klorokuin dalam pengobatan pasien terinfeksi virus Corona (Covid-19).

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Haryadi Sukamdani (ist)

Senin, 01 Juni 2020 - 18:30 WIB

Pengusaha Menjerit 'Enggak Kuat', Apindo Desak Pemerintah Turunkan Harga BBM, Listrik & Gas untuk Industri

Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengusulkan pemerintah agar menurunkan harga BBM industri, listrik dan gas yang dibebankan kepada dunia usaha.

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Senin, 01 Juni 2020 - 18:00 WIB

Bersama Komunitas Sepeda Merauke, Danrem 174/ATW Sosialisasi New Normal

Komandan Korem 174/Anim Ti Waninggap (Danrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Bangun Nawoko mensosialisasikan “New Normal” bersama Komunitas Road Bike Kabupaten Merauke dengan menikmati keindahan…

Leonard Tupamahu Bali United FC

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Leonard Tupamahu Berharap Putrinya Jadi Atlet

Leonard Tupamahu, salah satu pemain belakang senior berkualitas milik Bali United adalah salah satu dari sekian banyak pemain yang sudah merasakan berbagai tim di Indonesia. Sepanjang kariernya,…

Marc Anthony Klok

Senin, 01 Juni 2020 - 17:00 WIB

Nomor 10 Idola Marc Anthony Klok

Bagi seorang pesepakbola, nomor punggung adalah sesuatu hal yang cukup penting. Karena dari nomor tersebut seorang pemain terkadang semakin dikenal dan bisa menjadi identitas bagi mereka.