Pelni-BUMN Sediakan 23.908 Tiket Mudik Gratis

Oleh : Dina Astria | Jumat, 18 Mei 2018 - 15:13 WIB

Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018
Pelni siapkan 26 armada kapal untuk mudik lebaran 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) bersinergi dengan 23 badan usaha milik negara (BUMN) menyediakan 23.908 tiket mudik gratis dengan kapal laut ke berbagai jurusan pada masa angkutan Lebaran 2018.

"Kami bekerja sama dengan BUMN, seperti Bank Mandiri, Pelindo, Jasa Raharja, dan lainnya, untuk memberangkatkan pemudik gratis ke seluruh Indonesia, dengan memakai kapal ini salah satunya," kata Direktur Armada Pelni Tukul Harsono pada kunjungan media ke KM Gunung Dempo di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis.

BUMN yang terlibat dalam program "Mudik Gratis Bareng BUMN" untuk pengangkutan menggunakan kapal laut di antaranya BRI, BNI, Bank Mandiri, Pupuk Indonesia, Jasa Marga, Jasa Raharja, Askrindo, Jiwasraya, Pelindo I, Pelindo III, RNI, Telkom, Pertamina, Jasindo, Jamkrindo, dan Bulog.

Selain dengan BUMN, Pelni dipercaya Kementerian Perhubungan untuk mengangkut pemudik sepeda motor dari Jakarta ke Semarang pergi dan pulang.

Mudik gratis sepeda motor dimulai 9 Juni hingga 22 Juni 2018. Pendaftaran mudik sepeda motor telah dibuka sejak 23 Maret akan berakhir 2 Juni 2018.

Pemudik sepeda motor dapat mendaftar melalui aplikasi, selanjutnya diverifikasi waktu kepastian keberangkatan.

"Mudik gratis untuk kendaraan motor, sekali angkut bisa muat 1.250 dari Tanjung Priok menuju Semarang," kata Tukul.

Pada masa puncak arus mudik (peak season), Pelni akan memberangkatkan kapal angkutan sepeda motor setiap hari dengan frekuensi keberangkatan empat kali sehari.

"Dalam 'peak season' ini ada empat keberangkatan ke Semarang dan empat ke Jakarta. Ditambah lagi dengan kapal-kapal perintis yang direkomendasikan Kementerian Perhubungan," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perakitan perangkat Xiaomi

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:34 WIB

Xiaomi Pastikan Produksi Lancar Menjelang Momentum Lebaran

Berkomitmen untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen di bulan Ramadan, Xiaomi berfokus pada kelancaran proses produksi dan distribusi.

Ilustrasi e-money. (Foto: Istimewa)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:20 WIB

Ini Dia 100 Titik Layanan Top Up E-money bagi Pemudik

Bank Indonesia (BI) berkoordinasi dengan perbankan nasional dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyediakan lebih dari 100 layanan mobile top up e-money (uang elektronik) di sejumlah titik peristirahatan…

OPPO Reno Unlock Your Creativity

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:08 WIB

OPPO Jaring Lebih Dari 1.000 Calon Pemilik Pertama OPPO Reno Melalui Unlock Your Creativity

Menjelang kehadiran resmi OPPO Reno Series (varian OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom) di Indonesia, OPPO bekerja sama secara eksklusif dengan Blibli.com untuk menyelenggarakan “Unlock Your…

Para Penggagas Konser Indonesia Bersatu (kiri ke kanan) David, Bayu Putra, Mujib Hermani, Koko Deteksi dan Iis Rodinda

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:02 WIB

Digagas, Konser Musik Yang Menyatukan Elemen Bangsa

Kondisi nyata bangsa Indonesia saat ini yang nyaris terbelah akibat Pemilihan Presiden (pilpres) telah mendorong sejumlah anggota masyarakat yakni David (pengusaha), Bayu Putra (Pengusaha Restoran…

QRIM Express (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 10:00 WIB

QRIM Express-GrabExpress untuk Layanan First Mile & Last Mile

Perusahaan jasa pengiriman yang tumbuh pesat Qrim Express, sebelumnya bernama Red Carpet Logistics (RCL), telah mencapai kesepakatan dengan layanan pengiriman paket on-demand milik Grab, GrabExpress,…