Singapura Investasikan Rp50 Miliar Sektor Industri Logam di Batam

Oleh : Herry Barus | Kamis, 26 Januari 2017 - 06:39 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Batam- PT Esun International Utama Indonesia, sebuah perusahaan asal Singapura, menanamkan modal Rp50 miliar dengan memanfaatkan Program Izin Investasi Tiga Jam (i23j) Badan Pengusahaan Batam.

"Hari ini perusahaan tersebut memanfaatkan fasilitas i23j BP Batam dengan total investasi mencapai Rp50 miliar," kata Kepala BP Batam Hatanto Reksodipoetro di Batam, Rabu (25/1/2017)

Pada kesempatan tersebut Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro menyaksikan penyerahan dokumen perijznan kepada delegasi perusahaan investor.

Hatanto mengatakan Batam masih menjadi daya tarik bagi para investor apalagi dengan adanya program i23j yang diberlakukan sejak September 2016.

Ia menambahkan perusahaan tersebut akan berlokasi di Kawasan Industri Sungai Harapan seluas 1,7 hektare. Perusahaan itu bergerak di bidang daur ulang barang logam dan barang bukan logam dengan menggunakan teknolodi modern.

"Dengan konsep 'zero waste', tanpa menggunakan air, nanti tidak ada limbah yang dihasilkan dan hasil olahan langsung diekspor ke Jepang," kata Hatanto kepada Antara.

Perkiraan nilai ekspor produk yang dihasilkan perusahaan tersebut per tahun diperkirakan mencapai 38 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp500 miliar.

Saat ini industri tersebut telah memperkerjakan tenaga kerja sebanyak 50 orang dan diharapkan secara bertahap dapat menyerap banyak tenaga kerja terampil di Kota Batam.

Hatanto berharap, Perusahaan tersebut dapat memicu investor-investor lain untuk segera membuka usahanya di wilayah Batam.

"Harapan kami ini menjadi awal bagi investor-investor lainnya untuk menanamkan modalnya di wilayah Batam," kata Hatanto.

Singapura menjadi salah satu investor terbesar di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebs Batam, selain Jepang, Malaysia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nikmati Ayam Kurma Herbal Ada di Aston Inn Pandanaran Semarang

Selasa, 31 Maret 2020 - 14:00 WIB

Nikmati Ayam Kurma Herbal Ada di Aston Inn Pandanaran Semarang

Kesehatan merupakan hal utama dalam kehidupan yang tidak dapat tergantikan dengan apapun, dengan tubuh sehat segala aktifitas dapat kita jalani. Untuk menjaga kesehatan perlunya memperhatikan…

CIMB Niaga Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:25 WIB

CIMB Niaga Syariah Dukung DT Peduli Himpun Zakat, Sedekah, dan Wakaf Pakai QR Code

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) bersinergi dengan Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) menyediakan layanan pembayaran Zakat, Sedekah,…

Bawang putih yang siap banjiri pasar

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:23 WIB

Kementan Pastikan Pasokan Bawang Putih Selama Covid-19 Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok bawang putih di seluruh Indonesia aman dan tersedia dalam jumlah yang cukup. Sebab bawang putih impor dari China sudah datang melalui 3 pelabuhan…

PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:05 WIB

Galer Eraspacetival, Erajaya Berikan Diskon Besar-besaran

Erajaya menggelar festival belanja online bertajuk Eraspacetival. Sejumlah produk diberikan diskon besar, salah satunya iPhone XS.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 31 Maret 2020 - 13:04 WIB

Uang Beredar Tumbuh Meningkat pada Februari 2020

Likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) meningkat pada Februari 2020. Posisi M2 pada Februari 2020 tercatat Rp6.116,5 triliun atau tumbuh 7,9% (yoy), lebih tinggi dibandingkan…