ABB Menangkan Proyek Penyediaan Gas Insulated Switchgear ke PLN

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Mei 2018 - 12:01 WIB

ABB ltd
ABB ltd

INDUSTRY.co.id - Jakarta - ABB (ABBN: SIX Swiss Ex) memenangkan proyek penyediaan Gas Insulated Switchgear (GIS) ke PLN yang merupakan perusahaan listrik milik negara. 

GIS menjamin kestabilan pasokan listrik yang andal dan dapat dioperasikan dengan aman di ruang tertutup dan lingkungan yang menantang, mengendalikan jaringan dan memberikan perlindungan terhadap pemadaman listrik.

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, permintaan listrik di Indonesia terus meningkat pesat. Pemerintah Indonesia telah menargetkan seluruh rumah tangga terkoneksi dengan jaringan listrik nasional pada 2025 dan mencanangkan program penambahan kapasitas listrik sebesar 35.000 Megawatt (MW).

"Kami senang bisa mendukung Pemerintah dan PLN dalam memperkuat jaringan dan menyediakan pasokan listrik yang andal untuk memenuhi peningkatan kebutuhan listrik nasional,” ujar Claudio Facchin, Presiden Divisi Power Grids di ABB melaluinketerangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Senin (14/5/2018).

Dalam proyek ini, ABB akan merancang, memasok dan melakukan pengujian akhir 150 kilo Volt (kV) GIS untuk 10 gardu induk di beberapa wilayah Jabodetabek, Jawa bagian barat, Jawa Timur dan Sulawesi. 

Teknologi GIS ABB dirancang untuk meningkatkan keandalan jaringan listrik yang memungkinkan penghematan ruang hingga 90 persen dibandingkan dengan switchgear insulasi udara konvensional. 

GIS ABB memungkinkan gardu induk dibangun di daerah perkotaan yang umumnya memiliki keterbatasan ketersediaan lahan dan tingginya harga lahan, sekaligus dapat membantu menjaga estetika tata ruang kota.

"ABB berkomitmen untuk terus membantu menyediakan teknologi terbaik dan memperkuat kehadiran kami di Indonesia sebagai bagian dari strategi Next Level ABB," pungkas Facchin.

ABB telah memelopori teknologi GIS sejak 50 tahun yang lalu dan akan terus berinovasi. Sebagai pemimpin pasar dan teknologi GIS tegangan tinggi, ABB menawarkan kualitas penggunaan GIS 72,5 kV hingga 1200 kV, dengan lebih dari 3000 titik pemasangan di seluruh dunia. Penawaran terbaru ABB GIS mencakup kemampuan eko-efisiensi dan kemampuan digital.

ABB adalah pelopor di bidang teknologi khususnya untuk produk elektrifikasi, robotik, otomatisasi industri dan jaringan listrik, yang juga berperan melayani berbagai mitra bisnis di sektor utiliti, ragam industri, transportasi dan infrastruktur secara global. 

Berkomitmen untuk terus melanjutkan inovasi selama lebih dari 130 tahun, ABB kini mengukir masa depan dengan digitalisasi industri yang mengedepankan dua prinsip: mendistribusikan listrik dari hulu ke hilir dan otomatisasi industri. 

Kini sebagai sponsor Formula E, ajang kejuaraan internasional untuk 
mobil listrik FIA kelas motorsport, ABB turut mendorong perkembangan mobil listrik untuk terus berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang berkesinambungan. ABB beroperasi di lebih dari 100 negara dengan sekitar 135.000 karyawan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PATRIA mendapatkan apresiasi penghargaan “The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award”

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:56 WIB

PATRIA Raih Penghargaan The 5th Outstanding Corporate Innovator Indonesia Award

Sebagai perusahaan engineering & manufacturing yang fokus akan inovasi, PT United Tractors Pandu Engineering (PATRIA) selalu berusaha mengembangkan bisnisnya dengan masuk ke sektor-sektor baru…

Presiden Jokowi dan Presiden Donald Trump di KTT G20 (Foto Setpres)

Rabu, 19 Juni 2019 - 21:00 WIB

Presiden Jokowi akan Bahas Tiga Topik di KTT G-20

Mengenai KTT negara-negara yang tergabung dalam Group 20 (G-20), di Osaka, Jepang, 28-29 Juni mendatang, Presiden Jokowi mengatakan, ingin mengangkat, membicarakan yang pertama mengenai persoalan…

Pasukan Perdamaian PBB (Foto Ist)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:30 WIB

Satuan Batalion Prajurit TNI Laksanakan Misi Perdamaian PBB

Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP terpilih menjadi satuan tugas misi perdamaian PBB.

Pengerukan Sendimen ditepi sungai Citarum oleh PT. South Pacific Viscose

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:08 WIB

Investor Austria Apresiasi Pemerintah Indonesia Atas Pemberian Izin Pengerukan Sendimen Ditepi Sungai Citarum

Pada pekerjaan pengerukan tersebut, PT. South Pacific Viscose yang merupakan bagian bisnis Lenzing AG dari negara Austria bekerjasama dengan PT. Barokah Jaya untuk pekerjaan di sungai serta…

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 Juni 2019 - 19:00 WIB

RI-ASEAN Bersatu Hadapi Perang Dagang AS-Tiongkok

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, di Bangkok, Thailand, 22—23 Juni mendatang, akan mengajak negara-negara ASEAN bersatu dalam mengantisipasi…